Follow Me

Wednesday, November 10, 2021

Ada yang Bisa Dibantu? (2)

Bismillah.

*warning* curcol

Malam ini, sejujurnya aku hanya ingin menjalankan tugas yang seharusnya kukerjakan. Kuabaikan perasaan ingin pergi dan meninggalkan amanah. Kuabaikan perasaan minderku saat bertemu wajah-wajah shalihah lain yang kukira lebih pantas memegang "buku tugas". Aku, hanya ingin menjalankan tanggung jawabku, meski sebenarnya kondisi diri tidak benar-benar sudah membaik.

Lalu pesan itu masuk, dan aku meleleh. Padahal mungkin ia hanya bertanya formalitas. Entahlah. Tapi di kepalaku, aku mengira ia sudah tahu keluhanku, atau keinginan untuk mundur dan rasa minder yang melingkupi. Maka saat pertanyaan itu hadir, beberapa perasaan tercampur hingga menaikkan kedua ujung bibirku.

kaak, ada yg bisa kubantu kaah?

She ask casually, and this time, I answer it. Berbeda dengan pertanyaan senada di bulan Mei 2017 yang kujawab dengan diam/gelengan. Kali ini aku jawab, aku minta didoakan.

Saat itu, selain rasa senang karena satu pertanyaan sederhana, yang pas banget untuk kondisiku yang seringkali tidak tahu cara meminta bantuan. Sebenarnya ada juga perasaan pahit. Aku berkaca, bahwa masalahnya bukan di luar. Kalau masalahnya di luar, aku akan dengan mudah menjawab dan meminta bantuannya. Tapi... the problem is within me. If there's something that should be fix, that would be me. Jadi yang bisa kuminta hanya doa. Bukan orang lain yang bisa memperbaiki diriku. Tapi aku, ya aku yang harus lebih banyak bekerja. Aku, aku yang harus lebih sering menyucikan diri. Aku, aku yang harus bertaubat dari dosa-dosaku.

***

Terakhir, kamu bell, saat tahu rasanya ditanya begitu. Coba kamu sesekali bertanya begitu pada orang disekitar. Berhenti memikirkan diri sendiri. You think your problem is big, cause you see it right in front of your face. But if you take another perspective, another point of view. You will know how small it is. Jangan mengerdil di depan masalah. Kamu cuma boleh mengerdil dan menjadi hina di hadapan-Nya.


Last, yang ini beneran terakhir, untuk pembaca, "Ada yang bisa kubantu?"


Wallahua'lam/

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya