Follow Me

Sunday, December 22, 2013

Sudah Ada Yang Menulis

December 22, 2013 0 Comments

-Muhasabah Diri-

Bismillah...

Pernah ada masa-masa, aku menyesal, karena tidak sempat menuliskan tentang Bu Irah, Ibu Kucing yang biasa duduk di gerbang jalan setapak menuju lapangan SR.

Pernah ada masa-masa, aku akhirnya menulis tentang seorang Ibu, yang setiap pagi setia menanti sampah untuk datang ke tempat pembuangan sampah di dekat Gedung Arsitektur. (baca tulisanku di sini)

Dan hari ini,... ada masa dimana aku tercekat, kemudian berteriak dalam hati karena exited. "Sudah ada yang menulis!" Dan ternyata... belum lama. Oktober tahun ini tulisan itu dibuat. Hyaa. Allah, aku keduluan. Hehe

***

Ijinkan kukutip bagian-bagian kecil dari tulisannya di sini. *maaf ga ijin ke penulisnya.

Tentang Foto Akhawat : "Awalnya darimana?" (2)

December 22, 2013 0 Comments
-Muhasabah Diri-
Bismillah..

Ijinkan diri mengutip tulisan Burhan Sodiq, perihal fenomena foto akhawat di dunia maya. Dalam buku "Gombal Warning".

Baca tulisan sebelumnya di sini --> Tentang Foto Akhawat : "Awalnya darimana?" (1)

***

Memandangi Foto akhawat di Facebook

Lalu bagaimana dengan kebiasaaan para ikhwan memandangi foto akhawat di facebook? Mereka mencari profil akhawat yang masih suka memajang fotonya di facebook dengan foto close up. Diperlihatkan dengan sangat jelas wajah cantiknya. Dengan senyum yang manis, atau mungkin malah dimanis-maniskan semanis mungkin. Dengan aneka pose yang menarik, membuat mata pria tak bisa berkedip. Apakah mereka memandanginya dengan hanya sekali pandang lalu memalingkan wajahnya? Atau mereka memandanginya lama, dan menikmati foto-foto yang dipampang itu?

Tentang Foto Akhawat : "Awalnya darimana?" (1)

December 22, 2013 0 Comments

-Muhasabah diri-

Bismillah..

Ijinkan diri mengutip tulisan Burhan Sodiq, perihal fenomena foto akhawat di dunia maya. Dalam buku "Gombal Warning", sebuah bab berjudul "pesona wanita" melontarkan tanya kepada pembaca. Awalnya darimana?

Ya, awalnya darimana sehingga virus merah jambu bisa menjangkiti ikhwan dan akhawat?

***

Pandangan Mata

Kalau ditanya dari mana, jawabannya bisa sangat banya. Pertama bisa berawal dari pandagan mata. Kalau mata sudah memandang yang bening, jidat yang licin, hidung mancung dan juga jalan anggun, pasti mata tidak akan berkedip. Wanita yang cantik akan semakin cantik. Kenapa? Karena dia dihias oleh setan. Itulah kerjaan setan. Dia memoles perempuan dengan polesan terbaik. Ahli make up manapun akan kalah dengan keahliannya.
"Wanita itu aurat, maka bila ia keluar rumah, setan terus memandanginya (untuk menghias-hiasinya dalam pandangan lelaki sehingga terjadilah fitnah)" (HR Tirmidzi)

Wednesday, December 18, 2013

How Boys "Manafacture" Plans

December 18, 2013 0 Comments
Bismillah..



things that i learn from this video:
1. tentang menundukkan pandangan
2. tentang penggunaan facebook. tentang friend request, juga tentang foto.

judul video-nya dan isi-nya lumayan menggelitik : Girls beware:How boys "manufacture" plans!!

Tuesday, December 10, 2013

Frank Lampard Aja Nulis Buku

December 10, 2013 0 Comments

-muhasabah diri, menulis-

Bismillah..
Buka FB pagi ini disambut Tinjauan Selama 2013. Dan ada statusku di tanggal 9 Januari 2013 yang cukup membuatku tertegun serta bersemangat lagi untuk lebih baik di tahun mendatang. Ini dia status itu:
Banyak penulis bagus di Facebook. Sayangnya mereka tak kunjung "go publik". Pertanyaannya adalah: Apa tak mendapat kesempatan? Atau... Apa tak kunjung mencari kesempatan itu? Soalnya kesempatan banyak banget. Penerbit sekarang yang kejar-kejar penulis. Lalu? | Menulis itu tidak sulit. Kendalanya hanya komitmen waktu. Ahai... Hari gini masih sibuk audisi antologi sana-sini yang biaya terbit ditanggung sendiri. C'mon! Ini sudah 2013. Saatnya naik kelas. | Ngomong sama tembok Facebook. *melipir-sebelum-bonyok*

Pertanyaan hari ini adalah: Sudah hampir setahun, apa kamu masih di kelas yang sama? Dan sudah berapa tahun kamu di kelas itu-itu saja? Kupikir tak akan ada yang betah berlama-lama di kelas yang sama, kan?

--dari grup fb Aksara Salman ITB

***

Monday, December 9, 2013

Perjalanan Bersama Si "Dia"

December 09, 2013 0 Comments

-muhasabah diri, opini- 

Bismillah...

"Jangan engkau merasa bahwa engkau telah mengenal saudaramu dengan baik, jika engkau belum pernah melakukan safar/perjalanan bersama saudaramu tersebut, atau sebelum engkau pernah bermalam bersama saudaramu. Perjalanan panjang/safar, akan memiliki banyak hikmah dalam ukhuwah dan kehidupan. Di sini kita bisa menguji, siapa diri kita sebenarnya, dan siapa dan bagaimana saudara kita yang sebenarnya."
-Umar bin Khattab rhadiyallahu anhu-

Ijinkan aku beropini tentang perjalanan perempuan dan laki-laki yang bukan mahram.

Saturday, December 7, 2013

Hujan : Waktu Doa Diijabah

December 07, 2013 0 Comments

Bismillah...

Lepas magrib, suasana koridor timur Salman masih sama seperti suasana sore hari. Ramai. Lingkaran-lingkaran. Meja dan buku-buku. Laptop. Al Quran. Setiap orang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing.

Hujan deras membuat mereka memilih untuk tidak segera pulang, berteduh sembari belajar untuk UTS besok, atau sembari asik bermain dengan gadgetnya, atau.. asik mengerjar target tilawah-nya hari itu.

Dan setiap doa terlantun, satu - satu dalam hati dan bibir setiap orang di waktu itu, di waktu turun hujan. Semoga Allah perkenankan, semoga Allah kabulkan.
***

Ada Apa Dengan Facebook?

December 07, 2013 2 Comments

-gakpenting-

Bismillah...

Baru log-in, sempat melihat banyak status dan posting-an temen-temen di newsfeed. Lalu kemudian, saat me-reload.

Whooa? What happen? Aku bertanya-tanya, apa karena aku tidak mempunyai teman? Perasaan udah ada lumayan banyak deh (nggak sampai 5000 sih).

Oke, buka halaman pembaruan Page saja. Dan hasilnya??

***

Masih bertanya-tanya : ada apa dengan facebook? hmmm... *curious.

Wednesday, December 4, 2013

Waqaf

December 04, 2013 0 Comments

Bismillah...


"Sebaik-baik manusia, adalah yang belajar dan mengajarkan al qur'an" perempuan itu menyemangati kami dengan sebuah hadis yang sudah cukup familiar.



Hari itu, berbeda dari jumat biasa-nya. Kami memang masih berkumpul di tempat dan waktu yang sama. Tapi jumat itu, kami mendapat teman baru. Tapi jumat itu, kami menyempatkan membahas sedikit tentang tahsin al quran. Saling sharing pengetahuan masing-masing. Sungguh, jumat itu, special. Semoga Allah memberikan keberkahan di setiap pertemuan kami, pekan lalu, pekan ini, dan pekan-pekan selanjutnya.



***

Jika membaca al quran, coba perhatikan... Ada huruf-huruf hijaiyah kecil yang biasanya diletakkan dibagian atas, tengah atau akhir ayat. Apa maksud dari huruf hijaiyah tersebut? *lihat posternya*

***

Saturday, November 30, 2013

Wacana!

November 30, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah..

(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya* dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa.
(QS Ali Imrah Ayat 76)

*Yakni janji yang telah dibuat seseorang baik terhadap sesama manusia maupun terhadap Allah.















***
Sedikit kata untuk diri. Bahwa wacana yang dibuat, rencana yang dirancang, hendak-nya tidak kemudian diabaikan begitu saja.

Dan jam yang sudah menunjukkan angka-angka, coba cocokkan lagi dengan "wacana" yang kau buat.

Manusia memang hanya membuat rencana, Allah yang menentukan. Namun bukan berarti itu menjadi alibi kita, untuk mengingkari janji pada diri.

Allahua'lam.

Thursday, November 28, 2013

Tas Yang Terbuka

November 28, 2013 0 Comments


-Muhasabah Diri-
Bismillah...

Hari itu, langit mendung, satu demi satu air mulai berjatuhan membasahi bumi tempatku berpijak. Meski sempat ragu, aku akhirnya melanjutkan langkahku. 'Biarlah tak ada payung, sesekali hujan-hujanan tak mengapa.', bisiknya dalam hati.

Tap. tap. tap. Langkah kaki dengan mantap menjejaki aspal yang basah, kemudian menyelusuri jalan teduh dari depan gerbang ITB, menuju Labtek tercinta. Jalur teduh yang dipenuhi banyak orang ini, secara otomatis terbagi menjadi dua arah. Kebetulan, lebih banyak orang yang berjalanan, aku dengan bebas mempercepat langkahku.

"mas, tas-nya kebuka". Orang itu menoleh, mengucapkan terimakasih. Eh, ternyata aku kenal dia. Sedikit kikuk, aku tersenyum tipis lalu segera berjalan mendahului.

Saturday, November 23, 2013

Memanggil dengan Nama yang Ia Sukai

November 23, 2013 2 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...

"Nggak ngerti deh, sejak kapan ya 2011 manggil aku tanpa 'Ka',"

ini kedua kalinya, perempuan berwajah manis disampingku.. mengutarakan ketidaksukaannya dengan sebuah nama panggilan. Kali pertama, adalah seseorang pemimpin rapat menyebut nama-nya bukan dengan nama asli-nya. Melainkan nama, yang memang sudah banyak orang memanggilnya dengan itu, namun tidak ia sukai.

FM

November 23, 2013 0 Comments


Bismillah...
Ibu Imam Al-Tsauri pernah menyampaikan kepada Al-Tsauri kecil,
”Wahai putraku, carilah ilmu dan aku akan mencukupimu dengan rajutanku.
Wahai anakku, jika engkau telah mampu menulis sepuluh huruf maka lihatlah dirimu.
Apakah bertambah baik cara berjalan, kelembutan dan ketenanganmu?
Jika tidak, maka ketahuilah sesungguhnya ilmu itu tidak memberi manfaat padamu.”
***

[FM]

Wednesday, November 20, 2013

Mendaki Gunung

November 20, 2013 0 Comments

-Opini-
Mendaki sebuah gunung bukan sebuah kebanggaan, Kawan
Karena kalau kita anggap pendakian gunung itu kebanggaan
Maka jangan lupa, penduduk setempat bahkan setiap hari
Setiap hari mencari kayu bakar, rotan, dan sebagainya di sana
Bahkan anak-anal mereka pergi memancing ke atas danau di gunung
Berangkat pagi, pulang sore

Mengunjungi sebuah kota, New York, London, dsbgnya juga bukan prestasi
Karena kalau melanglang buana itu kita anggap prestasi
Maka jangan lupa, pengemis, gelandangan di sana setiap hari
Setiap hari mengemis dan menggelandang di jalanannya
Tidur di sudut2 kota, tempat kita baru saja ber-pose
Lantas kita bagikan di jejaring sosial

Kita tidak bicara berapa banyak gunung yang kita daki
Berapa lembar foto keren yang kita peroleh
Tapi berapa banyak pemahaman yang menetap di hati kita
Lantas menjadi sumber inspirasi kebaikan bagi sekitar
Menyayangi alam, memahami kebesaran Tuhan
Berhenti bertingkah kekanakan
Itulah hakikat pendakian tersebut

Kita tidak bicara berapa banyak kota yang kita kunjungi
Berapa lembar foto hebat yang kita dapatkan
Tapi berapa banyak pelajaran yang tinggal di kepala kita
Lantas menjadi sumber kebermanfaatan bagi orang lain
Memahami keanekaragaman dan perbedaan
Berhenti sombong dan berlebihan
Itulah hakikat sebuah perjalanan

Lakukanlah perjalanan mengelilingi dunia, Kawan
Kunjungi tempat-tempat indah dan spesial
Bukan untuk dicatat, difoto lantas dipamerkan
Tapi simpel, perjalanan adalah perjalanan
Dia akan mendidik kita dengan lembut
Tentang banyak hal

*Tere liye
***

Bismillah...

Jadi ceritanya lagi seneng bahas tentang perjalanan alias safar. Terus jadi pengen curhat,... tapi....

*biar Allah saja yang tahu, naik turun perasaan ini.

Pergi Sendiri : Dosakah? (2)

November 20, 2013 0 Comments
-Muhasabah Diri-
Bismillah...
Ada bbrapa hadits  yang menguatkan bahwa 'illat dr pelarangan wanita bepergian tanpa muhrim adalah krn bahaya:

Hadits pertama:
Dari Adi bin Hatim, secara marfu’: “Hampir datang masanya wanita naik sekedup seorang diri tanpa bersama suaminya dari Hirah menuju Baitullah.” (HR. Bukhari)

Hadits ini merupakan pujian atas kejayaan Islam pada masa yang akan datang, sehingga keadaan sangat aman bagi wanita untuk bepergian jauh seorang diri. Hadits inilah yang dijadikan Imam Ibnu Hazm membolehkan wanita untuk keluar seorang diri tanpa mahram. Maka janganlah kita heran justru banyak ulama yang membolehkan wanita pergi seorang diri jika dalam keadaan aman dan jauh dari fitnah.

Belajar dan Berproses

November 20, 2013 2 Comments
 
-opini, muhasabah diri-

Bismillah...

Alkisah seorang perempuan sedang duduk, asik membaca sebuah buku ditangan kanannya. Seorang perempuan lain -temannya-, menghampirinnya. Disela-sela kalimatnya, ia sempat berkata.

B : "mendingan aku nggak usah baca tulisan itu"
A : "......."

***

Jadi ini tentang ilmu yang seharusnya diamalkan, dan ketidakmampuan kita (*lebih tepatnya diri).
"Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka)." (an Nisaa: 66)
Pernahkah kita merasa menyesal mengetahui ilmu baru? Ya, menyesal.. karena merasa ketika kita mengetahui-nya, kita jadi memiliki kewajiban untuk melaksanakannya?

Saturday, November 16, 2013

Keep Your Intentions Straight

November 16, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah..


Mengingatkan pada diri, agar selalu memulai suatu perbuatan dengan membaca Bismillah. Karena jika tidak, bisa jadi satu dua ucapan manusia membuat niat-mu bengkok. Karena jika tidak, bisa jadi satu dua "jempol" bisa membelokkan niatmu.

***

Start with Bismillah.. keep your intentions straight. Jangan sampai kelak Allah mendustakanmu. Seperti kisah tiga manusia ini :

Wednesday, November 13, 2013

Terlalu Cepat, Terlalu Sensi

November 13, 2013 2 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah..
Apakah lagi2 harus aku yang ikhlas?
Kalimat itu, memantik sensi-ku. Aku dengan cepat mengetik sebuah nama, kemudian mengirim beberapa kalimat nasihat melalui pesan jejaring sosial.

Ah, dasar miss sensi. Kau terlalu mudah berprasangka. Kau terlalu cepat mengambil kesimpulan. Tidakkah kau tahu kaidah-nya? Bahwa prasangka buruk, harus dihapus dengan prasangka baik? Dan jika tidak bisa, maka kewajibannya adalah tabayyun?


Sunday, November 10, 2013

Siapa yang memulai?

November 10, 2013 3 Comments
jika di dunia nyata, kita menjaga batas-batas interaksi dengan ia yg belum halal
maka apakabar di dunia maya?
adakah kita masih menundukkah pandangan?
adakah kita tidak melembut-lembutkan suara?

-muhasabah diri-

Bismillah...


Di sebuah malam, seorang teteh terkaget, tak sengaja menangkap basah adik tingkatnya (seorang akhawat) sedang asik chating dengan seorang ikhwan. Padahal waktu saat itu, sudah menunjukkan pukul 22.00.

Si teteh geleng-geleng kepala. Pasal-nya, nama ikhwan yang ada di chat box adik tingkatnya itu, bukan ikhwan yang terkenal lost hijabnya di dunia maya.

"X, kamu mah harus sama ikhwan yg bener-bener  strict (menjaga hijab dan interaksi dgn non-mahram)..", ucap si teteh bicara ttg masa depan. Sebuah doa juga -mungkin-.

"Tapi teh, bukan aku yang mulai..", ia membela diri.

Many Thoughts That Came Up

November 10, 2013 0 Comments
Bismillah...

Entah-lah judul di atas benar stuktur bahasanya atau tidak. Yang jelas, ada banyak hal yang berseliweran di pikiranku. Menanti untuk kutuang dalam paragraf-paragraf kata.

***

Wednesday, November 6, 2013

Jumlah = Parameter Baik - Tidak Baik ?

November 06, 2013 2 Comments

-Muhasabah diri, SensiMe-

Bismillah..

Alkisah, berita sebuah acara dipost di sebuah group. Seseorang, sebut saja B, bertanya pada penghuni, yang punya waktu luang untuk menghadiri acara tersebut, diminta untuk komentar di thread tersebut. Hasilnya? Kosong. Sore-nya, seseorang komentar di thread tersebut,
A : ini tadi gmn? maaf nggak bisa hadir. Ada acara X dari jam 7 sampai jam 11.
B : Jadinya...... Apresiasi untuk C. Sebagai perwakilan tunggal dari namaGroup. Thank you so much C
Membaca jawaban B, si A merasa bersalah. Dari 50-an anggota grup tersebut, ternyata hanya satu yang hadir. Dan parah-nya lagi.. tidak ada yang komentar di thread tersebut untuk menyatakan alasan tidak bisa hadir. Sebuah 'like' ia berikan di komentar terakhir si B.
B : Emmm
Terima kasih A sudah bertanya
A : sama-sama B. Maaf, cuma bisa nanya. *kemarin juga ga nyempetin konfirm ga bisa hadir.
B : Kallem
Nggak sedikit koq yang nggak konfirm
Haha
***

Tuesday, November 5, 2013

Tentang Hikmah

November 05, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah..
Dari kunjungan 1 jam malam ini, aku belajar, menarik hikmah. Belajar dari ratusan bintang dan langit malam. Belajar dari teman-teman GAMAIS yang memanaskan bumi kiara payung dengan kobaran semangat baru. Belajar dari sahutan takbir dan kepalan tinjunya ke langit.
Rabb, sungguh bumi dan langitMu, beserta seluruh isinya, sarat dengan hikmah. Maka jadikan aku, salah seorang di antara hambaMu, yang senantiasa bisa menarik hikmah-hikmahMu. Sehingga aku bisa masuk dalam golongan orang-orang yang bersyukur..
- NAJ, dalam tulisannya Metanoia-horizon (2 of 2)

***

Friday, November 1, 2013

Membaca Terjemah Al Quran

November 01, 2013 0 Comments

-Muhasabah Diri-

Bismillah..

Membaca terjemah Al Quran itu... "sesuatu". Ya, "sesuatu" banget. Kenapa?
***
"Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya). Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al Quran pun yang baru (di-turunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main, (lagi) hati mereka dalam keadaan lalai....." (QS Al Anbiya ayat 1-3)
Membaca terjemah Al Quran itu... "sesuatu".

Thursday, October 24, 2013

Tentang Hijab : Itu Semua Apa?

October 24, 2013 1 Comments
-muhasabah diri-

Bismillah...
“Dia lain bro, dia gak kayak temen-temen jilbab lu yang lain, kalo disapa dia senyum manis ma gua, waktu nanya soal tugas dan gua duduk di samping dia deket banget dia nya biasa aja, kalo yang laen mah jangankan duduk deketan ngeliat aja pada susah, bawaannya nunduk mulu”
- cuplikan cerpen "Pagi Itu di Lorong Kampus"

Wednesday, October 23, 2013

Surga Untukmu Yang Memaafkan

October 23, 2013 2 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...

Jika kata-kata ku, tak berarti apapun. Mari sejenak diam, sama-sama menyimak firman Allah dan sabda Rasulullah. Bukankah masing-masing kita, setiap hari berikrar beriman kepada Allah dan rasulnya -minimal dalam sholat kita-?
“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (Asy-Syuura: 43)
***
......
Rasulullah saw.menjawab, ‘Aku diberitahu bahwa pada hari kiamat nanti, ada dua orang yang duduk bersimpuh sambil menundukkan kepala mereka di hadapan Allah. Salah satunya mengadu kepada Allah sambil berkata, ‘Ya Rabb, ambilkan kebaikan dari orang ini untukku karena dulu ia pernah berbuat zalim kepadaku’.

Monday, October 21, 2013

Ijinkan Aku Mendengarkanmu

October 21, 2013 0 Comments
kita bukan satu jenis bunga, namun kita tumbuh dan mekar di lahan yang sama
ada kala-nya, akar kita saling berebut air
ada kala-nya, tangkai kita saling terkait
ada kala-nya kita sama-sama tersenyum merasakan hangat matahari
ada kala-nya kita saling memuji, tentang keindahan masing-masing

kita bukan satu jenis bunga, namun kita tumbuh dan mekar di lahan yang sama
adakah kita bertanya, mengapa Allah menakdirkan kita untuk bersama?
adakah untuk melukai sesama? atau untuk yang lain?
adakah kita bertanya, mengapa Allah menakdirkan kita untuk bersama?
mungkinkah, itu untuk kebaikan masing-masing dari kita?


-untuk Sahabat-
Bismillah...
Satu-satu.... Daun-daun...
Berguguran tinggalkan tangkainya...
Satu-satu... Burung kecil...
Beterbangan tinggalkan sarangnya...

Wednesday, October 9, 2013

Berjalan Bersamamu

October 09, 2013 2 Comments
 
berjalan di sini, sendiri, pasti lelah dan jenuh sering menggayut langkah
namun berjalan di sini, bersama-mu, aku tak lagi peduli pada lelah dan jenuh
aku percaya, kau akan mengusirnya,
kala mereka (lelah dan jenuh) menggayut langkah ku
-kirei-

Bismillah...

Kita mengecap manis yang sama. Meski di bingkai frame yang berbeda. Mereka juga mengecap manis yang sama dengan kita. Manisnya iman yang berbuah ukhuwah.

Rasanya aku... dibuat meleleh membaca tulisan-tulisan seorang sahabat tentang ukhuwah dan jalan dakwah yang harus ditempuh.

Ya, masing-masing kita bisa jadi mengecap manis yang sama, dengan frame yang berbeda. Selama landasan relasi/hubungan adalah karena iman. Kita akan merasakan manisnya ukhuwah, bagaimana ukhuwah bisa begitu besar mempengaruhi hari-hari kita.

***

Tentang Stalker : Marahi Saja Beberapa Foto

October 09, 2013 2 Comments
saat kita bertanya mengapa, coba bertanyalah pada diri
baru kemudian bertanya kepada orang lain - kirei

-muhasabah diri-

Bismillah...

Celotehan tentang facebook part dua,

-Semua manusia itu punya sifat penasaran. Ada bantahan?
Tampaknya tidak.
Wajar jika pengguna facebook lain menstalking facebook kita.
Ga usah marah padanya.
Marahi saja beberapa foto, atau beberapa postingan yang kita tak ingin dilihat stalker itu. Mengapa kau ada disana.

-Facebook bisa kita penggal jadi dua kata, face dan book. Face adalah muka, book diartikan buku, jika kita gabung, jadi muka buku. Iya, itu mengada-ada. Tapi yang saya perhatikan facebook memang seperti muka buku atau biasa kita sebut cover.
Banyak cover yang jujur, beberapa pencitraan, bahkan menipu.
Karena manusia jika melihat cover saja pasti tak tau isi bukunya, sedangkan Tuhan Maha Melihat dan Maha Penentu buku itu laku atau tidak, Tuhan yang ngasi rezki kan.
Jadi cari aja apa yang membuat-Nya ridho dengan facebook ini.

-Facebook itu ibarat pisau. Berhati-hatilah menggunakannya.
Pisau itu bisa dipakai untuk ngupas apel, atau melukai orang, atau bisa juga untuk nusuk diri sendiri, melukai diri sendiri tanpa sengaja juga bisa.
- status seseorang di buku muka-nya 
***

Keputusanku

October 09, 2013 1 Comments
Two roads diverged in a wood, and I—
I took the one less traveled by,
And that has made all the difference.
-Robert Forst-


-muhasabah diri, opini-

Bismillah....

Berawal dari sebuah kepanitiaan, dan jobdesk selalu familiar untuk dijalankan. Berawal dari sana, Allah membuka mataku.

Ya, bisa jadi itu tidak terjadi. Peluangnya memang tidak besar, tapi tidak juga kecil.
Ya, bisa jadi... aku terdengar aneh dan terlalu berlebihan. But well this is me, suka atau tidak itu hakmu, hak kalian.

***

Hanya berteman dengan perempuan di jejaring sosial.

Jika ada yang bertanya "Mengapa?"

ijinkan aku menjawab : "Mengapa tidak?" hehe J.

Komunikasi yang "penting" antara perempuan dan laki-laki, toh tidak akan menjadi terhalangi karena belum friend. Sungguh. Ada banyak fasilitas yang bisa menjembatani komunikasi tersebut :

1. Group -- organisasi, kelompok tugas, kepanitiaan, apa lagi? Bisa kok di sini. Bahkan bisa summon orang yang belum jadi friend kita asalkan ia sudah berada di grup yang sama. Jadi? Mengapa tidak?

2.  Message -- Ada hal yang hal personal yang harus ditanyakan atau disampaikan? tapi ini penting *nasihat misal, atau tanya pelajaran, dkk. Bisa kok via message. Setahu saya, meski tidak "friend", masih bisa mengirim message ke orang tersebut. Jadi? Mengapa tidak?

See? Jadi, mengapa tidak?

***

Jika ada yang merasa tidak setuju. It's okay, let's just agree to disagree.

Maaf, jika keputusanku membuat kamu, kalian merasa tersinggung dan terluka. hehe.

Maaf, aku hanya ingin menjadi diriku. Mencoba belajar lebih banyak tentang menjaga hijab, iffah, izzah. Mencoba menjaga hati.

Terimakasih yang sudah mau mengerti.

ttd.
Isabella Kirei

***

Terimakasih Ya Allah. Segala Puji MilikMu. Alhamdulillah.. telah membuka mataku tentang ini.

*tentang graphsearch. awalnya sekedar tahu (*belum pernah make), sampai akhirnya speechless (*won't let any stranger use that "bad thing" to me).
“Wanita sholeha itu tidak suka mengenali dan dikenali,
Tidak suka memandang dan dipandang,
Di bibirnya tidak meniti nama-nama lelaki,
Dan di bibir lelaki tidak meniti namanya”
— quotes
Allahua'lam bishowab

Monday, September 30, 2013

Membuat "Hijab"-nya Sendiri

September 30, 2013 0 Comments
-muhasabah diri, sensiMe-

Bismillah..

"Aku agak2 paham kenapa diminta hijabnya di buka, kayaknya buat nyentil, toh sehari2 kita kuliah dan berinteraksi sama teman2 lain gak pakai hijab, dan jujur terkadang lihat teman2 yang ilmu agamanya bagus sering kali membuat "hijab"-nya sendiri sehingga sulit berinteraksi dengan orang lain dan akhirnya orang lain tidak mendapatkan kebermanfaatan darinya."

-komentar seseorang di sebuah notes.

Alkisah, ada sebuah peristiwa seru. Bahwa di tengah acara 'keislaman', seseorang meminta hijab yang membatasi peserta laki-laki dan perempuan. Kemudian orang tersebut, memaparkan beberapa hal yang membuat seseorang yang lain akhirnya menulis notes berisi isi ucapan beliau di forum tersebut.

***

Dan tulisan ini. hehe. Ini muncul karena ke-sensi-an penulis terhadap komentar di atas.

benarkah, mereka yang membuat "hijab"-nya sendiri lantas menjadi sulit berinteraksi dengan orang lain? dan akhirnya orang lain tidak mendapatkan kebermanfaatan darinya?

Sunday, September 29, 2013

Mengingat Kondisi Iman

September 29, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah..

Ini sengaja ditulis, agar diri.. tidak hanya berhenti pada tulisan, namun melanjutkannya ke amal. Bukankah setiap hari kau berdoa agar tidak seperti mereka yang dimurkai Allah?

Thursday, September 26, 2013

Menjawab Komentar Si "Dia"

September 26, 2013 1 Comments

-muhasabah diri, opini-

Bismillah
Bismillaah,
mau tanya..mudah-mudahan bisa membantu mencerahkanku..

seringkali aku "terjebak" dengan perasaan tidak enak..
misal : ad komen yg tidak penting dan tidak mendesak, namun karena berupa pertanyaan,
segan tidak menjawab..
segan seakan ga mengacuhkan..
segan terlebih misalnya yg komen pun bukan orang-orang biasa, tetapi orang yang mungkin lebih banyaak ilmunya dari aku, orang yang aku rasa ke-Islam-an nya lebih banget2 dari aku..

dan itu sering menjebakku..
akhirnya jadi sekedar basa-basi..
tetapi kadang berlanjut jadi ga penting..

aku ingin hal ini tidak terjadi, tetapi perasaan segan / tidak enak itu selalu meluluhkanku..

ad saran bella??
apa aku harus tegas?? 
- Fathimah Az Zahra

berawal dari satu tanya, semoga bisa menjawab, meski sedikit.


***

Wednesday, September 25, 2013

Media Oh Media (3)

September 25, 2013 1 Comments

-opini, muhasabah diri-

Bismillah...

Jazakallah khayran, untuk seseorang yang share sebuah link tulisan di blog. Sebuah tulisan yang bisa membantu kita untuk lebih teliti terhadap berita-berita yang kita terima. Lebih hati-hati terhadap media yang bertebaran di era sekarang.

Sebuah cara, untuk mengenali foto yang sama, sehingga kita bisa tahu, kapan foto tersebut pertama kali diupload. Lihat di sini.

***

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” [Al Maa-idah:8]

Tuesday, September 24, 2013

Bergerak dan Bukan Diam

September 24, 2013 2 Comments


-muhasabah diri-

Bismillah..
Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS Ali Imran ayat 26)
Sebuah refleksi yang kudapat dari Pembinaan Aktivis Asrama Salman (20/9).

"Ya, kita memang harus bergerak dan bukan sekedar diam. Tapi dengan cara yang diridho-i Allah" -kirei

isn't it?*

***


Memperbaiki Diri dengan Berhijab

September 24, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...
Hijab itu memperbaiki, lirihku. Bukan menunggu telah baik baru berhijab, tapi dengan hijab itu biarkan ia memperbaiki diri. - Mentari Pagi
***

Seketika embun seperti menyapa kedua bola mataku. Sungguh, membaca keseluruhan tulisan kutipan diatas (klik di bagian Mentari Pagi), menimbulkan perasaan tak bernama di sini.

Entahlah.. aku seperti kembali menemukan arti hijab. Aku, seperti.. diajak untuk terus memperbaiki diri. Diajak, untuk menghadapi dunia yang sebenarnya. Bahwa nanti, akan kita temui fenomena mirip kejadian di tulisan itu. Bahwa kelak, akan ada yang heran lantas bertanya. Maka siapkah kita, -meski terbata- mencoba untuk menjawabnya. Agar pandangan dunia tentang hijab, tak lagi sesempit kata 'terorisme'.

***

Asa itu*, seperti melambung lagi.. menemukan tambahan helium untuk terbang menjauh dari bumi.

Sambil tersenyum dia berkata sulit untuk melihatku karena wajahku hanya terlihat selingkaran kedua jarinya, ia memperagakan dengan menyatukan ujung-ujung jemarinya dan menempelkan tangannya ke wajah, tidak lupa ia ucapkan "I'm sorry" tetap sambil tersenyum. Aku pun membalas tersenyum. Ya memang begini aku biasa terlihat dan hanya dengan begini aku boleh dilihat.

*about niqab dan negeri sakura

Allahua'lam. Allahumma yasirli wala tu'assir..

Fitrah : Tertutup lagi Tersembunyi

September 24, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...

Membaca sebuah nasihat, kemudian mencatatatnya..

Bolehkah aku mengusirmu dulu? Hehe. Yang merasa laki-laki gentle, mangga segera menjauh dari tulisan ini.
Yang perempuan, silahkan mau baca/tidak. It's your choice.


***

Wednesday, September 18, 2013

Tuesday, September 17, 2013

Mengedit Tulisan

September 17, 2013 0 Comments
 

-menulis, muhasabah diri-

Bismillah..

Alkisah, di sebuah jejaring sosial. Seorang teman membagikan tulisannya. Tag sana-sini, summon sana-sini.
Di akhir tulisannya, ia menuliskan : mohon kritik, masukan, dan saran.

Beberapa menit berlalu, satu demi satu orang yang ditag/di summon memberikan jempol (like), dan berkomentar positif.
Sekedar mengangguk setuju, atau mengucapkan terimakasih.

Menit-menit yang lain berlalu. Kemudian sebuah saran muncul untuknya. Perihal kalimat yang terkesan suudzon. Si penulis tadi mengangguk mengerti. Kemudian segera mengedit tulisannya. Tersenyum dan berterimakasih kepada teman yang memberi masukan.

Sunday, September 15, 2013

Si Cantik di Dunia Maya

September 15, 2013 6 Comments
 
tahukah kau mengapa wanita selalu diumpamakan seperti bunga?
karena ia begitu cantik.. begitu indah.
dan tahukah kau perhiasan terindah di dunia?
wanita sholihah.

-muhasabah diri, sensiMe-

Bismillah...

Kebiasaan buruk. Tapi.. hm. Maaf, jika harus kembali menuliskan tentang ini. Ini tentang interaksi laki-laki dan perempuan di dunia maya.

Friday, September 13, 2013

Al Insyirah ayat 7

September 13, 2013 0 Comments
-muhasabah diri-
Bismillah...

Rasa-rasanya, aku semakin jauh dari dirimu. Terlampau sibuk mengurus ini itu. Padahal pernah diri berucap ini itu tentang komitmen menulis.

Eitss..! Jangan bilang, kamu mampir cuma mau mengeluh? Hehe..  No, I am not. Terlampau banyak nikmatNya yang kudustakan.

Alhamdulillah. Ya Allah, segala puji milikMu. Maka iman dan islam yang kukecap manisnya hingga detik ini, ijinkan ia selalu tertanam di hati sampai saat Engkau memanggilku kembali.

Alhamdulillah. Ya Allah, segala puji milikMu. Maka setiap kesibukan, semoga bukan sekedar perhiasan dunia yang melalaikan

Alhamdulillah. Ya Allah, segala puji milikMu. Maka setiap doa, semoga terlantun bukan sekedar meminta keinginan nafsu diri. Namun juga, terlantun untuk setiap muslim di dunia. Karena sungguh, diri masih bisa tersenyum. Padahal di tempat lain, bisa jadi mereka berjuang dengan peluh dan darah demi menegakkan kalimatMu.

***
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. - QS Al Insyirah ayat 7-8



*ps : pesan untuk diri, teruslah menulis. meski terbata dan tertitah. ini bukan tentang tulisanmu, ini tentang kemampuan yang Allah titipkan padamu, dan tentang perintahNya untuk menyeru kepada kebaikan dan mencegah keburukan. Ini bukan tentang tulisanmu, ini tentang ilmu dan amal yang harus selalu beriringan.

Tuesday, September 10, 2013

Foto yang Sudah Berpulang

September 10, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...
bella.. hati-hati, gambar jasad manusia yg sudah berpulang jangan sampai di-expose (tidak usah di-share), kita harus menghormati saudara2 kita yang telah berpulang.. (kalau bisa dihapus mgkn, copy kata-katanya aja..) kita doakan saja mereka ya 
 -N.S-

Saturday, September 7, 2013

.jp

September 07, 2013 1 Comments
Bismillah...
Kebiasaan lama, jika bingung mau menulis apa. Saya suka berkali-kali me-reload home blog ini. Berharap, tiba-tiba ada postingan baru yang muncul. Hehe

Tapi kali ini, 2 buah huruf membuatku sejenak heran. Penasaran, mencoba googling dan akhirnya memutuskan untuk menuliskan ini.

Wednesday, September 4, 2013

Sejenak Rehat

September 04, 2013 0 Comments

-muhasabah diri-

Bismillah...

Beberapa saat vakum di sini, membuat dadaku sesak karena rindu. Tapi jujur, meski hari ini aku menulis lebih dari satu tulisan. Aku.. aku menyadari satu hal. Bahwa bisa jadi, aku memang butuh sejenak rehat. Sejenak rehat dari menulis.

Untuk apa? Bukan untuk melepas lelah. Karena toh bagiku.. menulis tidak menimbulkan lelah.
Untuk apa? Bukan untuk melepas jemu. Karena toh bagiku.. menulis itu sudah bukan sekedar hobi.
Untuk apa?

***

Sejenak rehat.
Untuk kembali membaca beberapa tulisan lama. Terisak. Mengingat apa yang ditulis, dan apa yang dilakukan. Sudahkah tulisan ini bukan sekedar tulisan?

Ijinkan Aku Bertanya

September 04, 2013 1 Comments
-selasar TU IF, labtek V lt.2-

-muhasabah diri-

Bismillah...

buku-buku kemuslimahan rasanya sudah tak berdampak lagi semenjak hampir lulus SMA kemudian di perguruan tinggi.. dulunya mana mau foto bareng ikhwan, boncengan, duduk sebelahan, de el el.. meski masih suka chattingan dgn banyak org.
ternyata jauh lebih parah godaan ikhtilath di kampus, organisasi sana sini sedangkan kondisi hati menjadi & masih begitu labilnya.. Semoga ada yang terus mengingatkan


-'Kharisma Arby'-

Tuesday, September 3, 2013

Story of Gaze : Teruslah Menulis!

September 03, 2013 0 Comments
Bismillah...

kubaca sebuah  tulisan.... the story of gaze..
▬ ▬ ▬ ▬ Story of Gaze? ▬ ▬ ▬ ▬

“There was a companion of ours
in Glasgow who became ill and
was hospitalized. He was...
admitted for three days and on
the fourth day the attendant
nurse said, “Marry me”.

He [the brother in Glasgow]
asked, “Why? I am a Muslim, you
and I cannot become
companions.”

She said, “I’ll become Muslim”.
“What’s the reason?” it was
asked.

She said, “In all my time that I
have served in hospitals, except
you, I have never seen a man
lower his gaze in front of a
woman. In my life you are the first
person who lowers his gaze
when seeing a woman. I come,
and you close your eyes. Such
great modesty can be taught by
none other than a true religion.”

The protection of one’s gaze
entered Islam in her. She testified
to the Oneness of Allah and
became a Muslim. And they both got
married.
- diambil dari sini.

***

Tak ada yang tahu, mungkin ini "sekedar" menundukkan pandangan.
tak ada yang tahu... tapi Allah-lah yang menggerakkan hati seseorang, memberikannya cahaya hidayah, lewat laku-kita, lewat lisan-kita, lewat tulisan-kita...

teruslah memberi peringatan,
teruslah berlaku baik,
teruslah mengucapkan hal-hal baik,
teruslah menuliskan hal-hal baik..

kemudian niatkan semua untuk Allah. Kita tak pernah tahu,
tapi jikapun efeknya hanya untuk kita,.. kiranya itu cukup..


Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. -QS An Nisaa ayat 40
Allahua'lam bishowab.

***

*berpesan untuk diri : ayo ingat2 QS An Nuur : 31. Lower your gaze. lower your gaze.

Rindu

September 03, 2013 0 Comments

Bismillah...
malam berlalu, tapi tak mampu kupenjamkan mata
dirundung rindu pada mereka
yang wajahnya mengingatkanku akan surga
wahai fajar
terbitlah segera,
agar sempat kukatakan pada mereka
'aku mencintaimu karena Allah'
-Umar ibn al khaththab
***

Sebuah pesan. Singkat. Padat. Membuat sejenak nafasku terhenti. Dan kemudian, setiap oksigen yang kuhirup detik itu.. mengingatkanku pada ia, si pengirim pesan.

Tuesday, August 27, 2013

Maaf, Tidak Kali Ini

August 27, 2013 0 Comments

Bismillah...

Dan satu demi satu ide menghampiri. Meminta waktu-ku untuk menuangkannya dalam barisan kalimat.

Tentang seorang ibu, dan lisannya yang tak lelah membaca al quran, meski masih terbata-bata.
Tentang syria, yang sedang terus digempur dengan senjata kimia
Tentang seorang rasionalisme, dan diri kita yang berkepribadian ganda
tentang......

***

Dan satu demi satu kata menghampiri. Menanti tuk dirangkai, siap membentuk paragraf-paragraf. Hm. Tapi sayangnya tidak kali ini.

Maaf.