Follow Me

Friday, August 9, 2019

QJ Hajj Day 4: Bakkah; Mekah

Bismillah.
#quranjournal

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍۢ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًۭا وَهُدًۭى لِّلْعَـٰلَمِينَ

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.
[Surat Ali-Imran (3) ayat 96]

فِيهِ ءَايَـٰتٌۢ بَيِّنَـٰتٌۭ مَّقَامُ إِبْرَٰهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًۭا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًۭا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَـٰلَمِينَ

Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.
[Surat Ali-Imran (3) ayat 97]

***

Ayat 96.

Dijelaskan di Tafsir Jalalain, yang pertama dibangun sebagai rumah tempat ibadah di muka bumi adalah yang terdapat di Bakkah (nama lain Mekah). Dinamakan demikian karena Ka'bah mematahkan leher orang-orang yang durhaka lagi aniaya.

Baitullah ini dibina oleh malaikat sebelum diciptakannya Adam dan setelah itu baru dibangun Masjid Al Aqsa. Jarak waktu dibangunnya baitullah di mekah dan masjidil Aqsa adalah 40 tahun (berdasarkan dua hadis sahih).

Pada hadits lain disebutkan pula bahwa Ka'bah-lah yang mula-mula muncul di permukaan air ketika langit dan bumi ini diciptakan sebagai buih yang putih. Maka dihamparkanlah dari bawahnya. Tanah tersebut diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Petunjuk di sini, karena ka'bah adalah kiblatnya manusia.

Ayat 97.

Masih dari Tafsir Jalalain. Allah menyebutkan bahwa di baitullah terdapat tanda-tanda nyata, diantaranya maqam ibrahim. Yang dimaksud maqam Ibrahim adalah tempat berpijaknya Ibrahim ketika membangun baitullah. Kedua telapak kakinya meninggalkan bekas padanya sampai sekarang, dan akan tetap sepanjang zaman walaupun pemerintahan yang berkuasa sudah silih berganti.

Tanda/ayat agungnya baitullah yang lain adalah dilipatkannya pahala kebaikan bagi yang shalat di dalamnya dan burung tidak dapat terbang diatas ka'bah. Dan barangsiapa yang masuk ke dalamnya, ia aman, artinya bebas dari ancaman pembunuhan, keaniayaan, dll. 

Ibadah haji merupakan kewajiban bagi yang sanggup. Oleh Nabi shalallahu 'alai wa sallam ditafsirkan yang diwajibkan adalah yang memiliki kendaraan dan bekal untuk beribadah haji. 

Barang siapa yang kafir terhadap Allah atau terhadap kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya terhadap seluruh alam. Artinya Allah tidak memerlukan manusia, jin dan malaikat serta amal ibadah mereka.

***

Ayat 96 dan 97 surat Ali Imran bicara tentang baitullah di Mekah dan ibadah haji. Sebagai manusia, normal untuk kita penasaran, ingin tahu terhadap sesuatu. Termasuk tentang mekah, kenapa kita berkiblat ke Mekah? Karena perintah Allah! Ya, itu benar. Tapi kalau kita membaca quran lebih teliti, dan mempelajarinya, ternyata Allah juga memberikan tanda-tanda, ayat-ayat mengapa dipilih baitullah di mekah. Ada yang bisa review? Jadi, mengapa kita shalat menghadap baitullah di mekah? (1) karena itu perintah Allah (2) karena di sana merupakan tempat ibadah pertama yang di bangun (3) di sana terdapat maqam ibrahim, siapa Ibrahim? Bapaknya para Nabi. Yang berdoa dan jawaban doanya adalah diutusnya Rasulullah dan Al Quran (4) dan ketika manusia memasukinya, ia akan aman. Baitullah di Mekkah itu ibarat safe zone bagi manusia. Bahkan ketika akhir zaman nanti… *aku ga begitu ingat detailnya, tapi nanti… akan ada saat tidak ada tempat di belahan bumi yang aman kecuali Mekkah dan Madinah.

Trus di akhir ayat 96, pengingat banget… ketika Allah sudah menentukan suatu hal wajib, entah itu haji, menutup aurat, shalat lima waktu, zakat, puasa di bulan Ramadhan, apapun itu yang wajib.. Ketika ada manusia yang mengingkarinya, kufur terhadap kewajiban itu, sungguh Allah Maha Kaya. Fa innallaha ghaniyyun 'anil 'alamin. Allah ga butuh shalat kita, zakat kita, puasa kita, haji kita. Allah ga membutuhkan ibadah kita. Sesungguhnya justru kita yang sangat amat butuh Allah, kita yang butuh terus mengingat Allah, maka Allah syariatkan shalat lima waktu. TT

Bahkan disebutkan di Ath Thaghabun, bahwa kita mendengarkannya, kita taat dan kita berinfak itu.. Untuk kebaikan diri kita sendiri. Fattaqullaha mastatha'tum wasma'u wa athi'u wa anfiqu khairalli anfusikum.

Wasma'u wa athi'u wa anfiqu, and listen and obey and spend, khairan li anfusikum, all of that is good for yourself. That's good for you. Listening is good for you, this right now, what are you doing? Listening, It's good for you. But after listening, what you have to do? Obeying, that's good for you. And then, you have to spend up on it. You have youth which means you have time, spend up on your time. Your parents they have money, spend up on your money. You have talents, spend up on your talent. And all of that you would do for whose good? Your own good. Allah doesn't benefit, you benefit. 
Nouman Ali Khan, Quran For Young Adults Day 9

Semoga Allah mudahkan kita untuk memenuhi kewajiban kita, dan meninggalkan larangan-Nya. Semoga Allah tetapkan hati kita pada din-Nya. Aamiin.

Allahua'lam bishowab.

***

Keterangan: In syaa Allah kedepannya ngikutin jadwal dari QJ Challange di bawah ini. Semoga bisa rampung.



Struktur QJ-nya: (1) Ayat dan arti dari lafzi (2) keterangan penjelasan dari tafsir jalalain (3) trus tambahan tulisan dari penulis. Setiap bagian dipisah dengan "bintang tiga" J.

Kalau ada yang salah, jangan sungkan untuk mengoreksi. Masih belajar.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya