Follow Me

Monday, December 31, 2012

Ikut Tahun Baru Nggak Ya?


Bismillah...

Seseorang berkata pada Ayahku, “Aku tah ora melu taun baru-an”. Ayahku dengan santai menjawab. “Aku tetep melu.”

“Masa iya, arep 2012 bae. Aku tah melu 2013”. Dan orang yang berkata tak ikut tahun baru-an pun mengiyakan pernyataan Ayahku.


***

Aku mendengar celetukan Ayahku hanya tertawa dalam hati. Senyum-senyum sendiri. Ada-ada saja. :P

Ayahku selalu punya cara yang unik untuk membuat sebuah hal yang bisa menjadi sebuah perdebatan sengit, menjadi sebuah hal yang bisa menerbitkan senyum. Ayahku selalu saja begitu. Kalau boleh lancang, aku ingin menyebut Ayahku jahil (*bukan dalam konteks bahasa arab).

Untuk masalah tahun baru dan perdebatan tentang perayaannya, Ayahku punya cara tepat untuk membuatku tersenyum. Benar adanya, pergantian tahun tidak bisa kita hindari. Kita mau tidak mau, memang akan ikut bertahun baru. Semua orang yang masih Allah beri kesempatan untuk hidup, esok hari adalah tanggal 1 Januari 2013 menurut kalender masehi. Tidak bisa tidak. :P

Adapun masalah merayakan atau tidak. Itu pilihan masing-masing orang. Maka bersyukurlah, bagi kita.. yang sudah mengerti bahwa pergantian tahun ini, tak memiliki keistimewaan ketimbang hari-hari lainnya. Maka tak perlu lah, terbawa arus.. pergi ke keramaian kota, tiup-tiup peluit (*eh terompet), atau sekedar begadang dan menghitung mundur pergantian hari. Kalau kata sebuah tulisan (*lupa dimana bacanya) : jauh lebih baik sepertiga terakhir malam, ketimbang pergantian dari jam 23.59 ke 00.00.

Namun, bagi yang merasa momen ini perlu banget (*perlu aja?) dirayakan.. mm.. jujur, no comment deh. Aku pribadi yakin, ada banyak informasi, baik dalam bentuk lisan atau tulisan yang telah menyampaikan tentang hal ini. Tentang sikap apa yang harus diambil seorang muslim, perihal pergantian tahun masehi. Jadi, aku persilahkan yang belum tahu untuk segera cari tahu. J Dengan hati lapang dan pikiran jernih. Karena dengan dua hal tersebut, ilmu dapat kita raih. Insya Allah.

***


By the way, memangnya bisa ya.. kita tetap berada di 2012 sedangkan yang lain sudah di 2013? Hehe :P

*bisa saja sih, kan ada perbedaan waktu tiap belahan dunia. Wkwk.

Wallahua’lam

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya