Follow Me

Sunday, June 18, 2023

A29: Sikap Menghormati Ketidaksepakatan

Bismillah.

 

#menjadiarketipe #66haribacabuku 

 

 

☑️ #DAY29-0090

📖 Resolve Conflicts in Your Life, Dale Carnegie

 

📑 Quote:

Ketidaksepakatan dengan penuh rasa hormat adalah cara untuk menghadapi konflik tanpa membuat kesal lawan kita. 

 

💡 Insight:

 

Konflik biasanya dimulai karena perbedaan, karena ketidaksepakatan. Tapi apakah untuk menyelesaikan konflik, kita harus menjadi sama dan memaksa salah satu pihak untuk sepakat? Tentu tidak. Kita cuma perlu menghadapi ketidaksepakatan dengan rasa hormat.


Terlepas dari pendapat siapa yang paling benar, atau paling baik, sikap saling menghormati akan membuat diskusi penyelesaian konflik lebih lancar dan tanpa emosi.

 

***

 

Lebih mudah memang untuk mengabaikan pendapat orang lain, dan bersikukuh dengan pendapat diri. Terutama untukmu yang koleris. Padahal... kalau kita mau memberi jeda, dan menahan diri untuk keras kepala dan memuaskan ego untuk berdebat. Padahal... kalau kita mau meluangkan waktu merendahkan hati, dan menghormati ketidaksepakatan, maka hidup kita akan lebih tenang dan bebas konflik. Less stress.


Bukan berarti kita harus mengalah selalu. Tapi sikap kita kepada orang lain, pandangan mata kita, intonasi suara kita, itu sangat berpengaruh pada relasi kita dengan orang sekitar, mulai dari yang terdekat, keluarga, sampai orang-orang asing dengan nama id. Hidup memang dasarnya penuh konflik, maka jangan tambahkan konflik dengan sikap-sikap kanak-kanak saat menemui ketidaksepakatan. Kita perlu belajar untuk mendengarkan, belajar untuk melihat dari sudut pandang di luar diri, dan belajar untuk mengangguk dengan sopan, untuk sepakat tidaksepakat dengan saling menghormati pilihan atau pendapat masing-masing.


Wallahua'lam bishowab.


***


Keterangan:

[1] Tulisan ini diikutkan dalam komunitas #1m1c (Satu Minggu Satu Cerita). Berbagi satu cerita, satu minggu.

[2] Tulisan ini merupakan bagian dari serial kutipan buku yang kulaporkan untuk program 66 hari baca buku @menjadi.arketipe 1 Februari - 7 April 2022. Tulisan lainnya bisa dibaca di #66haribacabuku

 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya