Follow Me

Thursday, July 20, 2017

10:1 dan Center of Attention

Bismillah.
#blogwalking
Dari dua blog, temanya, seperti yang ada di judul 10:1 dan center of attention.

1:10 | latihan desain, tapi aneeh aaaa


Yang pertama dari blognya Pak Budi Rahadjo, udah lama bacanya sih. Berikut ini kutipannya,

Saya selalu menantang diri saya sendiri. Challenge myself. Salah satu caranya adalah menahan diri untuk tidak sering-sering membagikan ulang (reshare)  sesuatu di media sosial. Misalnya, saya hanya boleh melakukan sharing setelah saya membuat tulisan / gambar / foto / program / atau apapun yang buatan saya sendiri sebanyak 10 kali. Jadi rasio buatan kita sendiri dan buatan orang lain adalah 10:1.

Hal-hal kecil seperti ini membuat kita memutar otak. Kreatif.
Silahkan dicoba deh. Melatih diri sendiri untuk menjadi kreatif.
- Budi Rahadjo dalam tulisannya Syarat Menjadi Kreatif
Yang kedua, tulisan bahasa inggris, tapi ga terlalu rumit. Berikut saya ambil kutipan yang saya suka.
.... We would like to think that we are somehow at the center of people’s attention. We think that when we walk around in a crowd that other people are constantly thinking about (and judging) us. That’s probably why we keep on asking that nagging question: What would people think about me if I do or don’t do this?

That question bugs us so much that it can dictate a huge chunk of our lives. Because we think that people are constantly thinking about us, so we constantly worry about the image we display, in the hopes that the image is in line with what they expect.
- Aiman Azlan, dalam tulisannya Nobody Remembers Your Wedding
Baca kedua tulisan lengkapnya di link-link tersebut ya.

***

Lanjut bagian komentar, eh tambahan.

Pertama tentang 10 banding 1, aku suka banget. Trus langsung pengen ngelaksanain di blog ini. Ga boleh nulis 1 blogwalking kalau sudah nulis 10 tulisan buatan sendiri. Oh ya, aku suka contoh-contoh Pak Budi kalau buatan sendiri itu bukan cuma tulisan, bisa jadi bentuknya foto, atau program (ehm), atau lettering, atau buat kerajinan tangan, atau buat hal-hal lain yang bisa ningkatin kreativitas kita.

Trus sebenarnya aku masih mikir, kalau misal aku ambil kutipan dari buku, tapi itu jadi satu tulisan, tanpa aku ubah redaksinya, ibarat copy-paste meski manual dengan ngetik, itu terhitung buatan orang lain ya? Harus masuk ke 1 ya?

Kedua.. tentang pusat perhatian. Ah.. gatau mesti ngomong apa. Malu sebenarnya. Padahal rasanya baru kemarin-kemarin aku ngobrol sama temen, kalau manusia ga akan selamat dari omongan orang. Bahkan Rasulullah yang terpuji, shalawat dan salam untuknya, juga dikatakan seorang penyihir, orang gila. Kita? Kita apa coba? Kita yang banyak kekurangan, pasti pernah dan ga mungkin ga pernah kena omongan orang. Inget Bel?

Yang kedua.. aku cuma ingin mengingatkan diri.
Although we like to believe that we are the center of people's attention, the fact of the matter is that people are generally too busy thinking about themselves. That's not because they're selfish. That's because they're human.
Ya, sama seperti aku.. yang terlalu sibuk memikirkan diri sendiri. Mereka.. orang lain juga sibuk memikirkan diri mereka sendiri. Sudah paham? Tapi prakteknya kadang gitu ya? Hm.. Gapapa. Latihan. Kadang teori sama praktek memang beda, teorinya sederhana, tapi kalau lagi down tiba-tiba prakteknya jadi super sulit. Ya kan? Hm. Semangatlah pokoknya.

Yang terakhir, ga nyambung sama tulisan di atas tapi. Untukku yang entah kenapa Juli ini semangat nulis di sini turun. It's okay. Kalau ga mau nulis di sini gapapa, jangan nulis. Tapi perbanyak baca, ga cuma dari blog ke blog, tapi juga buku-buku kecil yang kamu beli untuk diresensi project after 1000 post. Nanti.. kalau tekomu sudah penuh karena banyak baca, in syaa Allah hatimu, otakmu, jemarimu akan tergerak untuk menulis di sini. And that's better. It's better, than you writing a lot of negative, random and ga jelas post. Ok? Bye.

Terimakasih yang ga baca tulisan tambahan, meski ga tahu kalau aku berterima kasih.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya