Follow Me

Monday, October 12, 2020

Hidup Terasa Flat?

Bismillah.

-Muhasabah Diri-


Sedikit reminder yang perlu dicatat dari kajian kitab ep.6, ga terkait tema utama, tapi penting untuk diri. Bahwa jika hidup lancar-lancar aja, terasa flat, ga ada batu halangan atau tanjakkan, coba banyak merenung. Tentu, nikmat yang Allah berikan harus disyukuri. Tapi kita juga harus bermuhasabah, takutnya, yang kita terima bukan nikmat, tapi istidraj. Istidraj adalah "kesenangan" yang terus menerus Allah berikan, bukan sebagai bentuk cinta, tapi dibiarkan agar orang tersebut tenggelam dan merasa aman terus melakukan dosa. Karena salah satu bentuk cinta Allah adalah musibah, pengingat jika kita menjauh dari-Nya, bentuk ujian untuk membuktikan kata "aku beriman" yang kita ucapkan. Bentuk ujian, agar kita naik tingkat.

So if your life feels flat, check and ponder. Maybe you're going downward. Karena kalau kita berjalan naik, tentu kita akan menemukan kesulitan, batu-batu penghalang, dll. Dan nikmat yang terlimpah dalam hidup, coba maknai dan syukuri. Tapi sering-sering pula cek hati. Karena memang ujian tidak bentuknya ga selalu kesulitan, bisa juga sesuatu yang kita sukai. Dan itu tidak mengapa, asalkan... asalkan hal itu tidak membuat kita lalai.

Terakhir, mari perbanyak doa. Semoga Allah mudahkan kita untuk mengingat-Nya, bersyukur kepada-Nya dan beribadah kepada-Nya. Allahumma a-inna 'ala dzikrika, wa syukrika wa husni 'ibadatika. Aamiin.


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya