Follow Me

Wednesday, August 7, 2019

Keistimewaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Bismillah.

Ini bulan apa? Agustus! Benar! Bulan Apa? Kan tadi udah dijawab. Tapi belum lengkap, ada jawaban lain yang juga benar. Ada yang tahu? Yap.. Ini bulan Dzulhijjah.

Seperti bulan Agustus yang istimewa bagi Indonesia karena merupakan bulan kemerdekaan, bulan Dzulhijjah juga istimewa loh. Istimewa karena merupakan bulan Haji, bulan perayaan Idul Adha, bulan amalan baik dilipatkan pahalanya, begitu pula perbuatan buruk.

7 Dzulhijjah. Untuk bahas tentang keutamaan bulan dzulhijjah, sunnah-sunnah 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, memang kesannya terlambat. Banyak yang sudah share, banyak yang sudah tahu hehe. Tapi, saya masih memegang pepatah inggris, "better late than never". Jadilah tulisan ini hadir, untuk mengingatkan diri terutama, dan semoga bisa jadi pengingat juga untuk yang sengaja/tanpa sengaja membaca tulisan ini.

***

Dari poster yang diterbitkan AQL Islamic Center, ada minimal 7 keutaman 10 hari pertama bulan Dzulhijjah:

1. Allah bersumpah atas hari-hari tersebut

Surat Al Fajr ayat 2, wa layalin ashr, demi malam yang sepuluh. Ada beberapa pendapat sepuluh malam di sini, (a) 10 malam terakhir Ramadhan, (b) 10 yang pertama di bulan Muharram yang termasuk di dalamnya hari Asyura, dan (c) 10 malam pertama bulan Dzulhijjah. Ketika Allah bersumpah akan sesuatu hal, berarti hal tersebut penting dan agung, yang kalau kita mau memikirkan hal-hal yang Allah sumpahkan dalam Al Quran, kita akan menemukan banyak hikmah dibaliknya.

2. Merupakan ayyam ma'lumat (hari-hari yang telah ditentukan)

Di hari-hari tersebut Allah memerintahkan untuk memperbanyak dzikir. (search ayyam ma'lumat selain 10 hari pertama dzulhijjah)

3. Hari-hari terbaik di dunia

Dari jabir, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Hari-hari yang terbaik di dunia ini adalah sepuluh hari -yakni sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah-" Seseorang berkata, "Apakah jihad fisabilillah tidak sebanding dengannya?" Beliau menjawab, "Tidak sebanding dengannya (jihad fisabilillah). Kecuali seorang lelaki yang wajahnya penuh dengan debu." (HR. al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

Ada pula keterangan bahwa pengecualiannya adalah orang yang berjihad fisabilillah dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak ada yang kembali sedikitpun (maksudnya ia mati syahid).

4. Terdapat hari Arafah

Hari Arafah merupakan hari Haji Akbar, hari pengampunan dosa, dan hari pembebasan dari api neraka.

5. Terdapat hari Nahr (Qurban)

Ini adalah pendapat sebagian ulama, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, "Sesungguhnya hari yang teragung di sisi Allah tabaraka wa ta'ala adalah hari nahr (Hari Raya Qurban) kemudian hari setelah nahr." (HR. al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

6. Terkumpul beberapa ibadah yang agung

Seperti shalat, puasa, shadaqah dan haji. Hal seperti ini tidak ada di hari yang lain.

7. Kedudukannya sangat tinggi dan agung di sisi Allah.

Allah Subhanahu wa Ta'ala mengistimewakan amal shalih yang dilakukan pada 10 hari pertama Dzulhijjah.


***

Nah, karena bulan ini istimewa... inginnya sih, blog ini lebih sering diisi. Qadarullah juga kemarin liat challange QJ Hajj di instagram @thequranjournal.id. Pengen ikutan, tapi ga sesuai syarat dan ketentuan hehe *bandel

Niatnya di sini aja nulisnya, bukan dengan tulisan tangan. Trus isinya mungkin ga lengkap. Cuma catatan sederhana aja, dari baca tafsir jalalain. Tujuan utamanya, untuk membiasakan membuat jurnal quran. Termasuk supaya keinget untuk nyelesaiin hutang puluhan qj ramadhan lalu hehe.

Doakan semoga bisa lengkap terlaksana ya, meski start-nya 'sedikit' terlambat.

Semoga Allah mudahkan kita untuk beramal shalih di hari-hari istimewa ini! Allahummarzuqna 'ilman nafi'an wa rizqan thayyiban wa 'amalan mutaqabbalan. Aamiin.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya