Follow Me

Saturday, July 1, 2017

Grafik Menulis

Bismillah.
#blog

Setelah sebelumnya nulis grafik 2012, 2013, dan juga gunung es pertama (2008-2014). Kali ini izinkan aku berbagi grafik yang lebih rumit, fluktuasi jumlah tulisan di blog ini, dari April 2008- Juni 2017. Grafiknya dibuat di Excel 2013. Pilih datanya (tabel), lalu klik pilihan rekomendasi grafik. Bagus ternyata pilihan-pilihannya. Habis itu baru diedit-edit sesuai selera. Biar ga terlalu monoton grafiknya, dan agak lebih nyeni. Oh ya, disarankan tidak membaca tulisan ini karena penuh angka dan membosankan wkwkwk.


Kalau mau lihat detail datanya, lihat saja di archieve blog ini ya.. Maret 2017 adalah bulan terbanyak nulis, 50 tulisan. Sedangkan paling sedikit nulis 0 tulisan, ada di 25 bulan. Jadi sebenarnya aku aktif nulis cuma 86/111, atau sekitar 77% dari umur blog ini.. Tahun paling sedikit nulis 2008 alias pertama kali buat, pas SMP kelas 3. Paling banyak nulis tahun 2016, belum tahu.. apakah 2017 bisa naik atau ga.

Kenaikan jumlah tulisan tertinggi adalah dari 2015 ke 2016, yaitu dengan selisih tulisan 172. Tapi kalau dari kelipatan, sebenernya  kenaikan dari tahun 2011 ke 2012 itu lebih besar (kurang lebih 5 kali lipat), sedangkan kenaikan dari 2015-2016 cuma sekitar 3 kali lipat. Jadi mikir.. sebenarnya itu bedanya apa ya? Hehe. Harusnya ngitung dari selisih atau perbandingan sih? Apa harus ngitung gradiennya? apa pula itu? sudah lupa kalkulus -.-

Intinya mah, ini tebing kedua yang aku daki selain di tahun 2012. Kalau 2012-2013 naik karena saat itu aku sedang sibuk-sibuknya dan banyak inspirasi yang didapat, banyak kesensian juga dulu wkwkwk. Tahun 2016-2017 ini agak berbeda, 2017 belum tahu sih, tapi semoga naik dikit, meski cuma selisih satu tulisan. Oh ya, bedanya, justru tahun-tahun ini aku sedang sama sekali tidak sibuk. Alasannya kenapa? Bukan karena banyak waktu luang, tapi karena aku sadar, menulis itu sangat bermanfaat untukku, untuk mengingatkanku, untuk reconnect myself with the reality. Sebelumnya, izin agak curhat, mungkin tahun 2014-2015 sampai awal 2016 bahkan, mungkin.. seperti... kok ga jadi bisa curhat ya? Pokoknya itulah. I was fooling myself, I did mistakes, sins, I even lost myself, hurt a lot of people, especially the one I loved. May be I still do TT, but at least these day I passed through with this blogs, writing as many worries and negative post in here, and in there, and in other place, and it helps me a lot. Writing do help me a lot. Tentunya selain menulis ada banyak hal lain yang membantuku, doa orang tua, doa orang-orang shalih, yang semua itu Allah kirimkan dan jawab. (':

Dari sekian banyak tulisan yang sudah aku buat, yeah, alhamdulillah I passed the 1000th post, ada 10 tulisan yang paling banyak di klik. Berikut ini link dan sedikit deskripsinya, dari nomer ke 10:

10. TPB STEI - Tahap Paling Bahagia STEI - Sekedar bagi pengalaman. Isinya sudah basi, karena tidak sesuai dengan kurikulum terbaru.

9. Mukena Transparan : Ganti Dek! - Tentang mukena transparan, mengingat lagi syarat pakaian untuk shalat, diawali dengan kejadian asli yang kusaksikan di suatu hari di suatu masjid kampus.

8. Melupakan - Tentang melupakan, kapan ia (melupakan) adalah pilihan, takdir atau kemampuan.
 
7. Muslimah Cantik, Cerdas dan Sholihah - Ditulis atas kegelisahan melihat fenomena tertentu, untuk mengingatkan diri, agar suatu saat tidak lupa pada prinsip yang sudah dipegang erat.

6. Doa; Haruskah Spesifik dan Tervisualisasi - Hanya mencoba merangkai menjadi paragraf, dari kul-tweet Ustadz Salim A. Fillah. Tentang doa, contoh dari para nabi, dan penjelasan, haruskah spesifik?

5. Dilarang Berjanji dan Memutuskan - Tentang larangan berjanji saat senang dan memutuskan saat marah, sedikit penjelasan dan sedikit saran jika harus berjanji atau memutuskan saat senang atau marah.

4. Be Yourself; Your-Growing-Self! - Tentang frase 'be yourself', yang tidak boleh membuat diri stuck dengan bad habbit dan tidak mau berkembang. Special thanks to Teh Lintang Wahyu Mukti, quote be yourself, your growing self, saya dapatkan dari sebuah stiker yang ditempel di dompetnya beliau kalau ga salah liat, saat kami duduk bersebalahan rapat SPDK/rapat Koran Gamais, ini juga lupa-lupa ingat, tapi saya ingat persis tempat kejadiannya, di Koridor Utara Masjid Salman ITB.

3. Are You Okay? - Tentang pertanyaan sederhana, yang terkesan retoratif, padahal tidak. Dikemas dengan prolog dan epilog berupa tulisan fiksi.

2. Dimana Cinta Sejati? - Salah satu propaganda tentang valentine berupa tulisan dari Majelis (divisi) Ilmu dan Kreativitas Rohis Ulul Albab SMA N 1 Purwokerto.

1. Rantai Gajah di Kepalamu - tentang sebuah kisah, yang hikmahnya adalah mengingatkan kita salah satu hambatan menulis dan mengajak kita untuk menghancurkan rantai tersebut.

Wah.. panjang ga kerasa. Udah dulu ya. Semoga bermanfaat kalau ada yang baca sampai akhir, meski udah disarankan tidak baca. Peace V

***

Semoga kedepannya tidak hanya kuantitas yang diperbaiki, tapi juga kualitas. Bukan hanya berhenti di blog tapi beneran jadi naskah dan coba dikirim ke penerbit. Atau self publishing kalau kuat modalnya hehe. Bantu doakan juga ya, doa yang baik-baik. Ga perlu doa ttg ini juga hehe.

Bye~

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya