Follow Me

Thursday, February 27, 2014

Grafik Menulis 2013

-muhasabah diri, menulis-

Bismillah..

Never too late to post this. It's still in the early of 2014. Jikapun terlambat, bukankah 'better late than never?' hehe.

Berikut ini grafik menulis 2013 di blog ini :




Lebih drastis lagi naik turun-nya kalau dibandingkan dengan 2012 lalu (lihat disini). Bulan paling produktif masih sama, juni. Bulan paling cekung bawah berbeda, jika di 2012, April jadi masa-masa sepi blog ini, 2013.. Februari jadi tempat terjun payung. Ya, terjun payung karena Januari 2013, lumayan banyak nulis (bersih-bersih draft).

Jumlah kumulatif? Alhamdulillah.. Better than 2012. Meski perbedaan tahun 2013 dan 2012 hanya 20 tulisan. Tapi itu sudah baik. Setidaknya.. aku mulai konsisten menulis sekitar tujuh belas tulisan per bulan, atau 4,25 tulisan per pekan. Rata-rata loh. Hehe. Karena, ada pekan-pekan dimana aku hanya posting satu tulisan di sini.

***

Grafik Tahunan Blog ini, terhitung sejak pertama dibuat, kenaikannya lumayan drastis. Bisa dilihat di archieve :  2013 (214)2012 (194), 2011 (31), 2010 (15), 2009 (12), 2008 (4).


Hm.. tiba-tiba jadi speechless, atau lebih tepatnya typeless. Teringat tulisan yang pernah kubuat tentang menulis. Bahwa seorang penulis, seharusnya move on. Ya, bergerak. Tidak berhenti puas sekedar exist di blog pribadi. Tidakkah kau tergerak untuk mengirimkan tulisanmu ke media? Tidakkah kau tergerak untuk mengikuti berbagai kompetisi menulis?

Rrr.. Izinkan kusalin lagi..
Buka FB pagi ini disambut Tinjauan Selama 2013. Dan ada statusku di tanggal 9 Januari 2013 yang cukup membuatku tertegun serta bersemangat lagi untuk lebih baik di tahun mendatang. Ini dia status itu:
Banyak penulis bagus di Facebook. Sayangnya mereka tak kunjung "go publik". Pertanyaannya adalah: Apa tak mendapat kesempatan? Atau... Apa tak kunjung mencari kesempatan itu? Soalnya kesempatan banyak banget. Penerbit sekarang yang kejar-kejar penulis. Lalu? | Menulis itu tidak sulit. Kendalanya hanya komitmen waktu. Ahai... Hari gini masih sibuk audisi antologi sana-sini yang biaya terbit ditanggung sendiri. C'mon! Ini sudah 2013. Saatnya naik kelas. | Ngomong sama tembok Facebook. *melipir-sebelum-bonyok*

Pertanyaan hari ini adalah: Sudah hampir setahun, apa kamu masih di kelas yang sama? Dan sudah berapa tahun kamu di kelas itu-itu saja? Kupikir tak akan ada yang betah berlama-lama di kelas yang sama, kan?
- dari grup Aksara (unit literasi) Salman. (dari tulisan ku Frank Lampard Aja Nulis Buku!)

***

Kalau boleh jujur? Hehe. Aku masih memiliki hambatan yang sama sejak pertama menulis. Hambatan pesepsi. Si rantai gajah masih ada di sini. Hehe.

Kadang suka bertanya pada diri, serius ga sih, cita-cita nerbitin buku? Awas aja kalau udah lulus belum ada buku yang terbit!

Kyaa.. rrr. *maaf nge-GJ

Muwashofat nulis tiap hari demi tersusunnya buku udah ada sebenernya. Cumaa... ya itu deh. Perjalanan jauh tidak akan bisa selesai jika tak satu langkah kita ambil. Hey Bella! Wake up! Choose one topic. Than write everyday about it. Even just one paragraph.

***

Beberapa penyemangat, yang kutulis di sticky notes.

http://www.gramediawritingproject.com
bel, hasil pengamatanku, tere liye itu tipe penulis kaya kamu, lebih suka tulisannya bermanfaat oleh orang lain, tapi orang lain tak tau manakah sosok yg bernama "tere liye" itu. cukup orang2 tau namanya saja. Itu lebih menjaga niat dan hati kali ya... jd dy suka lucu klo ada org baca novelnya smbil netesin air mata ato ketawa2 pdhl yg disebelahnya ada penulisnya. hm, sesuatu banget...

-Citra Puspita Kawaii-

Mari menulis untuk Liputan Kampus (:

Kirim tulisan apa saja yang menarik di dunia kampus, diutamakan berupa liputan lapangan.

Kompas Kampus menerima tulisan dari mahasiswa, baik perseorangan maupun tim. Panjang tulisan maksimal 4.500 karakter (termasuk spasi), sertakan foto atau gambar ilustrasi untuk mendampingi tulisan. Cantumkan biodata lengkap dan foto diri, kirim ke e-mail redaksikompaskampus@gmail.com. Foto-foto disertakan terpisah (attachment).

Disediakan honor bagi tulisan yang dimuat. (:

Khusus buat remaja2, jika kalian punya blog, selalu update tulisan, punya ratusan tulisan2 pendek di blog, mungkin sudah saatnya memilih 40-50 tulisan, diprint, dijilid, lantas dikirimkan ke editor penerbit2 besar. Kalian yg lebih tahu dunia kalian saat ini, dan lewat tulisan, semua orang bisa lebih paham. Editor penerbit tdk pernah melihat usia seseorang saat menilai layak tdknya sebuah naskah, jadi jangan ragu2. 
--Darwis Tere Liye--
***

keep going and don't turn back.
you have made it this far.
jia you!!

Laa haula walaa quwwata illa billah.
Allah..bantu hamba yang lemah ini..

Ya Muqallibal qulub.. tsabbit qalbi 'aladdinik.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya