Follow Me

Sunday, January 9, 2022

Halaqah Cinta; Beyond Love Talks

Bismillah.

Qadarullah ada beberapa buku dengan kata "cinta" di judulnya yang sudah atau sedang aku baca. Salah satunya buku berjudul Halaqah Cinta yang ditulis oleh akun twitter @teladanrasul.

Covernya origami bentuk heart berwarna merah dengan latar belakang tosca. Subjudulnya, Follow Your Prophet, Find Your True Love. Diterbitkan oleh QultumMedia.

Btw, sebenernya aku malu nulis kalau aku sedang baca buku topik ini. Gak tahu kenapa malu aja hehe. Tapi karena aku banyak dapet manfaat dan menurutku buku ini sayang kalau di share, jadi deh aku nulis ini.

Aku baru baca setengah dari buku ini. Bab pertama sama kedua, persepsiku tentang buku ini masih biasa aja. Bab pertama bahas tentang motivasi menikah (why-nya). Bab dua bahas tentang hal-hal yang membuat orang menunda menikah. Nah, bab tiga ini yang membuat aku kesengsem sama buku ini. Bab ini yang membuat buku ini gak sekedar bicara tentang cinta.

Bab 3 ini membuatku merasa ada di halaqah islam (: Judul babnya : Mau yang Terbaik. Setiap isi di dalamnya bahas tentang apa yang harus diperbaiki, mulai dari dasar, dari kta sebagai hamba sampai bahasan ringan tapi cukup terkait self-improvement.

Bagiku bab ini sesuatu banget, kaya pengingat untukku untuk back to basic. Berasa pertama kali ikut halaqah. Apalagi di akhir tiap judul di bab itu, ada tabel to do list. Lumayan panjang dan perlu bertahap, tapi beneran kalau dilakuin, pasti bakal bantu kita buat mendapatkan yang terbaik. in syaa Allah.

Nih, aku kasih sedikit capture halamannya ya.

...hamdalah. Betapa Allah begitu baik memberi kita hidayah untuk beribadah kepada-Nya." - @teladanrasul dalam buku Halaqah Cinta.

Aku suka bagaimana penulis terkadang membuat kata-kata refleksi dan mengubah point of view. Yang tadinya kita seolah diajak ngobrol, trus kita diajak ngobrol dan berbicara pada diri sendiri. Kata-kata yang diminta dibaca pelan dan diresapi. Jadi kerasa banget, bahwa yang kita baca ini.. jangan hanya dijadikan informasi yang cuma makanan otak. Tapi jadiin juga sesuatu yang menggerakkan hati dan diamalkan dalam laku. Contohnya seperti ini:

"Mari kita renungkan kata-kata ini, lalu pelan-pelan baca dan hayati.

Hari ini hari terbaikku. Hari ini milikku. Hari ini bisa jadi hari terakhirku. Aku akan membentuk kebiasaan terbaik hari ini. Ya, hari ini. Hari ini, aku akan mencurahkan segala perhatian, kepedulian, dan kerja keras untuk membentuk kebiasaan terbaikku." - @teladanrasul #daribuku Halaqah Cinta

Paragraf itu, kemudian dilanjutkan dengan paragraf lain yang bermula dengan hal-hal baik yang harus kita jadikan kebiasaan.

Hari ini, aku akan melakukan salat yang paling khusyu, zikir sepenuh hati, doa dengan penuh keyakinan, dan membaca Al-Qur'an dengan penuh penghayatan................ (ada lanjutannya lagi, silahkan baca sendiri ya hehe hal.146)

Hari ini, aku akan melakukan tobat yang sesungguhnya.................

Hari ini, aku akan membagi waktu dengan lebih bijaksana............

dan berbagai kalimat pembuka lain yang dirangkai dalam paragraf yang lembut mengetuk hati.

***

Bagi yang sedang cari bacaan tentang cinta tapi yang gak bikin baper. Buku ini bisa banget jadi pilihan. It talks beyond love. Lewat buku ini juga aku jadi penasaran dengan karya lain dari penulis.

Semangat membaca dan sharing bacaan. Biar saling memotivasi.

Jangan minder nulis buku yang kita baca ya. Meski novel atau buku-buku yang gatau kenapa kita malu untuk ngeshare. Karena tiap yang kita baca pasti ada hal baik atau insight baru, nah yang baik itu yang di share.

Aku soalnya suka juga baca insight bacaan orang. Kan seneng meski gak baca bukunya, tapi tetep dapet lesson learned-nya (:

Sekian. Bye5!

Wallahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya