Follow Me

Thursday, November 28, 2019

11 Tahun 7 Bulan

Bismillah.



Sekitar sebelas tahun tujuh bulan blog ini mengudara, dalam waktu yang tidak singkat itu, banyak cerita tertulis di sini.

Izinkan aku menuliskan kembali momen lalu, saat blog ini lahir. Sebagai bentuk pemecah keheningan, setelah 10 hari tidak menulis.

Tercatat April 2008, saat itu aku duduk di kelas 9 SMP, sebentar lagi lulus. Saat itu aku menemani kakak ke warnet (warung internet). Kakak ada tugas, aku cek email, membaca sebuah surat elektronik dari teman SD yang kini tinggal di kota Cilacap, masih tetangga, tapi tetap saja, jauh.

Mungkin karena ga ada kerjaan, atau entahlah, aku saat itu memutuskan membuat blog ini, dan menceritakan tentang temanku tersebut. Sama seperti tulisan pertamanya, blog ini juga kuberi judul berkaitan dengan teman. Looking 4 Genuine Friends. Seingatku begitu aku menamainya. URLnya sweetvioletta.blogspot.com

Sejak SD, lalu SMP, konflik yang pernah aku alami dan menurutku 'besar' adalah perihal pertemanan. Latar belakang itulah yang memutuskan memilih judul tersebut. Sedangkan alamat URLnya, aku menyukai kata sweet atau manis, kata tersebut bagiku lebih memikat daripada kata cantik atau beautiful. Dan violet, aku suka saja, warna ungu, warna terakhir di pelangi. Violetta, sounds more sweeter than violet, isn't it?

Tahun 2008-2011, aku tidak banyak menulis di sini. Ada beberapa postingan, tapi mayoritas merupakan salinan dari tulisanku di tempat lain, dari buku tulis, dan dari note facebook. Mungkin karena belum punya laptop, dan HP jaman dulu belum mendukung menulis di blog. Kalaupun bisa, aku tidak bisa membayangkan harus mengetik di HP tanpa keypad qwerty.

Tidak banyak menulis di blog ini bukan berarti aku tidak menulis. Aku masih sama, banyak berurusan dengan menulis. saat SMA aku aktif di ekskul mading (majalah dinding) sekolah, dan di ROHIS-pun aku masuk di divisi yang berkaitan dengan tulis menulis.

Tahun 2012 tulisan di sini meningkat drastis, aku memasuki dunia kampus, memiliki akses internet dan laptop, artinya aku semakin banyak mengetik dan semakin jarang menulis dengan tinta. Jika di masa SD-SMA aku punya dua diary, digital dan analog hehe. Saat kuliah, diary-ku cuma satu, diary digital, bukan, bukan di blog ini. Sebuah diary berbentuk dokumen word dengan proteksi password.

Tahun 2014 blog ini pindah alamat, betterwordforlife.blogspot.com. Aku lupa sebenarnya, apakah alamatnya berubah bersamaan dengan judul, atau aku ganti judul dulu, baru kemudian alamatnya. Kenapa ganti alamat? Karena sweetvioletta terdengar terlalu kekanak-kanakkan? Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Tapi alasan utamanya bukan itu. Alasan utamanya, aku kaget, kalau ternyata ada pengunjung rutin yang tidak diharapkan.

Awal 2014, suatu malam di sebuah kamar 2 x 3 meter, aku berbincang dengan sahabat baikku yang sudah kukenal sejak kelas 11 SMA. Aku menginap di kamar kosannya, dan percakapan panjang pun terjadi. Ia bercerita padaku, tentang seseorang** yang sering nitip pesan lewatnya kepadaku. Tapi aku juga ga nyadar, karena pesannya bukan "salam ya buat Bella", bukan.. tapi pesan semacam, "itu kok di fb ada foto bella sama laki-laki" (foto saat osjur yang di upload teman sejurusan), nasihat-nasihat islami, yang disampaikan dengan cara yang baik. Iya, baik, karena lewat temanku, jadi aku sendiri ga nyadar. Kirain ya, pesan itu benar-benar dari temanku. Tapi keningku jadi berkerut, kok bisa tahu foto di facebook? Kan sudah disembunyikan dari wall? Dari situ, aku jadi teringat, tentang celetukan-celetukan serupa, yang intinya menunjukkan bahwa sosial mediaku, blogku, bisa jadi merupakan salah satu dari sekian banyak sosial media dan blog akhawat-akhawat lain yang 'mungkin' sering orang itu kunjungi.

Saat itu, aku kaget, sedikit ngeri dan jadi banyak mikir. Akhirnya aku memilih untuk ganti alamat, otomatis, blog ini mulai dari nol, pembacanya juga dari nol, orang-orang yang tanpa sengaja lewat, juga teman-teman yang kuberitahu alamat baru tersebut. Tahun itu juga, aku menghapus mayoritas teman non-mahram di facebook, berulangkali mengubah aturan privasinya.

2015, aku menghilang dari peredaran, bukan terkait keputusan ganti alamat, benar-benar beda urusan dan beda alasan. 2016 mulai rajin diisi lagi sampai sekarang, di penghujung 2019.

Oh ya, di tahun ini, aku buat header blog baru, bukan logo sih, tapi kaya kartu nama. Tahun ini juga buka instagram khusus blog ini, sebuah pintu baru yang mengajak siapapun untuk berkunjung. Artinya, blog ini, tidak lagi setertutup dulu. Ikut komunitas sabtulis dan 1m1c, pintu baru juga. Kalau membuka pintu-pintu tersebut adalah bentuk soft opening, pertanyaan selanjutnya, kapan grand opening? ^^

Aku tidak tahu, dan belum tahu. Ada rencana, ada kekhawatiran, ada keinginan untuk menebar lebih banyak manfaat. Seperti judul blog ini. Semua tulisan di blog ini mungkin tidak semuanya baik, tapi aku menuliskannya dengan niatan baik dan untuk memperbaiki diri terutama. It might not the best word, but I wish it keep improving to be better. Tidak hanya itu, aku berharap kata-kata tersebut juga berpengaruh baik dalam hidup kita. Better Word, for Better Life.

Semangat menulis semuanya~ maaf banyak curhat hehe

Allahua'alam.

***

PS: **sisi baiknya, thanks to him, aku jadi lebih hati-hati perihal hijab, foto, dll. Jadi berani chat temen sejurusan dan minta untuk dihapus saja fotonya, lalu selanjutnya jadi lebih paham, banyak momen lebih baik tidak ada foto sama sekali. Hadir, tapi tidak perlu ikut sesi foto.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya