Follow Me

Friday, March 13, 2015

Tentang Hasad pada Sahabat

-Muhasabah Diri-
Bismillah..


Kemarin iseng buka youtube dan mencari channel Madmie karena sebelumnya terkesima dengan short islamic film berjudul Tomato. Dan sampailah saya pada video ini, sebuah video yang membuat saya penasaran karena judul "The Criminal"-nya.

Short film tersebut kebanyakan memakai bahasa mandarin, dan juga bahasa melayu. Namun tenang, ada subtitle bahasa inggris yang membantu kita untuk mengerti percakapan di dalamnya. Film ini menceritakan tentang persahabatan, dan api hasad atau iri yang muncul di hati salah seorang dari mereka.

Belum sampai di ujung film, mata saya sudah dibuat panas dan banjir tangis. Hehe, dasar cengeng! Pesan yang dikemas dalam video singkat ini bagi saya begitu tergambar, sehingga pelan-pelan menyelusup ke hati saya. Mengingatkan kembali kepada saya untuk segera mematika percikan api iri pada sahabat, tentang apapun, baik prestasi, harta, fisik, dll.

Ah ya.. namun ada hasad yang diperbolehkan, yaitu kepada orang yang kaya namun dermawan, dan kepada orang yang berilmu dan membagi ilmunya. Dua pengecualian ini adalah api yang tidak akan menghanguskan, namun akan membakar semangat kita untuk menyaingi mereka dalam hal amal shalih.

Allahua'lam bishowab.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya