Follow Me

Friday, October 23, 2015

Baca! Jangan Baca!

Bismillah.
read me, don't read me
Ada yang tahu psikologi terbalik? Kalau dilarang jadi malah pengen ngelakuin? Kalau disuruh jadi males ngelakuin? Bener ga sih? Hehe. Sebenernya yang nulis juga cuma tahu sekilas tentang psikologi terbalik. Hehe.

Ini tentang tulisan di blog, kalau di awal ditulis : "Jangan dibaca", hasilnya? Kalau di awal ditulis: "Baca! Ayo baca!", hasilnya?

Pendapat pribadi aja sih, bukan survey atau observasi. Hasilnya tergantung seberapa besar niat yang melintas untuk membaca. Misal nih, ada yang seneng blogwalking, tapi sebenernya ga niat-niat banget baca, paling cuma satu dua tulisan pertama di blog aja. Mau ada judul tulisan yang menarik banget atau ada perintah jangan di baca, karena yang melintas ga ada niat baca yaudah ga baca, dia langsung pindah ke blog lain. Lain halnya kalau dari awal yang melintas memang tipe yang kalau baca satu dua tulisan oke, pasti dia lanjut ke tulisan lain sampai bosen. Kalau yang satu ini, meski judul tulisan ga menarik, dan di awal ditulis perintah baca, ya tetap aja di baca. Psikologi terbalik kadang berlaku, kadang juga ga berlaku.

Kesimpulannya, kalau memang ada tulisan yang ga ingin dibaca oleh orang lain ya udah ga usah di publish, save as draft aja. Atau bisa pakai proteksi kalau blognya mendukung fasilitas pemberian password untuk tulisan tertentu. Gampang kan? Hehe.

Kalau mau ngusir pengunjung yang ga diinginkan gimana? Ganti nama domain/alamat blog, tapi resikonya  page rank kamu mulai dari bawah lagi, juga kehilangan pengunjung rutin lain. Pengunjung rutin otomatis ga bisa buka alamat blog lama kamu dan mengira blog kamu udah di hapus. Kalau ga mau ganti alamat blog, bisa buat tulisan khusus peraturan pengunjung blog. Eh, rumit ding ini hehe. Abaikan.

***

Susah memang jadi orang yang kadang ekstrovert kadang introvert. Kadang pengen tulisannya dibaca orang lain, eh besoknya pengen tulisannya ga ada orang yang baca. Setiap orang punya sisi introvert, untuk hal-hal yang tidak ingin banyak orang baca silahkan di salurkan di tempat khusus, misal (1) di blog khusus, atau (2) di sosmed tertentu yang temen-temenmu jarang pakai, atau (3) tulis di diary digital berpassword. Kalau aku pakai nomer (1) (3), kalau temenku ada yang pakai nomer (2). Mangga dipilih sesuai kepribadian masing-masing. Atau mungkin ada saran lain?


Allahu'alam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya