Follow Me

Thursday, January 19, 2012

Berbagi Tanpa Dana, Bisa?

Bismillah..



Berbagi, artinya membiarkan orang lain ikut merasakan yang pernah kita rasakan. Misalnya kita punya cemilan nih, kita pengen yang lain juga ngerasain enaknya cemilan yang kita punya. Maka kita membaginya. Itulah berbagi.

Berbagi adalah hal yang identik dengan uang atau materi. Iya nggak sih? (jangan bilang enggak?). Yah, asumsikan saja begitu.. Ingin berbagi tapi nggak punya banyak uang? Nih, ada sedikit tips.

Tanpa uang, kita masih bisa berbagi kok..

Berbagi Ilmu atau Kepintaran

Yup. Kalau berbagi yang satu ini memang tidak memerlukan dana yang banyak. Modalnya hanya otak, mulut, dan kemauan kita untuk berbagi. Punya keahlian atau kepintaran di suatu bidang, ayo bagikan! :) Berbagi ilmu dan kepintaran tak akan mengurangi milik kita, justru tanpa kita sadari ilmu kita akan bertambah karena berbagi. Percaya nggak? Karena ketika berbagi, sebenarnya kita sedang belajar lagi.. learning by doing, learning by teaching..


Berbagi Keceriaan


Cukup dengan sebuah senyum, kamu bisa berbagi keceriaan kepada semua orang. Orang yang lagi suntuk di sekitarmu pun, insya Allah akan membalas senyummu. Senyumnya diusahakan dari hati ya.. jadi kalaupun kau temui seseorang yang tetap "nyebelin" meskipun kamu udah senyum, kamu tidak lantas menjadi ikutan sebel.

Selain lewat senyum, berbagi keceriaan juga bisa dilakukan dengan cara menghibur teman yang sedang sedih. Menyemangati teman yang sedang putus asa. Inti dari berbagi keceriaan adalah let the world around you feel your happiness. Agar sekalipun hujan deras mengguyur kotamu, atau teriknya matahari menyengat kotamu.. kamu dan orang-orang di sekitarmu masih bisa tersenyum dan mensyukuri cuaca hari ini.

Berbagi Tips atau Nasihat


Punya tips jitu tentang sesuatu? Jangan di simpan sendiri! Bagikan! Percaya deh, pasti menyenangkan rasanya mendapat tips baru dari temen. Dan insya Allah, seperti itu juga yang akan dirasakan temanmu kalau kamu mau berbagi tips yang kamu punya. But still.. bagi-bagi tipsnya dalam hal kebaikan ya, jangan bagi-bagi tips nyontek, hehe :). Itu mah, bukannya nolong, tapi menjerumuskan.

Selain tips. Kamu juga bisa berbagi nasihat untuk temen-temen kamu yang punya masalah tapi nggak tau gimana nyelesaiinnya. Berbagi nasihat pada teman yang mungkin sedang menelikung, tidak lagi berjalan di jalan yang seharusnya (baca : temen yang melakukan kesalahan atau kekhilafan). Jangan takut dibilang sok bijak, sok dewasa, dan sok-sok lainnya. Asalkan niatmu tulus, dan cara menyampaikannya baik. Nanti temanmu akan menyadarinya kok, walau mungkin tidak langsung saat itu juga. Rasulullah saw juga memerintahkan kita untuk saling menasihati. Lumayan kan.. sunnah, dapet pahala tuh. :)

See? Kita bisa kan, berbagi tanpa mengeluarkan doku. Jadi, tunggu apa lagi. Jangan pikir dua kali untuk berbagi. Mari berbagi!

Wallahu'alam..

NB : tips ini aku ambil dari artikel ku waktu SMA. Mungkin isinya tak seberapa, tapi kupikir ketika aku berniat untuk berbagi.. sedikit itu lebih baik dari pada tidak sama sekali.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya