Follow Me

Monday, September 4, 2023

Memulai dari Mana

Bismillah.

 

Akan ada masa saat kita lupa atau memang benar-benar tidak tahu, harus memulai dari mana. Seolah berdiri di ruangan gelap, tanpa cahaya. Kita tahu harus keluar dari ruangan itu, berharap menemukan setitik cahaya. Tapi kita tidak tahu harus mulai dari mana. Yang kau temui hanya keraguan dan rasa takut. Yang kau temui hanya perasaan ingin menyerah dan nyaman berdiam diri.

 

Semoga di saat-saat itu, kau mau memberanikan kembali mendekat ke pintu yang selalu terbuka pagi dan malam. Berjalan meski lambat, ke arah jalan sukar, yang mengantarkan kita ke kebenaran.

 

Setiap orang, diuji dengan soal yang berbeda. Karena ia yang tahu betul, kemampuan yang tersembunyi dalam diri kita. Jadi melangkahlah dulu, mulai dari hal kecil yang mungkin terkesan sepele. Buka dulu lembarannya, baca dulu meski satu dua huruf. Kau akan menemukan ketenangan itu hadir. Dan matamu mungkin akan basah, saat kemudian menyadari betapa besar kasih sayang-Nya padamu.


***


Manusiawi untuk salah jalan. Manusiawi untuk jatuh. Manusiawi untuk berdosa. Manusiawi untuk bodoh dan tidak tahu harus berbuat apa dan memulai dari mana. Akui kekurangan dan kesalahanmu. Kemudian melangkahlah. Meski hanya langkah-langkah kecil dan lambat.


Wallahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya