Follow Me

Tuesday, July 10, 2012

Masih di Sini

Bismillah

"Memangnya, apa motivasimu masih mau ada di sini?" tanya seorang teman yang mengaku ingin mengundurkan diri dari "sini".

***

A simple question, but I just can't answer surely. Hanya bisa menjawab dengan nada ragu. Takut, jujur takut.. kalau yang kukatakan saat itu tak lebih hanya sebuah alibi, sebuah pembenaran.



Aku tahu kondisinya tak mudah, aku tahu.. ada banyak hal yang pahit dikecap, perih dirasa. Ada banyak sekali hal yang ingin saja ditinggalkan, ditolak keberadaannya. Tapi saat ini, entah mengapa aku memilih untuk tetap berada di sini. Hingga ia yang ingin mundur dari sini menyadarkanku lewat pertanyaan simpelnya.

"Lantas, apa motivasimu masih berada di sini?"

Bukan. Aku bukan tersadar untuk kemudian pergi dan beranjak dari sini. Bukan. Tapi aku petik dari pertanyaan tersebut adalah tentang niat. Betapa niat ini, diuji bukan hanya di awal, tapi juga di tengah-tengah dan di akhir.

Misalnya bagi ia yang akan bersedekah,
ujian niat di awal adalah apakah sedekahnya untuk Allah, atau agar orang lain melihatnya sebagai sosok yang dermawan?
ujian niat di tengah adalah saat tiba-tiba anaknya merengek minta segera dibelikan gadget baru
ujian niat di akhir adalah.. setelah berzakat, entah mengapa ingin bercerita kepada teman.

Well.. aku tak tahu sudah di tahap mana aku? di awal kah? tengah kah? akhir kah? Yang jelas niat ini diuji. Apakah ia sekedar mengikut kebanyakan orang, ataukah sekedar mencari hal yang semu, ataukah karena Allah?

Stay strong!! Aku tahu, di sini kondisinya tak mudah. Tapi percayalah.. jika Allah menakdirkanmu untuk di sini, pasti ada hikmah di balik takdirNya. Tapi percayalah.. jika Allah menakdirkanmu di sini, pasti Allah memberimu kemampuan untuk bertahan dan melewati ini.

***

Jadi, apa motivasimu tetap di sini?

Wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya