Follow Me

Tuesday, December 27, 2011

Sholat Tepat Waktu


Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.. kawan! Apa kabar nih? Gimana sholat kalian? Nggak bolong-bolong kan… Perlu kalian tau, salah satu hal yang menyebabkan kita meninggalkan sholat yaitu karena kita nggak sholat tepat waktu. Mengulur-ulur waktu, sampai akhirnya kita lupa dan meninggalkan sholat. Aduuuh.. nggak banget de..

Sholat tepat waktu memang bukan perkara yang mudah lho. Ada aja halangan yang membuat kita menunda sholat. Sibuklah.. tanggunglah.. dan beribu alasan lain. Nah, ada sedikit tips nih untuk kalian! Semoga aja bisa Bantu kalian untuk sholat tepat waktu. Check this out!
Niat
Satu kata yang harus kita tanam dalam hati tiap kali kita akan melakukan sesuatu. Dalam islam, hampir semua ibadah di dalam rukunnya terdapat niat. Kenapa? Karena niat sangat berpengaruh pada sesuatu yang akan kita lakukan. Dengan niat, insya Allah sesuatu yang akan kita lakukan dapat terlaksana dengan baik. Jadi… detik ini juga, berniatlah untuk sholat tepat waktu lillahi ta’ala.
Jangan Jauh dari Masjid atau Mushola
kalimat diatas jangan disalah artikan ya… Maksud kalimat diatas, bukankah akan memudahkan kita jika selalu berada di dekat masjid / mushola. Coz, dengan begitu kita bisa mendengar suara adzan dengan jelas. Selain itu, kita juga tidak perlu susah-susah cari tempat sholat. So, nggak ada lagi alasan menunda sholat karena susah mencari tempat sholat.
Gunakan Alarm
Kalau adzan yang merupakan pengingat sholat sejak zaman Nabi Muhammad SAW masih belum bisa membuat kamu sholat tepat waktu. Gunakanlah teknologi untuk mengingatkanmu waktu sholat. Yup, apalagi kalau bukan alarm. Pasang alarm di handphone kamu di waktu-waktu sholat. Eits.. tapi, kalau alarm sudah berbunyi.. jangan cuma dimatiin lalu ngelanjutin aktivitas kamu. Turn it off and STOP all your activity, segeralah ambil air wudhu!
Bergaul dengan Orang-orang Sholeh dan Sholehah
Dengan berteman dengan orang-orang yang tau agama, otomatis akan membuat memudahkan kita sholat tepat waktu. Kok bisa? Jelas bisa… coz mereka akan mengingatkan dan mengajak untuk sholat tepat waktu. Nggak cuma sholat tepat waktu, kamu juga bisa sholat berjamaah dengan mereka. Percaya nggak percaya, bergaul dengan teman-teman yang kurang sholeh bisa membuat kita ikutan malas sholat tepat waktu. Coba deh, kamu ingat-ingat.. pernahkah kamu merasa seperti itu? Tapi, kita tetap nggak boleh pilah-pilih teman. Kalau kamu bisa, kenapa nggak kamu ajak mereka untuk sholat tepat waktu? Sesama muslim harus saling mengingatkan lho..

That’s all.. tips untuk sholat tepat waktu. Next, tinggal kamu yang menentukan wheter you’ll do it or not. Mulailah dari saat ini juga.. gunakan kesempatan yang ada! Contohnya sholat dhuhur berjamaah di Masjid Ulul Albab tercinta. Jangan sia-siakan waktu yang diberikan sekolah pada istirahat kedua. Masih merasa susah untuk sholat tepat waktu? Ingatlah satu hal, difficult things can be easy when you try to learn it and learn to do it. SEMANGAT!

(* sebuah artikel yang dibuat untuk mengisi buletin Ulul Albab SMA 1 Purwokerto *)

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya