Follow Me

Sunday, August 22, 2021

Mengantri Meminjam Buku di iPusnas

Bismillah.

Ada yang pernah ngantri pinjam buku di iPusnas juga? Gimana rasanya? Hehe. Berhasil pinjem kah? Buku apa kalau boleh tahu?

***


Aku pernah dua kali mengantri pinjam buku. Yang pertama ini, buku Seni Mencintai-nya Erich Fromm. Setelah sekian lama kelewat terus notifikasinya, karena memang gak dibunyiin juga sih, jadi liatnya pas lagi buka aja. Alhamdulillah berhasil pinjem.



Tapi... eh tapi, setelah lama ngantri, aku kurang manfaatin waktu bacanya. Harusnya kan ya, kalau pas dapet giliran baca, serius baca, fokus, mumpung dapet nih buku 'limited' yang ada di iPusnas. Tapi nyatanya, aku cuma baca 3x, lumayan sih 40 halaman. *ketahuan kan rata-rata sekali baca cuma berapa halaman hehe. Bukunya mulai aku baca tanggal 14 Juni, trus besoknya 15 Juni aku baca lagi, dan yang terakhir tanggal 18 Juni. Aku sebenernya bahkan gak nyatet lama waktu peminjamannya berapa hari. Padahal ngantrinya udah lama, tapi setelah baca, aku kehilangan minat.

Kenapa hilang minat? Karena gitu deh.. setelah baca 40 halaman, aku ngerasa buku-nya nggak worth the wait, eits, ini pendapat subjektif ya. Mohon maaf kalau ada yang merasa tersinggung.

Jadi kan aku lagi suka, dan masih mau cari-cari buku tentang cinta tuh, tapi yang non fiksi ya. Setelah JCPP-nya Salim A Fillah, setelah Serial Cinta-nya Anis Matta, dan setelah Taman Orang-orang Jatuh Cinta-nya Ibnul Qayyim Al Jauziyah, aku udah punya frame sendiri tentang cinta kan ya. Trus pengen baca teori/opini dari buku barat. Tapi eh tapi, setelah baca 40 halaman, aku ngerasa gak cocok aja. Entah akunya yang gak open mind atau gimana, tapi aku kaya hilang minat aja sih. Gak beneran penasaran. Daripada baca buku itu, pikirku, mending baca buku yang sifatnya praktikal, misal yang bahas cinta dari dari sudut psikologi. Ini masih wacana tapi ya, belum jadi prioritas. hehe.

Btw, gara-gara nulis ini, aku juga kepikiran buat bikin artikel tentang buku-buku non fiksi tentang cinta hehe. Tapi, agak males nulisnya haha. Lumayan sih sebenernya. Karena selain tiga yang udah kubaca di atas, aku ada tambahan 2 buku lagi. Buku #💓 Rules of Love-nya Esty Dyah Imaniar, sama yang terakhir yang belum lama beres aku baca, buku Cinta x Cinta = Cinta² -nya Sinta Yudisia. Harusnya bisa ya, semua yang udah aku baca itu, aku buat sedikit deskripsi tentang bukunya, trus aku bandingin, trus jadi deh artikel tentang 5 Buku Non Fiksi tentang Cinta yang Pernah Kubaca. Tapi... nulis artikel itu berat, *ngeles aja nih. Aku lebih suka nulis kaya gini aja, kaya story telling, kaya curhat, kaya ngobrol sama teman imaji.

***

Mari akhiri saja, sebelum ngelantur. Pernah ngantri meminjam buku di iPusnas? Kalau belum pernah, coba deh, lumayan juga soalnya, meski nunggu, tapi setelah bisa dapet, rasanya excited gitu.

Trus ya.. aku pernah diajarin trik sih, gimana caranya bisa pinjem ulang tanpa ngantri lagi kalau misal udah dapet sekali tapi belum beres dibaca meski waktu pinjamnya udah habis. Mau tau? Ternyata mirip sama kaya perpus offline aja. Kalau kita pinjem buku, trus biar gak ngantri, ya pas balikin minta perpanjang aja. Gitu juga di iPusnas. jadi sebelum bukunya 'diambil' karena waktu pinjammu udah habis. Segera aja balikin, trus segera pinjem lagi. *tapi trik ini jangan dilakuin kalau gak niat dibaca ya. Kan kasihan user lain yang mau pinjem. Terutama buku yang banyak antriannya, kalau misal pas dapet, segera baca dan rampungkan.

Atau kalaupun kamu gak suka mengantri pinjam buku, kaya aku, coba sesekali iseng searching keyword yang kamu tertarik. Beneran deh, di ipusnas banyak banget buku menarik dan bagus, yang gak perlu ngantri. Ada lebih banyak buku yang bisa dibaca, dibandingkan buku yang harus mengantri untuk membacanya.

Jadi kesimpulannya, semangat baca semua~ start your first page, and enjoy the read^^

2 comments:

  1. pengen cobain pinjem dari ipusnas, belum terlaksana juga
    jadi selama ini cuman mengandalkan gramedia digital, dan itupun list yang belum kebaca buanyak bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai ipusnas karena gratis hehe. tapi kalau udah ada gramed digital mending manfaatin yang udah ada aja sih.

      tapi baca di gadget itu memang tantangan banget sih hehe. sebentar kena distraksi.

      Delete

ditunggu komentarnya