Follow Me

Friday, December 23, 2011

Menuai Berkah dengan Basmallah



Bismillah Ya Rahman Ya Rahim..
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Lafal basmalah di atas merupakan kata yang sering jumpai. Lafal bismillah biasanya diucapkan, untuk memulai suatu kegiatan. “Kita buka acara ini dengan membaca basmalah bersama-sama”, pasti tak asing lagi kan?
Bukan hanya dalam acara-acara resmi, atau pengajian yang harus kita awali dengan basmalah. Seharusnya, tiap apa yang kita lakukan harus dimulai dengan bismillah. Mengapa..? Karena mengawali aktivitas dengan bismillah bisa bermakna kita melakukan aktivitas tersebut dengan nama Allah, lillahi ta’ala.

"Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam." (Al An’am: 162)

Ada banyak banget manfaat atawa hikmah yang bisa kita dapetin dari kebiasaan mengawali dengan basmalah. Apa aja sii? Pernah denger lagunya opick yang judulnya Bismillah? Liriknya gini nih..

Bismillah Ya Rahman Ya Rahiim
Bismillah mula-mula, bismillah yang mengawali
Bismillah akan membuatmu bahagia
Dengan Bismillah hati kan terjaga
Lalu keberkahan menaungi kita

Bismillah dan melangkah, bismillah lalu bekerja
Bismillah di dalam hati ku tenang..
Karena semua adalah milikNya
Bahkan nafas adalah kemurahanNya
Bismillah Ya Rahman Ya Rahiim

Kalau dari lagunya opick, kita bisa liat ada 4 hikmah jika kita mengawali segala sesuatu dengan bismillah.
  1. Membuatmu bahagia
Mengawali bismillah pada tiap aktivitas kita akan membuat kita bahagia. Percaya nggak? Coba aja deh.. mulai detik ini mulailah segala hal dengan menyebut namaNya. Dijamin hari-harimu akan lebih bahagia. Mengapa? Karena Allah bersamaMu, kamu sudah memulai segalanya dengan menyebut namaNya. Maka bukan hal yang mustahil Dia akan menyemai benih bahagia di hari-harimu. Eiitss.. tapi bukan berarti dengan bismillah, hal yang buruk jadi bernilai baik lho. Misalnya nih, kamu mau nyontek mbaca bismillah dulu.. waduh-waduh, nggak mungkin kan Allah senang dengan perbuatanmu itu. Hehehe J

2. Hati kan terjaga
Ketika kita memulai dengan bismillah, maka hati kita akan terjaga dari hasrat ingin melakukan hal yang tidak baik. Dengan bismillah, otomatis kita akan mengingat Allah, dan dengan mengingat Allah.. kita akan selalu merasa diawasi. Perasaan sedang diawasi oleh Sang Maha Melihat inilah yang akan mencegah kita untuk berbuat hal-hal yang tidak baik, mencegah hati tuk berburuk sangka, pokoknya hati kita kan terjaga deh! J

3. Keberkahan menaungi kita
Ketika kita sudah menyebut namaNya untuk memulai semua, maka aktivitas yang akan kita lakukan insya Allah akan diridhoi oleh Allah dan dinilai sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah. Dan saat aktivitas tersebut diridhoi oleh Allah, itu berarti Allah akan memberikan keberkahannya pada kita. Ya, percayalah.. dengan melafal basmalah memulai semua, maka lihatlah.. keberkahan menaungi kita.

4. Hati ku tenang
As i said before, dengan menyebut nama Allah.. maka kita akan mengingatNya, dan dengan mengingatNya hatipun menjadi tenang. Seperti dalam firmanNya,

 "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram." (Ar Ra’d : 28)

Waah... ternyata banyak ya hikmah yang bisa kita dapatkan kalau saja kita memulai semua dengan menyebut namaNya. Jadi tunggu apa lagi? Ayoo.. mulailah semua dengan bismillah. Memang bukan hal yang mudah siih membiasakan diri mengawali semua dengan basmalah. Tapii.. kalau kita mau mencoba, pasti bisa kok. Okay? Kuatkan tekadmu, dan Bismillahirrahmanirrahim.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya