Follow Me

Saturday, December 29, 2012

Setiap Kata


-muhasabah diri-
Bismillah..

Karena setiap kata yang meluncur dari lisan kita, yang tertoreh lewat jemari kita.. nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapanNya.

***



Al kisah, satu dua pertanyaan dilemparkan oleh orang yang berilmu, kepada saya -.- yang kurang berilmu. Pertanyaannya tentang tulisan di media yang saya turut andil sebagai admin.

Satu kasus, tentang akidah. Bagaimana, kebanyakan dari kita hanya tahu bahwa nama-nama malaikat adalah 10 nama yang kita hafalkan saat berada di sekolah dasar. Padahal, tidak ada landasan yang kuat yang mendasari beberapa nama dari 10 nama yang kita hafal.

Secara syar’i manusia wajib mengetahui 10 malaikat :
  1. Malaikat Jibril memiliki tugas khusus menyampaikan wahyu Allah kepada para Nabi dan Rasul.
  2. Malaikat Mikail  bertugas mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan.
  3. Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala ketika datang hari kiamat dan saat kebangkitan manusia.
  4. Malaikat maut bertugas mencabut nyawa seseorang ketika ajal menjemput.
  5. Malaikat yang bertugas menjaga surga dan neraka.
  6. Dua malaikat yang berada di sisi kanan dan kiri manusia yang mencatat amal manusia.
  7. Dua malaikat yang mendatangi ketika seseorang sudah di alam kubur, dan bertanya kepadanya tentang siapa Rabbnya, siapa Nabinya, dan apa agamanya. (Syarhu Ushuulil Iman, Syaikh Ibnu ‘Utsamin)
Satu kasus, tentang fiqih sholat. Satu lagi tentang tauhid dan pembagiannya. -.- Dan jujur, saya dibuat bingung dan takut sekedar membaca pertanyaan mereka. Nggak berani lah, menjawab pertanyaan berat dari mereka. Aku lebih sering menanyakannya kepada yang lebih tau, kemudian mempersilahkan yang lebih tahu untuk menjawab. Sedangkan diri, cukuplah menjadi pendengar dan pembaca yang baik. Menyimak terlebih dahulu.

***

Dan dari sekian kasus dan pertanyaan. Aku belajar untuk lebih berhati-hati dalam menulis/berbicara tentang apapun. Terutama yang kaitannya tentang hal yang diluar pengetahuanku.

Dari sekian kejadian, aku kemudian tahu diri. Bahwa diri harus lebih giat lagi belajar dan belajar. Tak sekedar menguasai (baca: bisa memakai) teknologi/media, tapi juga belajar ilmu agama.

Teringat nasihat seseorang, bahwa kewajiban seorang muslimah sekarang adalah mencari dan terus menambah ilmu agamanya. Sebagai bekal kelak mendidik anak.

Ya Allah.. Yang Maha Mengetahui : mudahkanlah..

Wallahua'lam

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya