Follow Me

Friday, December 23, 2011

Tiga Kata Ajaib

Mungkin belum ada yang pernah mendengar lagu anak-anak ini. Tapi tak ada salahnya kita membahas pesan dari sebuah lagu anak-anak yang manis, simpel tapi mengena. Mengingatkan kita akan tiga kata ajaib yang sekarang ini sering terlupa tuk diucapkan. Begini sepenggal liriknya,


Ada tiga kata yang sangat ajaib..
Yang dapat mengubah hidup kita..
Caranya mudah coba dengarkanlah dan, ikuti aku...!

Yang pertama, katakan tolong setiap kau minta bantuan..
Yang kedua, terima kasih jika ada yang datang membantu
Lalu ketiga, ucapkanlah maaf bila ada hati yang kau sakiti

Katakan semua setulus hati, dan keajaiban akan terjadi!




Tolong, terima kasih dan maaf ketiga kata yang disebut ajaib di lagu tersebut, bukanlah kata-kata yang asing di telinga kita. Kita semua sudah mengenal ketiga kata tersebut dari kecil, orang tua kita yang mengenalkan. Ya, ada banyak sekali kebiasaan baik yang sudah diajarkan orang tua kepada kita, sayang sekali beberapa diantaranya terlupakan, salah satunya 3 kata ajaib di atas.

Tolong
Betapa menyenangkan, dan takkan terasa berat jika orang yang meminta bantuan mengucapkan “tolong” pada kita. Ada rasa indah di sini, inilah seninya tolong menolong. Cuma dengan sebuah kata, maka hilang sudah kesan menyuruh. Tak perlu malu, tak perlu sungkan, mengucapkan kata tolong setiap kita meminta bantuan bukanlah sesuatu yang hina. Dengan mengucapkan kata tolong, orang yang dimintai bantuan akan merasa dihormati, dan insya Allah ia akan ikhlas membantu kita.

Tapi jangan lupa satu hal ya..

“……Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”
Al Maidah (5) : 2 


Terima kasih
Dan ketika bantuan itu sudah datang, ucapkanlah terima kasih pada sang pemberi bantuan. Dan tidak lupa pula pada Allah swt. yang mendatangkan bantuan melalui orang tersebut. Tolong menolong, adalah satu hal yang bisa mempererat ukhuwah islamiyah kita, dan yang memperindah adalah kata tolong dan terima kasih.
Bisa jadi, bantuannya tak seberapa.. tapi dengan kata terima kasih, sang pemberi bantuan akan merasa dihargai. Dan pastinya dengan senang hati ia akan membantumu lagi bila kau butuh bantuan. J

Maaf
Tutur kata dan tingkah laku kita boleh jadi menggores luka di hati orang lain. Dan kata maaf bisa jadi obat dari luka tersebut. Memang tidak semua hati yang tersakiti bisa sembuh total dengan sebuah kata maaf. Setidaknya, kata maaf adalah pertolongan pertama untuk luka tersebut. Obat lebih lanjut adalah menunjukkan rasa penyesalan dan tidak mengulang kesalahan yang kita perbuat.

Minta maaflah atas segala kesalahan yang mungkin menyakiti hati orang lain, baik itu kesalahan yang besar maupun yang kecil. Yang agak susah nih, biasanya orang yang sedang berantem. Biasanya gengsi yang mencuat tinggi hingga tak ada satu yang mau mengalah untuk mengucap kata maaf lebih dulu. Mengakui kesalahan yang kita perbuat tak berarti kita kalah. Bahkan, seseorang belum bisa disebut hebat kalau ia belum bisa mengakui kesalahannya. Kenapa? Karena ia belum bisa mengalahkan egonya. Hayoo.. yang lagi berantem sama temen, buru-buru dah minta maaf, inget marah kepada sesama muslim ada batasnya lho, 3 hari. Cuma 3 hari, jangan sampai lebih ya.

Alangkah indahnya kalau ketiga kata ajaib diatas kembali menghias hari-hari kita. Kebiasaan baik yang dulu diajarkan orang tua pada kita yang sering terlupa, padahal banyak memberi kita manfaat. Ayo! Lestarikan lagi kebiasaan baik yang hampir terlupakan, bingkai habluminannas kita dengan 3 kata ajaib diatas, dan lihatlah.. keajaiban akan terjadi.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya