Follow Me

Saturday, December 24, 2011

Diam! Jangan Mengeluh Lagi!


Mengeluh? Lagi? Apa kau tidak bosan.. pada tiap keluh yang kau lontarkan?

Hem.. cobalah sejanak tahan lisanmu. Diamlah sejenak tiap kali kau ingin mengeluhkan sesuatu, apapun itu.  Diam lah sejenak, barang sedetik.. untuk sekedar menyadarkanmu.. sekedar mengetuk kembali hati dan otakmu.

Coba sejanak diam dan resapi, daripada keluh itu kau lontarkan, alangkah lebih baik kau pikirkan bagaimana mensyukuri nikmat Allah yang luasnya melebihi langit dan bumi. Apa yang hendak kau keluhkan tak seberapa jika dibandingkan nikmat dariNya. Masihkah kau mau mengeluh?

Coba sejenak diam dan biarkan otakmu berpikir jernih, apakah keluh yang hendak kau lontarkan dengan lisanmu lantas mengubah keadaan? Lantas menjadikannya lebih baik? TIDAK! Sungguh, kau tahu itu.. keluhanmu justru memperburuk keadaan. Ada banyak hal yang bisa kau lakukan, ketimbang mengeluh dan terus mengeluh.

Apakah himpitan ini yang membuatmu mengeluh? Atau kau saja.. yang kurang bisa maknai situasi dan kondisi sebagai sebuah nikmat darinya?

Percuma, kau keluhkan ini itu pada semua.. kalaupun mereka mendengar, kau hanya membuat mereka ikut dalam aura gelapmu.

Mulai sekarang, bisakah kau ganti keluhmu dengan diam? Diam, berpikir sejenak. Atau cepat-cepatlah istighfar kala keluh terlanjur kau lempar..

Benar-benar ingin mengeluh? Jangan kepada manusia! Luangkan waktumu untuk berkhalwat dengan Sang Khaliq, yang Maha Mendengar.. kalau perlu menangislah! Agar hatimu tak batu.

(*teruntuk diriku yang belakangan ini seringkali mengeluh*)

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya