Follow Me

Friday, July 6, 2012

KOMANG* :)

Bismillah :)



Manajemen diri! Di saat-saat ini, saat berbagai kegiatan menenati kontribusi kita. Di saat-saat ini, saat selalu saja terbersit keinginan untuk lari saja dari 'masalah' yang membentang di hadapan. Di saat-saat, waktu benar-benar liar untuk dikendalikan.

Komitmen! Di saat-saat ini, saat sudah mendaftarkan diri di kepanitiaan ini-itu. Di saat-saat ini, saat nama sudah tertulis sebagai peserta kegiatan ini-itu. Di saat-saat ini, saat kepanitian, kegiatan dan segala rupa ingin saja kita buang.

Tanggung jawab! Di saat-saat ini, saat sudah kau anggukan kepala untuk sebuah amanah. Di saat-saat ini, saat kau sudah berkata "siap mengerti". Di saat-saat ini, saat pilihan sudah kau ambil, keputusan sudah kau genggam dan tindakan sudah kau lakukan.

***

Tiga kata di atas, merupakan tiga kata kunci yang di dapatkan dari SPARTA day 1. Tiga kata yang mudah diingat, tapi untuk dipraktekkan? Selalu ada saja hambatan, selalu ada saja berat, dan tulisan ini, dan lisan ini.

Suatu malam aku bertanya pada seorang senior,
"Teh, gimana sih caranya memanage waktu, memanage diri saat dirasa terlalu banyak hal yang harus dilakukan, saat dirasa lelah sudah menggayut langkah? Sementara ada amanah-amanah yang harus kita penuhi, namun acap kali dijadikan yang ke-dua gara-gara satu kegiatan?"

dan si Teteh senior pun tersenyum, dengan suara lembut ia berkata..
"Jadilah dewasa! Kamu akan belajar dari keadaan ini. Pada akhirnya yang terpenting adalah, komitmen yang masih melekat."

Ah. Aku memang masih jauh dari kata 'dewasa'. Masih perlu menegak asinnya garam kehidupan untuk menjadi bijak, dan menghadapi masalah dengan cara yang lihai. Bukan dengan sembunyi, berlari, atau sekedar mengeluh kesana kemari.

Dan yang dititik beratkan oleh Senior tadi adalah komitmen. Karena sungguh setelah komitmen bisa kita jaga.. maka akan muncul tanggung jawab, yang menuntut manajemen diri. Karena sungguh, jika komitmen sudah kita lepas. Jangan tanya tentang tanggung jawab, apalagi manajemen diri.

***

Sedang belajar menggenggam komitmen, dengan lembut, bukan terlalu longgar, bukan pula terlalu rapat.
Dan tak bisa tanpa bimbinganNya, tak bisa tanpa petunjukNya, tak bisa tanpa dayaNya.

Ya Allah^^ jangan biarkan hati ini jauh dariMu~



Wallahu'alam bishowab.

*KOMANG = KOmitmen, MAnajemen diri, dan tANGgung jawab ; salah satu kandidat nama angkatan kkkk..

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya