Follow Me

Wednesday, September 12, 2012

TPB STEI - Tahap Paling Bahagia STEI ITB


Bismillah..
I'm going to tell a little lot about TPB STEI, tahap paling bahagia di STEI :)

***
Masa Tahap Persiapan Bersama atau yang lebih sering disingkat menjadi TPB merupakan masa unik. Unik, karena tidak setiap mahasiswa baru di Indonesia merasakannya.

Seperti kata penyusunnya, TPB bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru sebelum memasuki jenjang program studi. Ngapain aja sih, di TPB?

Belajar Kalkifi (Kalkulus, Kimia, Fisika)  


“Kalkifi di TPB itu, kaya SMA kelas 13”, pernah denger kalimat yang senada dengan ini? Dulu, kata-kata tadi sering saya dengar dari senior. Sekilas memang benar, kebanyakan materi yang di ajarkan di kalkifi TPB pernah kita temui di SMA. Namun, di TPB.. materinya dibahas lebih mendalam dan kompleks. 

Di ITB sendiri, ada dua jenis kalkifi : A dan B. Bedanya apa? Kalo yang A katanya “lebih kompleks alias sulit”, kalo B “lebih sering pake bahasa inggris”. Dan beruntunglah di STEI, kalian akan ketemu kalkulus, fisika dan kimia A. 

Untuk tiga matakuliah di atas, kita harus hati-hati (jangan mengecilkan). Karena seringkali mahasiswa baru dibuat syok, mendapati nilai kalkifi mereka. Apalagi, nilai ini tidak hanya dilihat kita, tapi juga dilihat satu ITB (baca: nilai di pajang di mading prodi terkait). Nggak mau malu? Rajin-rajin belajar ya!

Belajar KU 

Selain, kalkifi. Ada juga kuliah umum yang harus kita pelajari. Yang termasuk KU ada TTKI (Tata Tulis Karya Ilmiah), Bahasa Inggris (CR - reading, WR - writing, PR - presentation), SAS (Sistem Alam Semesta) dan KPIP (Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan).

Belajar Mata Kuliah Khas Fakultas/Sekolah 

Yang satu ini juga termasuk KU. Tapi matakuliahnya tergantung fakultas dan sekolah. Untuk STEI, kalian akan ketemu PTI A (Pengantar Teknologi Informasi A) dan DRE (Dasar Rangkaian Elektrik).

Berolahraga 

Masih termasuk kelompok KU. Olahraga, kuliah wajib bagi TPB. Bingung nggak waktu tahu di ITB ada kuliah olahraga? Berasa di SMA ya? Hehe J Iya, ITB menganggap olahraga adalah matakuliah yang harus ada untuk mahasiswa. Kan percuma punya mahasiswa pintar tapi sakit-sakitan.


Mengenal Prodi Lebih Dekat 

ITB tahu, anak SMA itu.. belum bisa kalau tiba-tiba langsung disuruh milih program studi. Bukannya kenapa-napa, pasalnya siswa SMA yang baru lulus biasanya hanya mengetahui sedikit sekali informasi tentang program studi yang ada. Mereka sulit membedakan program studi yang bidangnya mirip atau beririsan. Nah, TPB menyediakan waktu untuk kalian mengenal lebih jauh tentang program studi di fakultas/sekolah kalian. Untuk STEI, ada lima prodi yang bisa kamu ajak kenalan : EL (Teknik Elektro), IF (Teknik Informatika), ET (Teknik Telekomunikasi), EP (Teknik Tenaga Listrik), STI (Sistem Teknologi Informasi).

Others

Selain dunia akademik di atas, TPB juga sebuah momen yang tepat untuk mengikuti sebanyak-banyaknya kegiatan non akademik seperti unit dan kepanitiaan. Mumpung masih TPB, gunakan kesempatan ini untuk aktif di unit dan di kepanitiaan. Jangan sampai di TPB, kamu hanya berteman dengan Brady, Halliday dan Purcell.

Selamat menikmati Tahap Persiapan Bersama :) Jangan lupa nutrisi hati dengan ibadah, dan mengikuti kegiatan keislaman macam MSTEI ini..

Wallahu a'lam

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya