Follow Me

Tuesday, August 27, 2013

Maaf, Tidak Kali Ini

August 27, 2013 0 Comments

Bismillah...

Dan satu demi satu ide menghampiri. Meminta waktu-ku untuk menuangkannya dalam barisan kalimat.

Tentang seorang ibu, dan lisannya yang tak lelah membaca al quran, meski masih terbata-bata.
Tentang syria, yang sedang terus digempur dengan senjata kimia
Tentang seorang rasionalisme, dan diri kita yang berkepribadian ganda
tentang......

***

Dan satu demi satu kata menghampiri. Menanti tuk dirangkai, siap membentuk paragraf-paragraf. Hm. Tapi sayangnya tidak kali ini.

Maaf.

Friday, August 23, 2013

Tentang OSKM 2013 : Saat Tanya Menuai Protes

August 23, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-
Bismillah..

"Jadi, tadi malam sholat magrib gak?" tanya seseorang di blognya. Sebuah pertanyaan simpel, yes or no question. Tapi ternyata, berawal dari sebuah tanya, dilanjutkan dengan beberapa paragraf deskripsi dan opinin. Tulisan tersebut.. cukup membuat heboh dunia maya, terutama di kalangan mahasiswa ITB. Tulisan kontroversial tsb bisa dibaca di sini, atau baca syarahnya di sini.

***

Dan aku? Hehe.. Meski bukan termasuk orang-orang yang pertama tahu tentang tulisan itu. Tapi setelah baca-baca, jadi ingin ikutan berkomentar/berpendapat.

Thursday, August 22, 2013

Bersyukur : Bertambah Nikmat

August 22, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...

"Lainsyakartum...", kemudian tersenyum. Aku refleks mengikuti lanjutan kalimatnya "....laazidannakum".

"Itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Bersyukurlah, biar nanti di tambah..." jelasnya. Membuat senyumku mengembang.

Dan aku, kembali dibuat merenung dan mengangguk dalam hati. Ia selalu bisa membuatku termotivasi tentang ini.

Monday, August 19, 2013

Emang Dosa?

August 19, 2013 1 Comments
Bismillah..



"Emang pake celana dosa?" tanya seorang gadis, ketika temannya berceletuk perihal ia dan celananya. Celetuk kaget, karena biasanya, gadis yang ia kenal itu, hampir selalu mengenakan rok.

Sunday, August 18, 2013

Kecuali Bersama Mahramnya

August 18, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...
akhwat kuliah keluar kota/keluar negeri ngga bareng sama yg mahromya itu ga syar'i lohh..
“Janganlah wanita melakukan safar selama 3 hari kecuali bersama mahramnya.” (Hadits shahih, dikeluarkan oleh Bukhari 2/54, Muslim 9/106, Ahmad 3/7, dan Abu Dawud 1727)

“Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir melakukan safar (bepergian) selama satu hari satu malam yang tidak disertai mahramnya.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma bahwasanya ia mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda : “Janganlah seorang wanita melakukan safar kecuali bersama mahramnya dan janganlah seorang laki-laki masuk menjumpainya kecuali disertai mahramnya.”

yang sudah terlanjur semoga yg mahromnya cepet2 nemenin..
(diambil dari sini)
***

Selalu dibuat sesak mengingat hadist ini. Hm. Sengaja kusalin di sini, sebagai pengingat diri.

Allah.. mudahkanlah..

Allahua'lam.

***

Untuk Dipikirkan - Direnungkan -

August 18, 2013 0 Comments
 -muhasabah diri-

Bismillah...
"ciri-ciri orang berakal itu lisannya terjaga | kalo lisannya nggak terjaga artinya?" ‪#‎BukanUntukDijawabTapiDipikirkan‬

mencela orang menjadikanmu tercela | menghina orang membuatmu terhina #BukanUntukDijawabTapiDipikirkan

orang yang bahagia itu pasti ingin membahagiakan | kalo yang hanya ingin menyusahkan orang artinya? #BukanUntukDijawabTapiDipikirkan

Al-Qur'an itu bacaan santun penuh hikmah nan indah | para pembaca dan penuturnya pun lisannya terpengaruh #BukanUntukDijawabTapiDipikirkan

yang membaca Al-Qur'an insyaAllah lisannya halus mulia | bila lisannya kasar dan penuh cela itu artinya? #BukanUntukDijawabTapiDipikirkan

hakikat yang berkata-kata kasar dan tak pantas | dia sedang menunjukkan nilai dirinya dari lisannya #BukanUntukDijawabTapiDipikirkan

jadi jangan risaukan lisan saudaramu pada dirimu | khawatirlah dengan lisanmu pada saudaramu #BukanUntukDijawabTapiDipikirkan
- ustad Felix Siauw dalam fanpagenya.

Tentang Foto Bersama "Dia" (2)

August 18, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...
Katakanlah kebenaran, meski itu pahit. Tuliskanlah kebenaran, meski itu pahit.
Kau tidak boleh menutupinya hanya karena kau pernah melakukan kesalahan itu.
Setidaknya... Semoga mereka tak melakukan kesalahan yang sama denganmu.
-kirei-
***

Ijinkan diri menulis tentang ini, tentang foto dengan ia yang bukan mahram kita.

Ditulis, agar tidak ada yang mengulangi kesalahanku.

Ditulis, agar diri lebih berhati-hati lagi, tidak sembarang berfoto dengan "dia".

Tentang Foto Bersama "Dia"

August 18, 2013 0 Comments
#fiksiku

Bismillah..

"fotonya harus satu ya.. jangan pisah-pisah" ujar seorang laki-laki di depan kelas dengan nada iseng, kelas pun riuh. Tapi tidak dengan seorang perempuan yang duduk di baris ketiga dari depan. Ia tercekat, diam dan sesak.

Yang ia rasakan saat itu adalah perih. Belum sebuah tulisan tentang hal tersebut hendak ia publish di blognya. Memang belum sempat di publish, karena masih perlu beberapa editan di sana-sini. Tapi mendengar kalimat tadi, ia merasakan getir tapi bukan di lidah, melainkan di hatinya.

Saturday, August 17, 2013

Apollo 11

August 17, 2013 2 Comments


-Muhasabah diri, SensiMe-

Bismillah..

[APOLLO 11]
Kita memang bukanlah yang terbaik, tapi kita harus mengupayakan diri untuk bisa jadi orang baik.
Orang baik itu kaya apa sih? Jawabannya adalah seperti akhlak rasulullah. Teladani beliau akan akhlaknya yang luar biasa. Ingat penilaian IP kehidupan kita masih akan terus berlangsung

***

Friday, August 9, 2013

Tersenyum Simpul

August 09, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-
Bismillah..

Hehe, maaf jika terus membahas ini. Well i do not know why. Aku hanya selalu saja tergelitik untuk menulis ini. Ini tentang interaksi non-mahram di jejaring sosial.

Well. Al kisah, seorang putri, i mean, a girl, wrote a status (*bener ga bahasa inggrisnya? hehe) :

Ngapal a-quran itu sepaket sm QL. Jgn tdr kemaleman yah bro
2 Like | 3 comment

***

Sunday, August 4, 2013

Tidak Lesu dan Tidak Menyerah

August 04, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...
( 146 )   Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.
***

Kemudian disebutkan setelahnya....


( 147 )   Tidak ada doa mereka selain ucapan: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".
( 148 )   Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

***

Dan untuk diri, coba resapi lagi ayat di atas.

mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah,
tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh).

Dan untuk diri, coba resapi lagi ayat di atas. Kemudian khusyuk melantun doa,

Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir

Dan untuk diri, coba resapi lagi ayat di atas. Kemudian beriman dan yakin akan janjiNya.

Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat.

***

Untuk diri. Dan cukuplah Allah menjadi tempat bersandar, kala dunia terasa sempit dan menyesak dada.

Allahua'lam.

Saturday, August 3, 2013

Hafizhah

August 03, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...
Jika Allah menaqdirkan umur ini tak begitu lama lagi, dgn segala kerendahan hati, dan dengan segala keagungan jua kemuliaanMu ya Allah kami memohon jangan matikan kami kecuali dalam keadaan haafizhan, yakni ktk telah sempurna menghafalkan kitabMu yang Agung...