Follow Me

Friday, October 20, 2023

Bella Masih Nulis?

Bismillah.

-Musabah Diri-

 

Sebuah pertanyaan hadir, saat seorang sepupu mampir ke Purwokerto dalam perjalanan kerjanya di Cilacap.


"Bella masih nulis?"

"Masih."

"Novel?" tanyanya. 

Aku menggeleng kemudian menjawab, "di blog".


***


Pertanyaan sederhana itu membuatku terdiam dan banyak berpikir. Tentang cerita apa... yang didengarnya sehingga ia bertanya hal tersebut. Tentang kabarku, dan menulis, berapa tahun telah berlalu, dan rasanya aku masih stuck di level yang sama. Tentang "batu penghalang" yang kubuat sendiri, kutumpuk sendiri, sehingga sampai detik ini aku masih di sini saja. Tentu, bukan berarti tanpa progres, tapi ini... jauh terlalu lambat dan rasanya tidak seperti yang dulu aku tuliskan di selembar surat di sebuah kantor pos.


***


Aku masih menulis.


Dan ingin rasanya melengkapi kalimat itu dengan excuse-excuse lain. Justifikasi. Hmm..

 

It's october. I should really hurry, and be serious. Didn't you always say, that you want to write at least a draft this year? So what's holding you back?


***


Bella masih nulis?


Ya, aku masih menulis. Doakan aku. Ada batu besar, yang harus kudorong pergi. Aku... ingin terus menulis. Aku, ingin lebih banyak mengeluarkan karya. Karya yang bukan sekedar tulisan kosong, bukan sekedar kata-kata di permukaan bak buih.


Aku, masih menulis.


Wallahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya