Follow Me

Sunday, July 28, 2013

Ramadhan Terakhir Suami

July 28, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...

Tak ada yang pernah menerka, apalagi tahu..
bahwa Ramadhan ini, adalah Ramadhan terakhirnya.

Kembali menulis tentang ini. Tentang Ramadhan terakhir seseorang. Kali ini kabar itu aku dapat dari teman dan dari grup alumni ROHIS SMA 1 Purwokerto.

Saturday, July 27, 2013

Buku Catatan

July 27, 2013 0 Comments

Bismillah..
Setiap melihat tulisan, quote, status, posting, gambar, atau apapun. Rasanya ingin memindahkannya ke sini.. kemudian menuliskan satu dua baris kata tentangnya.

Mungkin rasa itu, yang berhasil membuat blog ini tetap rame (di isi dan dikunjungi diri).

Bagiku, di sini seperti sebuah buku catatan. Dimana setiap hal menarik yang kulihat, kubaca, kudengar dan kutonton, ingin kucatat. Kuabadikan dalam rekam memori berupa gambar dan tulisan.
-ucap Isabella Kirei dalam benaknya

Komentar dan Nasihat : Yang Harus Disampaikan

July 27, 2013 0 Comments
 
-muhasabah diri, SensiMe-

Bismillah...

Sebuah komentar, di sebuah posting di sebuah grup, menggeletikku untuk menulis ini. Begini bunyi postingannya :
Merenungi hadis Nabi shallaLlahu 'alaihi wa sallam:

إِنَّكُمْ أَصْبَحْتُمْ فِي زَمَانٍ كَثِيْرٍ فُقَهَاؤُهُ، قَلِيْلٍ خُطَبَاؤُهُ، قَلِيْلٍ سُؤَّالُهُ، كَثِيْرٍ مُعْطُوهُ، الْعَمَلُ فِيْهِ خَيْرٌ مِنَ الْعِلْمِ. وَسَيَأْتِي زَمَانٌ قَلِيْلٌ فُقَهَاؤُهُ، كَثِيْرٌ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيْرٌ سُؤَّالُهُ، قَلِيْلٌ مُعْطُوهُ،الْعِلْمُ فِيْهِ خَيْرٌمِنَ الْعَمَلِ

“Sesungguhnya kalian hidup di zaman yang fuqahanya (ulama) banyak dan penceramahnya sedikit, sedikit yang minta-minta dan banyak yang memberi, beramal pada waktu itu lebih baik dari berilmu. Dan akan datang suatu zaman yang ulamanya sedikit dan penceramahnya banyak, peminta-minta banyak dan yang memberi sedikit, berilmu pada waktu itu lebih baik dari beramal.” (HR. Ath-Thabrani).
__________________________________________________________

buat para aktivis dakwah yang sibuk beramal sehingga tidak sempat mencari ilmu, baca ini dulu deh...
Baca haditsnya aja udah sakit banget...

[copasan status Kang XXX]
adapun komentarnya :
A : kontennya bagus, penyampaiannya kurang hihi

Wednesday, July 24, 2013

Saat Ramadhan dan Waktu Luang Berjumpa

July 24, 2013 0 Comments
 yang seharusnya terpilih
-muhasabah diri-

Bismillah....
Jika ada sekarang adalah waktu luangmu apa yang akan kalian pilih terlebih dahulu:

> pegang Al-Qur'an lalu tilawah

> murojaah

> membaca buku

> ambil gadget lalu fesbukan

> ambil remot TV nonton acara kesukaan

Hayoo jawab jujur kacang hijau...

---

Waktu ini terus bergerak meninggalkan kita,jangan sampai ada penyesalah disaat Ramadhan ini berlalu yah...

---NasehatUntukDirikuSendiri---

Pertanyaan untuk mengoreksi diri: “Berapa sering anda membuka Kitabullah ‘Azza wa Jalla jika dibandingkan dengan seringnya anda membuka Facebook dan Twitter? @almonajjid -Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid
diambil dari sini.

***

jleb. hiks. Robbighfirli..

jawaban jujurnya, biarlah hanya aku dan Allah yang mengetahui.

Cinta, Takut, dan Harap

July 24, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan: Barangsiapa menyembah Allah dengan cinta saja maka sungguh ia Zindiq. Barangsiapa menyembah Allah dengan harap saja maka ia adalah Murji'. Barangsiapa menyembah Allah dengan takut saja maka ia haruri. Mukmin bertauhid menyembah Allah dengan ketiganya: takut, harap, dan cinta. (Bukunya Salim A. Fillah, judul: saksikan bahwa aku seorang muslim, halaman 165)

Apakah Itu Keluarga?

July 24, 2013 0 Comments

Bismillah...
Apakah ini 'keluarga' yang coba ditumbuhkan dalam osjur?Saya tidak melihat ada keluarga, karena pada dasarnya himpunan itu bukan tempat berkeluarga, tetapi mencari kesempatan. Kita bisa lihat sendiri, divisi proyek itu lahan uang dan lahan koneksi. Pasti banyak orang yang tertarik masuk himpunan karena hal itu, bukan? Oh, mungkin juga ada yang ingin merasakan jadi ketua himpunan. Itu posisi yang cukup prestisius tentunya, bahkan bisa dibilang strategis dan penting. Itukah tujuannya? Ke mana keluarga?Jadi, apakah sebenarnya osjur itu menawarkan keluarga atau sebagai kesempatan untuk menjaring orang-orang?
ini dari note ke-2
apakah Anda yakin bahwa 'keluarga' yang dibangun itu akan seperti yang diperkirakan atau hanya akan sekedar teman untuk relasi?

Jadi, apa itu keluarga?
diambil dari sini, dan dari sini.

Rindu

July 24, 2013 0 Comments

Bismillah...

Perasaan menyesak itu. Sungguh sudah hadir jauh-jauh hari. Mungkin setelah aku akhirnya bulat memilih untuk pergi dari suatu organisasi. Dan sekelebat memori tentang organisasi yang lain menari-nari. Ah. Sungguh, aku rindu!

***
Dari Abu Hurairah r.a. menuturkan,

“Ada dua orang laki-laki dari negeri Qudha’ah yang masuk Islam di hadapan Nabi saw. Laki-laki yang pertama gugur sebagai syahid dalam peperangan bersama Rosululloh, sedang yang kedua wafat setahun sesudahnya. Tholha
h bin ‘Ubaidillah (salah seorang sahabat yang utama) berkata, ‘Aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang mati syahid itu didahului oleh temannya ketika masuk surga, aku heran karenanya. Keesokan harinya aku sampaikan hal itu kepada Rosululloh.

Beliau bersabda, ‘Apakah yang kalian herankan dari mimpi tersebut? Bukankah ia sempat berpuasa Romadhon setelah kematian temannya, ia pun telah sholat enam ribu rokaat atau sekian-sekian rokaat sholat sunnah?’

Para Sahabat menjawab, ‘Ya, benar!’
Maka Rosululloh bersabda, ‘Sesungguhnya perbedaan tingkatan antara keduanya lebih jauh dari jarak antara langit dan bumi’.”
[HR. Ahmad, dishohihkan al-Albani]

Sunday, July 21, 2013

Ramadhan Terakhir Ayah

July 21, 2013 0 Comments

Bismillah...
Tak ada yang pernah menerka, apalagi tahu..
bahwa Ramadhan ini, adalah Ramadhan terakhirnya.
Mungkin ini yang dirasakan oleh temanku, sahabatku, saudariku.. Ya, ia tak pernah menerka, apalagi tahu.. bahwa disela-sela kesibukannya KKN, ia akan mendapat kabar tentang kepulangan Ayahnya ke ramatullah.

Saturday, July 20, 2013

Cant Be Friends

July 20, 2013 0 Comments
Bismillah...

we should learn to be consistant
in essence we were forbiden from Khalwa
we were forbidden from being alone with one another
we were forbidden from being flitation
from exposing anything from the hijab

khalwa, being alone,
cyber khalwa the chat, fb chat
all this smiley faces and things of that sort
"I think you look really good in your jersey today"
and whatever it was.
all of that is not allowed either


Friday, July 19, 2013

Mereka Memperhatikanmu

July 19, 2013 2 Comments
siapa yang tidak suka memperhatikan sesuatu yang indah?

-muhasabah diri-

Bismillah...

eh, udah aktif lagi fbnya?

Well. Somehow, aku selalu gatel untuk ikut berkomentar dan menulis tentang ini. Ini. Tentang keberadaan kita (perempuan) di dunia maya. Ini tentang interaksi kita dengan non-mahram di dunia maya.

***

Itu aku kutip, saat tanpa sengaja melihat seorang ikhwan berkomentar di status teman dekatku, saudariku.

Dari sana. Aku kemudian menyernyit heran, dan membuat kesimpulan cepat. Percaya atau tidak, mereka memperhatikanmu ukhti.

Wednesday, July 17, 2013

Terawih Untuk Wanita

July 17, 2013 0 Comments
Bismillah...
:: SHALAT TARAWIH UNTUK WANITA LEBIH BAIK DI RUMAH DARIPADA DI MASJID

Shalat tarawih untuk wanita adalah lebih baik di rumahnya, sebagaimana sabda rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam:

"Aku telah mengetahui bahwa engkau senang sekali jika dapat shalat bersamaku. ... Shalatmu di rumahmu lebih baik dari shalatmu di masjid kaummu. Dan shalatmu di masjid kaummu lebih baik daripada shalatmu di masjidku."

Namun, jika pergi ke masjid tidak menimbulkan fitnah (godaan) dan sudah berhijab dengan sempurna, juga di masjid bisa dapat faedah lain selain shalat seperti dapat mendengar nasehat-nasehat dari orang yang berilmu, maka shalat tarawih di masjid diperbolehkan dengan memperhatikan syarat-syarat keluar rumah, di antaranya

1. Menggunakan hijab yang sempurna

2. Minta izin kepada suami atau mahrom terlebih dahulu dan hendaklah suami atau mahrom tidak melarangnya

3. Tidak menggunakan harum-haruman dan perhiasan yang menimbulkan godaan

4. Jangan sampai terjadi ikhtilath ketika masuk dan keluar masjid

(diringkas dari artikel muslim.or.id "Shalat Tarawih Bagi Wanita")
dapet dari sini.

Sunday, July 14, 2013

Bukan Sekedar Menahan Haus

July 14, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...
“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1082 mengatakan bahwa hadits ini shohih)
Lagwu : perkataan yg sia-sia
Rofats : perkataan kasar,
cmiiw.

Friday, July 12, 2013

Terus Belajar : Dewasa

July 12, 2013 0 Comments
-bebek-bebek kecil yang belajar terbang-

-muhasabah diri-

Bismillah...
Dewasa dan Kematangan Emosi

Saya pernah baca artikel psikologi. Salah satu tanda dewasanya seseorang adalah pandai mengungkapkan isi hati, dan ada keinginan untuk memperbaiki hubungannya dengan sesamanya. Formatnya: isi perasaan, sebab, keinginannya, alasan. Saya lagi sedih karena kamu begitu, saya ingin kamu begini karena ini dan ini, misalnya. Bukan yang tiba-tiba marah-marah, menangis terus-menerus, diam seribu bahasa, apalagi sampai menghajr saudaranya lebih dari 3 hari. Yuk dicoba yuk :))
diambil dari sini.

Thursday, July 11, 2013

Menulis Narasi

July 11, 2013 0 Comments

Bismillah...
Ada yang mampu bernarasi besar, tapi tidak bisa men-deliver pesan nya dengan baik.
Ada yang mampu men-deliver dengan baik, tapi tidak mempunyai narasi besar.
Idealnya adalah bernarasi besar dan mampu men-deliver nya dengan baik 
(diambil dari sini)

***

My Winter - Their Summer

July 11, 2013 0 Comments


Bismillah...

Mentari menyingsing, menghangatkan bumi. Dan abad ini, abad dimana aku dilahirkan, bukanlah lagi zaman es. Bahkan mereka bilang, ini zaman kaca, zaman dimana... panas dari mentari, terperangkap di bumi.

Tuesday, July 9, 2013

Tragedi di Mesir

July 09, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-
Bismillah...
Hari ini, sejarah sekali lagi mengingatkan kita : Jika mengais kekuasaan dari rakyat, ikutilah kehendak mayoritas rakyat, benar atau salah.

Namun, jika ingin tegakkan peraturan Allah, maka mintalah kekuasaan itu kepada Allah.

Demokrasi memang indah. Sayangnya itu bukan untuk kita. Aljazair 1992 sebenarnya telah mengajari kita...
-status Bang Aad (salah satu senior di Masjid Salman ITB). 
***

Awalnya hanya jadi penonton. Mencoba mencerap informasi dari berbagai media. Dan berita shalat shubuh berdarah di sana (di Mesir). Dan Ramadhan yang segera menyapa. Mengetuk hati untuk menuliskan sesuatu. Meski hanya sedikit. Meski tak yakin, bisa membantu walau sedikit.

Apakah perbedaan ini, harus menjadikan kita tak peduli pada saudara kita? Tak ikut bersedih? Dan justru "senang" mendengar berita ini?

Coba klik dan baca ini. Ijinkan kukutip sebagian dari link tadi :
“Ummat Islam dahulu bergembira dengan kemenangan Romawi atas Persia padahal keduanya adalah sama-sama kaum kafir, akan tetapi bangsa Romawi lebih dekat (secara akidah) kepada kaum muslimin karena mereka adalah Ahlul Kitab. Karena itu, Allah sSubhanahu wa Ta’ala mengabadikan kegembiraan kaum Muslimin tersebut dalam firman-Nya: “Dan pada hari itu orang-orang beriman bergembira dengan pertolongan Allah” maksudnya adalah kemenangan Romawi atas Persia sebagaimana ditafsirkan para ahli tafsir.”

Book

July 09, 2013 0 Comments
Bismillah..
Dear Allah dan editor
Noteku di FB sudah ada 206 buah
Saya kira sudah banyak,

Saya berharap, bukuku bisa terbit
Dan segera mandiri secara financial, aamiin

*Ramadan in wish,
Semoga doa2 kita terijabahi,
mari saling support & mendoakan
Ini harapanku, apa harapanmu?
- status seorang teman di jejaring sosial.
***

Mimpi. Asa. Cita.

Allah... semoga bisa. Satu untuk tahun ini. Minimal merampungkan minibooks limited edition. Hehe.
Aamiin Ya Sami'ud Dua..

Monday, July 8, 2013

Menyembunyikan Amalan

July 08, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...
mereka adalah orang-orang yang berbuat dalam diam. amalan baik yang disembunyikannya dilakukan untuk menjaga hatinya agar tidak terkotori oleh noda-noda penyakit hati. karena mereka sangat menyadari hakikat kelemahan manusia yang senang dipuji dan ingin banyak dikenal. menjadi muslim yang senantiasa melakukan ‘silent action’ adalah tantangan yang berat, namun itulah sunnatullahnya. semakin berat ujian yang dihadapi, semakin berat pula pahala yang dinanti.
Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.” (Al-Baqarah: 271)
-Sumber dari sini.

Sunday, July 7, 2013

Lisan Yang Harus Dijaga

July 07, 2013 0 Comments
Bismillah...

Hari ini, aku sudah terlalu banyak menulis untuk diri. Aku tahu. Ijinkan ini menjadi tulisan terakhir untuk diri, hari ini. Sebuah muhasabah diri.

Sparta On Ramadhan

July 07, 2013 0 Comments


Bismillah...
Dan perisai di lambang sparta yang sekilas terlihat seperti bulan. Tidakkah kita lantas teringat akan hadirnya sebuah bulan? Sudahkah kita merasakan debar rindu dan senang karena akan bertemu dengan Bulan Ramadhan?

Sparta on Ramadhan
Sparta akan tetap berlanjut. Sparta akan memasuki bulan yang dinanti-nanti. Semoga Allah, mengizinkan kita bertemu dengan Ramadhan. Aamiin.

Osjur vs Ramadhan

July 07, 2013 0 Comments
-muhasabah diri, opini-

Bismillah...

Ini tentang osjur, baik itu di bulan Ramadhan dan bukan bulan Ramadhan. Ini tentang osjur, yang mereka bilang : momen kaderisasi.

***

Allah Loves Us

July 07, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah..

Mungkin akan lebih mengena, jika ditonton dulu video singkat tersebut.
Meski judul video itu : a message for a non hijabi, jujur.. menonton video tersebut, aku banyak belajar. Ingin rasanya tertunduk, malu, malu.

Bahwa diri,... seringkali selalu punya alasan-alasan untuk tak bersegera melaksanakan perintahNya. Hanya karena tentang "suka" atau "tidak suka", atau karena "nyaman" dan "tidak nyaman". Padahal? Hiks. Seharusnya sadar diri, bahwa ketika sebuah perintah Allah turunkan, maka tidak ada pilihan selain menaatinya.

Apakah kau mengira, nabi Ibrahim suka, saat Allah memerintahkannya membawa Hajar dan Ismail ke tengah padang gurun, kemudian meninggalkan mereka di sana. Apakah kau mengira, ia suka?

Begitu juga tentang kewajiban mengenakan hijab, atau kewajiban-kewajiban lain. Kita seharusnya berhenti mencari alibi. Allah tidak menyuruh kita untuk menghijabi hati kemudian baru menghijabi diri. Tidak. Hm... lantas masih adakah alasan yang membuatmu ragu?

Perintah menutup aurat, mengenakan hijab, adalah perintahNya. Suka atau tidak suka, nyaman atau tidaknya, Kita harus memaksakan diri. Percayalah, Allah mencintai kita. Dan IA menginginkan kebaikan untuk kita.

Bukankah begitu, saudariku?

Allahua'lam bishowab.

Saturday, July 6, 2013

Saling Berkomentar Dengan "Si Dia"

July 06, 2013 0 Comments
-muhasabah diri, opini-

Bismillah..

Jujur sebenernya termasuk orang yang keras pada diri perihal ini. Ya, perihal interaksi pada yang bukan mahram. Jadi wajar, kalau aku tidak suka, kalau tiba-tiba ada non-mahram yang seenaknya nge-like atau komentar di setiap postingan diri di jejaring sosial. Meski untuk di blog ini, aku masih sellow kalau ada non-mahram yang komentar. *maklum, jarang ada yang komen, hehe.

***

Tapi kemudian, sebuah pikiran lain terlintas. Hm.. tentang manfaat dan mudhorot. Ya, kebanyakan yang aku tahu dan amati. Interaksi non-mahram di dunia maya, berupa saling berkomentar, seringkali sia-sia. Nggak penting banget untuk dibahas. Tapi somehow, diterusin. Well. Aku cuma bisa meringis pahit, kalo nggak sengaja ngeliat non-mahram saling berkomentar di posting seorang akhawat, dan isinya itu tidak penting. Ini yang kebanyakan terjadi. Tapi beberapa saat ini, aku diperlihatkan. Bahwa ada kok, interaksi non-mahram di jejaring sosial yang bermanfaat. Jikapun berkomentar, isinya penting, dan itu memang mendesak untuk disampaikan.

Jadi bagaimana? Masih perlukah non-mahram saling berkomentar di jejaring sosial?

Friday, July 5, 2013

Thursday, July 4, 2013

Story Behind

July 04, 2013 0 Comments

Bismillah...

Ada kisahnya. Mengapa aku bisa menjadi pribadi sekarang ini.
Ada kisahnya. Hanya saja tak semua orang pernah mendengarnya, atau membacanya.

Perjalanan masih panjang.
Tetap berdoa, agar Allah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus.
Tetap berdoa, agar Allah menetapkan kita di agamaNya yang lurus.
Tetap mencari kebenaran. Belajar membaca. Belajar mendengar. Belajar mengkaji. Belajar menulis. Belajar, belajar.

Bukankah hijrahnya pembunuh 100 orang, sudah bisa menjadikannya masuk surga?

Allahua'lam.

Jangan Acuh!

July 04, 2013 0 Comments
Bismillah...

Sebenarnya ragu, menuliskan ini. Tapi jujur, keraguannya jauh lebih sedikit ketimbang keyakinan untuk menuliskan ini. Ini tentang issue, bahwa "sesuatu" telah "jatuh".

Wednesday, July 3, 2013

Monday, July 1, 2013

Refleksi dan Diri

July 01, 2013 0 Comments
Bismillah...

Ada yang mendesak di sana. Ya, ada yang mendesak di sana, menyesak dadanya, mencekat tenggorokannya. Dipandangnya cermin di pintu lemarinya. Refleksi dirinya dari ujung kepala sampai ujung kaki berada satu meter di depannya. Ia menatap lekat refleksi diri yang berdiri setengah meter dari belakang cermin.