Follow Me

Sunday, November 10, 2013

Siapa yang memulai?

jika di dunia nyata, kita menjaga batas-batas interaksi dengan ia yg belum halal
maka apakabar di dunia maya?
adakah kita masih menundukkah pandangan?
adakah kita tidak melembut-lembutkan suara?

-muhasabah diri-

Bismillah...


Di sebuah malam, seorang teteh terkaget, tak sengaja menangkap basah adik tingkatnya (seorang akhawat) sedang asik chating dengan seorang ikhwan. Padahal waktu saat itu, sudah menunjukkan pukul 22.00.

Si teteh geleng-geleng kepala. Pasal-nya, nama ikhwan yang ada di chat box adik tingkatnya itu, bukan ikhwan yang terkenal lost hijabnya di dunia maya.

"X, kamu mah harus sama ikhwan yg bener-bener  strict (menjaga hijab dan interaksi dgn non-mahram)..", ucap si teteh bicara ttg masa depan. Sebuah doa juga -mungkin-.

"Tapi teh, bukan aku yang mulai..", ia membela diri.
***

Jadi? Siapa yang memulai? Ah. Mungkin setan. Ya, pasti setan yang memulai. Benakku lirih, mencoba menepis prasangka-prasangka buruk.

***

Sejenak kasus di atas, membuatku terdiam memikirkan kembali ttg interaksi ikhwan-akhawat. Bagaima sekarang, saat di dunia nyata sudah bisa terjaga. Di dunia maya?

Yuk belajar untuk tak lagi beralibi : bukan aku yang memulai. Jika memang orang lain yg memulai, maka biar-lah diri menjadi yang mengakhiri.

"Dan jangan-lah kamu mendekati zina"

Jika bukan dirimu yang memulai. Tidakkah ayat di atas, membuatmu yakin untuk segera menutup celah-celah pintu maksiyat.

Aku percaya.. Bukan kamu yang memulai. Tapi setan-lah yang telah memulai-nya. Mencoba membisikkan ke dalam dada-mu godaan, agar kamu melangkah mendekati zini.

Yuk sama-sama belajar jaga hijab. Belajar membatasi interaksi. Semoga Allah meridoi setiap langkah kita. Aamiin.

Allahua'lam bishowab.

1 comment:

  1. haha komentarnya itu loh. sampe segitunya. jleb. tapi kurang ahsan.

    paling enggak, kalau mau "marah-marah" jangan via comment, tapi via message fb. kasihan yg ditegur, pasti malu banget. *semoga aja nggak jadi mental nasihatnya

    ReplyDelete

ditunggu komentarnya