Follow Me

Monday, September 3, 2012

Pengmas ASCII : Bukan Sekedar Tugas Osjur


"Ini bukan sekedar kita memberi pelatihan, dan mereka mendapat pelatihan. Tapi ini tentang kita dan mereka, serta keterikatan yang terbentuk, semacam rasa saling tarik menarik." kurang lebih begitu ucapan salah seorang massa HMIF yang hadir dalam acara pengmas angkatan kami, ASCII (IF dan STI 2011).

***

Awalnya hanya sekedar tugas. Melalui berbagai tahap audiensi. Dan dari hasil tahap demi tahap itu, lahir-lah PRIMA (Pelatihan Komputer dan Internet Untuk Masyarakat).


Hari itu, aku baru bisa hadir ke Gor Angsa Putih (Cisitu - Bandung) pukul satu lebih beberapa menit. Terlambat. But it's all better than never, begitu yakinku pada diri saat melangkah masuk ke GOR.

Terlihat belasan anak kecil duduk rapi di depan laptop ditemani satu atau dua orang mentor. Mereka hikmat mlihat slide dan mendengarkan penjelasan dari pemapar materi inti. Sesekali melihat ke laptop, dan mencoba mempraktikkan apa yang sudah di jelaskan.

***

Pengabdian Masyarakat bukanlah tentang kita memberikan sesuatu kepada masyarakat lalu pergi. Bukan, bukan tentang itu.

Ini tentang melatih syaraf-syaraf nurani. Agar hati ini peka terhadap keadaan masyarakat.

"semoga dengan kegiatan ini, perasaan seperti itu bisa tertanam hingga kita lulus nanti," kakak massa HMIF mengungkapkan harapannya. Lirih ku-amin-i doa tadi.

***

Dan senang saja rasanya, saat membaca kalimat di atas. Still, there's somebody.. yang tak sekedar mengejar pengmas untuk segera mendapatkan acara akhir osjur.

Semangat ASCII~ meski tanpa kya *hehe
Like I said before, aku mungkin sekedar seseorang yang kalian rasa 'kalah' di akhir. Karena terlihat jelas jarak ini melebar. Like I said before, aku mungkin hanya 'pemberat' langkah di akhir. Karena terlihat jelas jumlah ketidakhadiran dan kehadiranku yang begitu timpang.

***

^^Maaf jika terlampau random.
After all, pengmas kemarin bukanlah sekedar pemenuh tugas kita. :) Hanya sebuah langkah awal, untuk mengasah kepekaan hati, pada lingkungan dan masyarakat sekitar.


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya