Follow Me

Thursday, July 6, 2017

Menyebrangi Jalan Ini

Bismillah.
#fiksi

cross road (from unsplash)

Pagi menjelang siang.. seorang mahasiswa telihat berjalan cepat menuju suatu tempat. Ia berhenti sebelum pertigaan jalan di hadapannya, berniat menyebrang. Saat itulah, tiba-tiba muncul seorang anak kecil perempuan, dengan kerudung putih dan kaos pink.

"Kang," ucapnya. Mahasiswa tersebut menoleh, dan memandang ke bawah, ke wajah arah anak kecil yang jauh lebih pendek dari tinggi tubuhnya.

"Boleh minta tolong sebrangin?" tanya muslimah cilik tersebut malu-malu. Mahasiswa tadi tersenyum dan mengangguk. Ia memang hendak menyebrang, jadi membantu bocah untuk menyebrang tidak ada masalah sama sekali.

Mahasiswa tadi perlahan mengangkat tangannya, lalu membimbing anak kecil di sampingnya untuk menyebrang. Sesampainya di sebrang, sang bocah berterimakasih.

"Mau kemana memangnya?" tanya mahasiswa tersebut. Sang bocah menjawab sebuah tempat tidak jauh dari situ. Lalu mereka pun berpisah, sejenak saling melambaikan tangan.

'Hati-hati di jalan' bisik mahasiswa tersebut, sambil terus berjalan menuju tempat tujuannya. Hari itu.. paginya disambut dengan satu kejadian unik, seolah Allah mengirimkan bocah kecil itu agar ia bisa melakukan kebaikan kecil. Seolah Allah ingin meyakinkannya yang meragu pada dirinya sendiri, kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik, meski masa lalumu begitu kelam. Seolah Allah ingin memberitahunya, ada banyak kebaikan kecil yang bisa ia lakukan, sedikit, demi sedikit.. kalau ia masih belum pantas untuk melakukan kebaikan yang besar.

'Karena yang dilihat Allah, bukan kecil atau besar. Bukan pula sedikit atau banyak. Tapi rasa ikhlas, dan ketaqwaan didalamnya, sesuatu yang hanya bisa Allah lihat.' ucap mahasiswa tadi pada dirinya, sembari memandang gedung tinggi di hadapannya.

"Bismillah".. bisiknya, lalu melanjutkan langkahnya.

The End.

***

PS: Kalau ada yang mau ngasih ide nama, boleh banget. J

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya