Follow Me

Friday, March 23, 2012

Diam Sejenak

Bismillah..

-muhasabah diri-



Selalu ada saja hal yang membuat kita mengeluh. Padahal kalau saja kita mau diam sejenak sebelum keluhan demi keluhan meluncur. Diam sejenak. Kemudian memutar otak, atau menghirup udara dalam-dalam. Mungkin bukan hela nafas berat yang akan keluar. Bukan. Tapi sebuah ketakjuban, sebuah pemikiran logis.

Takjub. Bahwa sebenarnya.. ada banyak! Ada jauh lebih banyak nikmat yang belum kita syukuri, ketimbang hal sepele yang hendak kita keluhkan. Dan kita pun sadar diri. Malu, untuk melanjutkan niat untuk mengeluh.

Atau, kalaupun kita lupa untuk takjub. Diam tadi, membuat kita berpikir logis. Berpikir bahwa keluhan kita tak akan selesaikan apapun. Tak akan ringankan beban yang dirasa menghimpit dada. Yang ada, kita justru membuat orang yang mendengar keluh kita ikut merasakan aura negatif yang kita buat. Yang ada.. hanya diri kita yang semakin kufur akan nikmat Allah.

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar Rahman)

Masih ingin mengeluh? Diam lah sejenak. Kunci rapat-rapat mulutmu. Kau boleh mengeluh, berbagi resah dan gelisahmu.. tapi bukan pada manusia. Bukan pada makhlukNya. Tapi pada Allah. Jadi bersegeralah ambil wudhu dan menemuiNya. :) Ia sedang menunggumu.

"Sebaik-baiknya ujian.. adalah ujian yang membuatmu semakin dekat denganNya"
Wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya