Follow Me

Tuesday, December 23, 2014

Duduk Cantik



 taken from here

#fiksiku

Bismillah.

"Cantik.. makannya sambil duduk ya.." ucap Nida kepadaku saat melihat aku berjalan menuju kelas sembari makan siomay. Aku tersenyum kecut kemudian segera duduk di bangku terdekat dari pintu kelas.


Seingatku, kalimat serupa diatas terakhir kudengar saat aku TK. "Sayang, makan pakai tangan manis sembari duduk ya." Itu selalu diucapkan mama, setiap melihat tangan kanan dan kiriku asik memasukkan snack. Namun pengingat tadi sudah lama tidak aku dengar sebelum hari ini.

Sejak mama wafat, tidak ada perhatian khusus tentang tata cara makan yg baik dari siapapun. Papa terlalu sibuk dan jarang makan satu meja denganku. Mboke, seorang yg sering menemaniku mungkin terlalu segan untuk menegur aku.

Tapi hari ini aku tersentak saat wajah manis anak baru itu dengan ramah menegur ku saat makan berdiri. Dan ia terus melakukannya setiap aku dan teman2 perempuan di kelasku lupa, karena terbiasa.

***

"Nida.. jangan bosen ngingetin aku ya", ucapku yg baru duduk di sebelahnya sembari menikmati kripik singkong.

Nida menempelkan telunjuknya ke bibirnya. Ssst.. Aku segera menyelesaikan kunyahan, kemudian tertawa kecil.

"Aku lupa, Da. Ga boleh ya kalo makan sambil ngomong..."

"nanti keselek**" ucap kami hampir bersamaan. senyum ku dan nida mengembang.

***

Dari nida aku belajar banyak. Persepsiku tentang dakwah juga berubah karenanya. Ternyata dakwah caranya bukan hanya dengan berteriak2 mengancam panasnya api neraka. Dakwah juga adalah senyuman manis, sapaan ramah, teguran yg lembut.

Dan ternyata berdakwah ga harus jadi anak rohis, dan bukan cm mereka yg berdakwah. setiap diri yg mengaku muslim wajib berdakwah minimal dengan berusaha menjadi muslim yg baik. Terimakasih nida, karena mau menjadi temanku, padahal aku termasuk cewek yg sama sekali ga alim bahkan tomboy. Terima kasih atas hadiah rok dan kerudung warna biru dongker kesukaanku yg kau selipkan di tasku, padahal hari ini bukan hari ulangtahun ku.

"Hadiah kecil ini semoga dapat mempererat persahabatan kita. - sincerely yours Nida Khairunnisa"


***
 
*Mboke = sebutan lain ibu, seorang pembantu di rumah Yesi.
**keselek = tersedak

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya