Follow Me

Wednesday, January 18, 2012

Facebook. Sebuah Muhasabah Diri.

Facebook. Twitter. Y! messenger. Apalagi? Sebut saja semua jejaring sosial yang sedang digandrungi remaja sekarang. (i included one of them). Berapa jam kita menghabiskan waktu kita untuk itu? Ya. Aku terkesiap dan tersentak membaca sebuah tulisan singkat dan padat :
WHICH BOOK DO YOU GIVE MORE TIME?
lalu dua buah gambar disandingkan, facebook kah? atau al qur'an?

Ada sesuatu yang mengetuk hatiku. Lebih tepatnya menggedor hatiku. Ingin menangis rasanya. Mengingat selama ini, aku belum bisa memanage waktuku dengan baik. Lebih-lebih, merasa bersalah karena lebih sering meluangkan waktu untuk buku yang satu itu ketimbang Al Qur'an yang demi Allah lebih mulia kedudukannya, yang demi Allah lebih banyak memberi manfaat.

Do you feel the things that I feel? Perasaan bersalah ini mengundang pertanyaan-pertanyaan lain yang tak mudah di jawab olehku.
- bisakah setidaknya kuseimbangkan waktu ku untuk kedua buku di atas?
- bisakah sesering kubuka akun facebook/twitter ku, sesering itu pula ku baca ayat-ayatNya?
- kalaupun bisa.. bisakah? aku membaca Al Qur'an sepenuh hati? Seperti saat aku asik ber-jejaringsosial-ria hingga tak mau di ganggu
- bisakah aku, lebih banyak mengambil manfaat daripada mudhorot dari jejaring sosial yang aku ikuti?

Sanggupkah? Bisakah?
Jujur, pertanyaan di atas membuatku berpikir untuk menutup akun facebook-ku saja. Atau setidaknya, membukanya hanya di saat-saat mendesak. Dan aku yakin, akan ada sebagian orang tidak setuju dengan pendapatku. Mungkin bagi mereka, aku terlalu berlebihan.

Perlu diketahui, sebagian diriku juga berkata demikian. "Tapi kan," begitu sanggahnya. Bukankah segala sesuatu memang memiliki sisi positif dan negatif. You can't only see from one side. Jika kau bisa memaksimalkan sisi positifnya, kenapa tidak? Bukankah dengan facebook, kau bisa :
-mendapatkan banyak informasi
-menjalin komunikasi yang lebih baik
-mengeratkan tali silaturahim
-membaca note-note atau status-status yang bagus
-amal ma'ruf nahi mungkar
-berbagi ilmu
-dan masih banyak hal positif lain yang bisa kau lakukan.

Justru itu masalahnya! I'm not sure, I do. Well, setidaknya untuk saat ini dan nanti.. saat aku merasa sudah bisa melebihkan waktu ku untuk al qur'an. Aku ingin rehat sejenak dari facebook. Akan lebih jarang log in, ketimbang sebelumnya. Bismillah. Semoga ini mempermudah jalanku menggapai salah satu mimpiku. Semoga. :)

Which book do you give more time ?

















#Segala Puji Hanya UntukMu Ya Allah.. Alhamdulillah :) Untuk teguranMu. Bantu aku Ya Rabb..
#Terimakasih. Untuk ia, yang lewatnya.. aku membaca pertanyaan tadi. hingga tersentak dan sadar.
#Maaf untuk semua teman dan kerabat. I'm not good in communication. Maka saat sms jarang ku balas, atau kubalas dengan rentang waktu yang keterlaluan. Dan ditambah lagi, facebook yang jarang ku buka. Tak ada maksud hati untuk memutus tali silaturahim. Sungguh tidak. I'm just not good at this.
#Mencoba aktif di blog. Karena di sini, I can do nothing but writing (my own blog) or reading (others's blog)

2 comments:

  1. wah seneng deh baca ini :)

    aku juga sering loh kak berpikir sama kaya kakak..pernah juga nonaktifin akun fb berkali-kali
    tapi emang bikin kecanduan sih

    oia btw gimana caranya sih kak bikin daftar isi kaya di blognya kak bella ? ajaring dong..hehe

    ReplyDelete
  2. bikin daftar isi ya? itu manual.. hehe :D cuma nulis judul trus di link ke tulisan.

    ReplyDelete

ditunggu komentarnya