Follow Me

Saturday, December 29, 2012

Grogi Ya, Diliatin?




Jujur aku tertawa geli, saat mendengar kalimat di atas diucapkan oleh danlap kepada peserta LMD 167 (*saya panitia LMD 167). Pertanyaan yang wajar sih. Soalnya, udah lebih dari tiga kali taruni diminta untuk berhitung, dan selalu saja ada yang lupa/terlupa hingga hitungannya jadi tak sesuai.

***



Talking about grogi. Atau nerveous dalam bahasa inggris. Grogi tuh, perasaan nggak tenang yang membuat kita berlaku tidak seperti biasanya. Jadilah jantung berdebar, keringat dingin, salah tingkah, dll. Penyebab grogi ada macam-macam. Mulai dari tantangan, ketakutan, kehadiran orang yang “sesuatu”.

Yang istimewa, grogi juga terjadi saat kita melakukan kesalahan/perbuatan dosa. Percaya nggak? :P

Contoh konkrit nih, kalau seseorang sedang berbohong.. biasanya ia pasti grogi. Ada saja yang aneh dari cara ia berbicara. Tidak mau menatap wajah, ucapannya terbata-bata, sampai ciri-ciri lain yang bisa dibaca di sini.

Grogi yang macem di atas (baca: melakukan sebuah kesalahan/perbuatan dosa) adalah sesuatu yang wajib ada di diri kita. Grogi, karena kita tahu.. Allah Maha Melihat. Grogi, karena kita tahu.. apa yang kita lakukan itu salah dan dosa. Grogi yang satu ini adalah fitrah, ciri hati masih hidup. Jika getarnya sudah tak lagi dirasa, coba tengok hatimu. Barangkali ia sakit, sekarat, atau bahkan mati. Naudzubillah.

“Mintalah fatwa kepada hatimu. Kebaikan itu adalah apa-apa yang tenteram jiwa padanya, dan tenteram pula dalam hati. Dan dosa itu adalah apa-apa yang syak dalam jiwa, dan ragu-ragu dalam hati, meski orang-orang memberikan fatwa kepadamu dan mereka membenarkanmu.” (HR Muslim).

***

Kesimpulan random saya tentang kalimat tanya di atas : cowok itu mudah kePDan. Sepertinya, sedikit saja tingkah aneh dari cewek, akan membuat ia berfikir : “ini cewek grogi ya ada saya?”. Wkwk. Hanya saja, beberapa memilih diam, beberapa lagi memilih langsung bertanya. :P Nggak papa sih, asal nggak selalu mikir ke arah “sesuatu” (baca: merasa yang grogi suka pada yang membuat grogi).

Grogi ya diliatin?
Yaiyalah grogi. Dikasih soal fisika yang susah, trus pas ngerjain diliatin lagi -.-

Grogi ya diliatin?
-.- Iya Ya Allah.. semoga selalu grogi tiap hendak melakukan kesalahan. Semoga hati ini selalu peka dan merasa diawasi olehMu.

Wallahua'lam

***

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya