Follow Me

Tuesday, April 10, 2012

Sudah Adzan! :)

Bismillahirrahmanirrahim



“Sudah adzan! Ayo ambil air wudhu!”


Membaca kalimat tersebut di beranda sebuah jejaring sosial, spontan aku langsung keluar dari browser handphoneku. Kemudian bergumam sendiri. Merutuki diri yang boleh jadi baru akan berwudhu setelah adzan selesai.


Allahu Akbar.. Allahu Akbar..


Suara merdu sang muadzin mengumandangkan panggilan ilahi, lima kali sehari kita dengar. Berapa kali kita mengabaikannya? Atau justru menutup telinga, saat selimut mendekap erat?


Allahu Akbar.. Allahu Akbar..


Allah Maha besar, begitu tafsir yang sering kita lihat-dengar-baca dari lafal Allahu Akbar. Tapi tahukah kawan, bahwa tafsir itu kurang tepat? Menurut ta’lim yang pernah aku ikuti (PP Mata’), tafsir Allahu Akbar seharusnya adalah Allah lebih besar dari ... (baca: titik-titik). Lebih besar dari apa? Nah, titik-titik di atas.. bisa kita isi sesuai situasi dan kondisi. Misal.. kamu lagi ngobrol sama temen, lalu terdengarlah adzan.. Allahu akbar.. Allahu akbar! Allah lebih besar, lebih agung dari pada aktifitas ngobrolmu. Berhentilah dan jawab panggilan dari Robbmu!


Ketika guru, dosen, atasan, presiden memanggilmu.. bukankah kamu akan segera menghadap kepada mereka? Apakah tidak malu rasanya, jika Allah azza wajalla.. Robbul alamin.. ia memanggilmu, tapi kau malah asik dengan kegiatanmu?


Allahu Akbar.. Allahu Akbar..


Sungguh.. Allah lebih besar dan lebih agung dari apapun di dunia ini. Maka saat adzan dikumandangkan, ingatlah selalu maknanya. Suka tidak suka.. hatimu akan mendorongmu untuk bergegas mengambil air wudhu dan menghadapNya.


Maka ketika Adzan terdengar, segera ambil air wudhu!


No more excuses.. Tak ada lagi penundaan! Segera J Bahkan kalau bisa, sebelum adzan terdengar.. bersiaplah terlebih dahulu. Karena engkau akan menemui Rabbmu.. Rabb semesta alam.



**NB: ada situasi dan kondisi yang masih bisa dimaklumi, kita mungkin tak bisa langsung menjawab panggilanNya.. Tapi, jagalah keinginan untuk segera menghadapNya, khusyuk dalam ruku’ dan sujud padaNya.

Wallahu'alam

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya