Follow Me

Monday, August 29, 2016

Kesalahan, Aku, dan Ketakutanku

-muhasabah diri-

Bismillah.

Mistakes


Hari ini aku sempatkan menengok beberapa tulisan di "daftar bacaan" blogger.com milikku. Jujur ada banyak alamat blog/website yang kumasukan dalam daftar bacaanku sehingga jumlahnya aku sendiri kurang tahu. Dan dari sekian banyak tulisan dari berbagai blog tadi, aku terhenti di tulisan "Kesalahan". (Baca sendiri ya kalau mau tahu isinya, bagus kok! reccomended!)

Sang penulis mempublish tulisan tersebut Januari 2016, tapi alhamdulillah karena ia tulisan yang ia tulis tanggal 28 Agustus lalu, aku jadi tertarik untuk membaca postingan sebelum-sebelumnya. Jazakillah khayra..

***




Jujur membaca tulisannya.. rasanya seperti.. seperti tulisan itu ditujukan padaku. Padahal mungkin bukan, dan kemungkinan besar bukan. Karena seingatku sang penulis dan diriku tidak saling kenal. Tapi anehnya saat kulihat facebook badge-nya dan kukunjungi facebooknya, ternyata aku sudah berteman di fb dengannya. Ada 48 mutual friends, hehe.

Jujur tulisannya, membuatku teringat, bahwa ada banyak kesalahan yang pernah kucela, namun di saat lain aku pernah melakukannya. Jujur.. tulisannya, mengingatkanku salah satu ketakutanku untuk menyebar tulisan, termasuk promosi blog ini. Karena bisa jadi, aku hanyalah seorang pembohong yang hanya menulis, namun masih tertatih untuk melaksanakan ajakan amal shalih yang kutulis di sini. Karena bisa jadi, aku hanyalah seorang pembohong yang hanya menulis, namun masih terseok untuk meninggalkan perbuatan maksiat yang aku cela di sini.

Meski di atas tulisan suddah tertulis -Muhasabah Diri-, tetap saja. Aku malu, jika tulisan ini dibaca orang lain. Karena semua tulisan di sini, memang sebagian menggambarkan tentang diriku, namun gambaran yang hadir dari sini bukan semua tentang diriku. Aku takut ada prasangka yang hadir dari pembaca tentang profil diriku. Aku takut... aku takut menjadi manusia yang paling dibenci Allah, seperti yang Allah sebutkan di Surah Ash-Shaff ayat 2 dan 3.

Di sisi lain, tulisannya... juga jadi pengingat diri. Bahwa setiap tulisan yang kita "bagi" di blog/sosmed bisa bermanfaat dengan orang lain, meski itu ditulis beberapa bulan yang lalu. Bahwa satu ayat yang kita sampaikan, satu hikmah yang kita coba tulis, satu pelajaran yang kita bagikan, bisa menjadi manfaat untuk orang lain. Baik itu mereka yang sudah berlangganan berkunjung ke blog/sosmed kita, maupun mereka yang qadarullah Allah tuntun 'melintas' dan membaca tulisan kita.

Mungkin karena itulah kita harus berhati-hati dengan apa yang kita tulis dan katakan. Jadi tolong, kepada para pembaca, jika aku menulis sesuatu yang salah atau ngawur, tolong dikomen dan dikoreksi ya..

Dan juga, aku.. aku mungkin belum sebaik seperti semua yang kutulis. Aku bukan muslimah yang baik seperti kebanyakan image wanita yang behijab, namun aku.. aku seorang muslimah yang ingin memperbaiki diri sedikit demi sedikit. Yang berharap, dan berdoa semoga Allah menjaga imanku, meski imanku naik dan turun tidak stabil.

i am not good, but i hope i keep getting better
 Allahua'lam.

*maaf ya, tulisan saya makin lama makin susah dibaca dan tidak tertata dengan baik. karena kebanyakan tulisan ditulis langsung tanpa proses editting maupun proofreading.

**mungkin tulisan ini sedikit menjelaskan mengapa aku pernah keras kepala dan bertanya kasar, "Sesederhana Itu?"

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya