Follow Me

Wednesday, February 14, 2018

Grup Komunitas Menulis Online

Bismillah.

from unsplash


Berawal dari Serdadu Aksara, lalu juga Enjoy Menulis Club yang kemudian pindah grup dan nama jadi Klub Menulis Kreatif. Dari sana, saya dapat info grup telegram dan facebook baru, yang akan diisi materi kepenulisan oleh 8 mentor. Saya langsung gabung, alhamdulillah banyak manfaat. Materi pertama dari Zulfadhli Ashari tentang Copywriting. Saya ga terlalu tertarik sih, tapi seneng baca materinya, jadi tahu, kalau yang menulis copywriting itu perlu belajar banyak hal tentang produk/jasa yang mau ditawarkan, termasuk menganalisis calon pembeli, buat database, biar tahu karakter tiap pembeli. Panjang deh hehe.

Oh ya, yang mau gabung grup telegram bisa klik link bit.ly/tele8pm. Yang mau dapet broadcast materinya saja, satu arah, bisa klik link t.me/channel8pm.

***

Malam ini, ada materi kedua. Grupnya sebenarnya lumayan sepi, mungkin orang-orang pada sibuk hehe. Pas ditanya, materi apa yang diinginkan, saya memberanikan diri bersuara, ingin materi tips dan serba serbi menulis draft buku pertama (butuh soalnya hehe, jadi belajar biar ga silent reader saja).

Materi kedua diisi oleh Rezky Firmansyah, berjudul "Tips Menulis Buku yang Gue Banget". Saya tidak berniat membuat resume materinya, hehe. Jadi kalau yang penasaran, bisa gabung saja ke grup atau channel telegramnya. Saya cuma ingin menulis beberapa hal yang mengena di hati, dan membuat jemari saya gemas ingin menulis dan promosi di blog ini.

Kapan Mulai Aksi Nyatanya?

Bagian awal materi, udah disentil hehe. Ini kutipannya,
Kalau ada yang bertanya, "Gimana sih cara menulis buku?". Saya enggan menjawab pertanyaan ini berulang-ulang....
...Bukan kenapa-kenapa. Karena kalau Anda masih berkutat di pertanyaan itu, kapan mulai aksi nyatanya?
- Rezky Firmansyah
Tidak cuma di situ, saya juga diingatkan lagi, bahwa draft yang ga maju-maju itu, jawabannya karena saya banyak menulis di tempat lain dan sibuk melakukan hal-hal lain.
Begini. Rumus menulis itu, ya menulis aja. Jangan banyak tanya. Menulis itu pekerjaan tangan dan hati, bukan pekerjaan mulut yang jadinya banyak tanya. Paham ya? - Rezky Firmansyah
Ehm. Perlu emang disindir kaya gitu diriku, biar segera sadar dan kembali pasang sabuk pengaman, tancap gas melanjutkan draft yang diabaikan lama. Berapa pekan coba diabaikan? Hahaha *ketawa pahit. Temennya senyum pahit.

@InsightKajian, Ide Baru, Modifikasi dari Ide Lama @AnakKajian

Ini bagian akhir dari materi. Jadi, di materi dibahas juga tentang kreatif. Kalau kreatif itu ga harus menciptakan hal yang benar-benar baru, kreatif itu kaya membuat suatu yang lama, tapi dengan tambahan yang baru. Bingung ya? Hehe. Tulisan saya memang sering membingungkan. Peace V

Rezky Firmansyah mencontohkan akun instagram @insightkajian yang terinspirasi dari @anakkajian. Kalau akun @anakkajian cuma membagikan jadwal kajian, insightkajian juga berbagi dokumentasi dan insight yang di dapat dari kajian. Insight, bukan cuma notulensi hehe. Dikemas dalam bahasa yang apik dan kekinian. Saya jadi tertarik untuk follow, dan baca beberapa postingannya. Beneran bagus dan kreatif~

***

Udah itu aja hehe. Hari ini, saya dapet hikmah, bahwa memilih bertahan di grup serdadu aksara, enjoy menulis club, klub menulis kreatif, meski cuma menjadi silent reader. akhirnya berbuah manis. Jadi tahu info grup telegram bersama 8 mentor. Lewat grup itu juga, Allah seolah menjawab doaku, yang butuh komunitas menulis online. Allah always answer my prayer, even though I often don't realize His way of answering my prayer. Aku saja yang sering tidak peka.

Alhamdulillah bini'matihi tatimushalihaat..

Allahua'lam.

***

PS :24.8.2018 sekarang grup 8pmnya ga aktif gatau kenapa. pada sibuk mungkin mentor2nya hehe

6 comments:

  1. Mau dong ikutan bisa menulis, gimana caranya gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung ikut telegramnya. tapi link yang itu, grupnya sedang sepi.

      Delete
  2. Bagaimana cara untuk bergabung Kak?

    ReplyDelete
  3. coba daftar KMO Club Batch 26, https://bit.ly/DaftarKMOClub26

    ReplyDelete

ditunggu komentarnya