Follow Me

Monday, September 30, 2019

If You Find that You're Not

Bismillah.



"I hope you live a life you’re proud of. If you find that you’re not, I hope you have the strength to start all over again." - F. Scott Fitzgerald

***

Kita berharap menjalani hidup yang baik. Kita hidup dalam keluarga harmonis dan hangat. Tapi jika dapati keluarga kita tidak ideal, semoga Allah berikan kita kekuatan untuk menjadi sosok yang menjadi penyejuk hati keluarga, penjalin silaturahim jika anggota keluarga lain ada yang berselisih.

Kita berharap menjalani hidup yang baik. Pendidikan yang baik, pekerjaan yang baik, penghasilan yang cukup. Tapi jika kita dapati ada yang tidak begitu, semoga Allah beri kita kekuatan, agar memiliki jiwa yang suka mencari ilmu, dan jiwa pekerja keras dan pekerja cerdas, serta hati yang lapang dan penuh syukur.

Kita berharap menjalani hidup yang baik. Waktu yang terisi dengan kegiatan produktif. Ibadah yang istiqomah. Kita membawa manfaat bagi orang-orang sekitar. Namun jika kita dapati diri kita tidak seperti itu. Semoga Allah beri kita kekuatan untuk terus bertekad memperbaiki diri. Jika kemalasan dan ketidakproduktifan menyerang, kita berjuang untuk melawannya. Jika ibadah kita belum istiqomah, kita berulangkali bangkit untuk terus melakukannya semampu kita. Setiap kesalahan menjadi cambuk, agar kesempatan berbuat baik sekecil apapun selalu diambil.

Kita berharap memiliki hidup yang bisa kita banggakan, nanti di akhirat. Bukan sekedar kebanggaan hidup yang bersifat material. Bukan sekedar hidup yang terbungkus kepalsuan demi mengundang decak kagum orang lain. Namun jika tidak demikian, semoga kita diberi kekuatan untuk melihat mana yang lebih berarti dalam hidup kita, perspektif yang benar, prioritas yang benar. Sehingga setiap kali hati kita hampir berbelok, dari mencari ridha Allah menjadi mencari ridha selain Allah, kita diberikan kepekaan hati. Kepekaan hati yang mengantarkan kita mendengarkan lagi kalamNya, membaca lagi ayat-ayatNya, kemudian menyadari lagi, bahwa hidup yang baik, adalah hidup yang bisa kita banggakan di akhirat. Hidup yang mengantarkan kita ke surga-Nya. Hidup yang menghindarkan kita dari api neraka-Nya. Hidup yang diridhai Allah, sehingga semoga kita termasuk orang-orang yang diberi nikmat kelak berjumpa denganNya, memandang wajahNya. Aamiin.


Allahua'lam bishowab.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya