Follow Me

Saturday, November 23, 2013

Memanggil dengan Nama yang Ia Sukai

-muhasabah diri-

Bismillah...

"Nggak ngerti deh, sejak kapan ya 2011 manggil aku tanpa 'Ka',"

ini kedua kalinya, perempuan berwajah manis disampingku.. mengutarakan ketidaksukaannya dengan sebuah nama panggilan. Kali pertama, adalah seseorang pemimpin rapat menyebut nama-nya bukan dengan nama asli-nya. Melainkan nama, yang memang sudah banyak orang memanggilnya dengan itu, namun tidak ia sukai.


***

Hehe, bingung ya baca paragraf di atas? maaf ya belibet banget. Soalnya kalau disebut, pasti ketauan banget siapa yang aku maksud di paragraf pembuka.

Tentang nama panggilan. Hm. Kejadian di atas, membuatku tersadar tentang pentingnya memanggil dengan nama yang baik. Meski panggilan kita kepada orang tsb bukan celaan, hendaknya kita bertanya.. "suka-kah ia, kita panggil dengan panggilan tersebut?"

Hm.. Orangtua-nya sudah memberikan nama yang indah untuknya. Jangan panggil ia dengan nama yg ia tidak sukai. Bukankah Allah juga berfirman,
"...dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan...." QS Al Hujurat ayat 11
 Terakhir. Untuk seorang yang kumaksud di paragraf pembuka.
Teteh cantik, yang sabar yaa.. semoga Allah menggerakkan hati mereka. Agar mereka memanggilmu, dengan nama panggilan yang kau sukai, dengan nama panggilan yang baik.
Allahua'lam.

2 comments:

  1. hooo.. panggilan kesayangan belum tentu sama dengan panggilan yg disukai. :)

    ReplyDelete
  2. iya. kita nggak pernah tahu kalau nggak bertanya

    ReplyDelete

ditunggu komentarnya