Follow Me

Sunday, April 14, 2019

Memrise : Menghafal Lebih Mudah dan Asyik

Bismillah.

Awal kenal aplikasi ini dari rekomendasi sohib sejak SD.


Memrise aplikasi belajar bahasa sebenarnya, mirip-mirip duolingo, tapi agak berbeda. Sesuai namanya, Memrise fokus membantu dalam proses memghafal. Selain itu, course (kelas)-nya juga tidak melulu tentang bahasa.


Kalau buka web-nya, bahkan ada juga 'kelas' untuk membantu menghafal perkalian misalnya, atau menghafal ibukota negara-negara di dunia, juga menghafal kosakata dalam al quran.


Aplikasi Memrise menfasilitasi proses menghafal dengan mengulang-ulang pertanyaan. Ada pertanyaan yang diberi pilihan jawaban, 4-6, juga ada yang harus mengetik jawaban. Setiap kata yang dihafal diibaratka sebuah benih yang akan tumbuh dan mekar menjadi bunga.

Selain itu ada sistem review, clasical review dan speed review. Biasanya clasical review dengan menuliskan kata yang dihafal, sedangkan speed review, berisi kuis pilihan ganda dengan waktu terbatas, dan hanya boleh salah 3x.

Ada perbedaan ketika kita menggunakan memrise di web dan di aplikasi hp. Misal course yang hanya gratis level pertama di aplikasi ternyata bisa lanjut dimainkan lewat web. Juga saat speed review, di web, bisa menambah kesempatan melakukan kesalahan pada skor tertentu.

After all, saya cukup puas menggunakan aplikasi ini. J

***

Buat kamu yang ingin belajar bahasa, atau ingin mengasah kemampuan menghafal, barangkali aplikasi ini bisa membantu.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya