Follow Me

Thursday, July 26, 2012

Ramadhan Sibuk, Ibadah?

Bismillah..

~Jadi malu sendiri, membaca beberapa posting sebelumnya. Hanya berisi curhat, dan hal-hal yang tak banyak memberi manfaat. Kembali ke jalan yang benar, Better Word for A Better World : tak sekedar kata, ia merubah, menginspirasi, mengajak tuk menjadi lebih baik.~

***

Ramadhan.. Ramadhan.. Bersama P3R,
Ramadhan.. Ramadhan.. Bersama P3R.. :)

Senyum sapa salamku untuk
menyambut datangnya bulan
yang penuh berkah
bersama P3R

Rasakan indahnya ramadhan
di masjid Salman ITB
bersama
"Satukan Hati Merangkul Umat"

Ramadhan.. Ramadhan.
Bersama untuk meraih ridho Yang Maha Kuasa
Ramadhan.. Ramadhan.
Isilah hari-hari kita, dengan ceria
bersama P3R :)

***

Senandung lagu soundtrack P3R 1433 H mengalun pelan dalam gumam. Ramadhan kali ini, keistimewaannya berlipat. Jika kemarin aku hanya menjadi penonton, merasakan asiknya duduk disekitar Masjid Salman ITB menjelang waktu berbuka puasa, kita aku tak hanya diam dan menonton. Mungkin bukan peran utama, tapi paling tidak ambil peran (baca: jadi panitia).
Ramadhan, adalah bulan istimewa.. Bulan dimana, ribuan bahkan jutaan umat muslim berpuasa di siang hari, sholat tarawih di malam hari dan mengisi setiap detik waktunya untuk kebaikan (insya Allah).

Ramadhan ini, bisa jadi menjadi ramadhan terbaik bagi mahasiswa ITB angkatan 2011. Namun tak menutup kemungkinan menjadi ramadhan terburuk. Na'udzubillah. Kok bisa? Pasalnya, ramadhan ini ada banyak sekali kegiatan di kampus (meski sedang masa liburan). Mulai dari yang beraroma ramadhan (P3R), yang beraroma mahasiswa baru (OSKM, Simfoni), sampai.. yang beraroma kaderisasi (apalagi kalau bukan osjur).

Adalah sebuah kebanggan sendiri, bagi mereka.. yang bisa memanage diri, agar ibadah lancar, kegiatan/kepanitian juga oke (semoga kita termasuk di dalamnya). Tak hanya kebermanfatan untuk diri sendiri (ibadah vertical), tetapi ada juga kebermanfaatan untuk orang lain (ibadah horisontal) tentunya.. jika ia meniatkannya untuk Allah.

Adalah sebuah kerugian yang besar, bagi mereka.. yang melewatkan bulan Ramadhan, tanpa amalan terbaik. Padahal di bulan ini, semua amal baik dilipat gandakan pahalanya. Dan lagi, bisa jadi ini adalah ramadhan terakhir kita. Jika bukan di bulan ini, lantas di mana lagi kita bisa mengejar keterketinggalan kita?

Maka terutama pada diri, aku berpesan padamu.

Seberapapun sibuk diri, seberapapun tugas dan amanah bertubi-tubi menghantam.. jangan tinggalkan ibadahmu. Seberapapun kegiatan, tugas dan amanah menyita waktumu.. jangan biarkan ibadah sunah lepas. QL, tilawah, dhuha, sodaqoh, silaturahim, sholat rowatib, baca buku, dan masih banyak lagi.

Jangan sampai kau menyesal di akhir Ramadhan. :) Tetap semangat jalani hari. Tugas yang melimpah bukanlah rintangan, bukankah begitu dendang mars cahimpunan mu? Semoga Allah memberi kekuatan, dan pertolongannya :))

***

"A busy life makes prayer harder, but prayer makes a busy life easier" (anonim)

Wallahu'alam bishowab.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya