Follow Me

Monday, February 10, 2014

Ayat : Tanda Dari-Nya


-muhasabah diri, tadabbur ayat-

Bismillah..

Hanya ingin mengutip beberapa ayat di Surat Ar Rum, sebuah surat yang mengabarkan gembira-nya orang-orang yang beriman atas kemenangan Bangsa Romawi.

Satu hal yang membuatku menulis ini, karena aku membaca terjemah yang sama, kata yang sama diulang di surat ini : Dan di antara tanda-tanda (wa min ayaatihi).

Ya, ayat, atau tanda.. yang lebih sering kita abaikan ketimbang renungi. Mari sejenak baca lagi, tanda dari-Nya.


***

Ayat 20-24

( 20 )   Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak. 

( 21 )   Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. 

( 22 )   Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. 

( 23 )   Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan. 

( 24 )   Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya. 

( 25 )   Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan iradat-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur).


Ayat 46

( 46 )   Dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya; mudah-mudahan kamu bersyukur.
***

Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya :
1. Penciptaan manusia
2. Penciptaan pasangan manusia (istri)
3. Penciptaan langit dan bumi, perbedaan bangsa dan bahasa manusia.
4. Malam dan siang hari.
5. Kilat dan hujan
6. Berdiri nya langit dan bumi, bangkitnya manusia dari kubur
7. Angin laut dan angin darat, kapal yang berlayar.

Pertanyaannya... saat tanda-tanda itu dipaparkan dengan jelas di Al Qur'an, pelajaran apa yang kau petik? Hikmah apa yang kau ambil?

Pertanyaannya... saat tanda-tanda itu dipaparkan dengan jelas di Al Qur'an, kemana saja selama ini?

Pertanyaannya... saat tanda-tanda itu dipaparkan dengan jelas di Al Qur'an, bukankah lisan.. seharusnya selalu basah bertasbih dan bertakbir untuk Nya? Subhanallah.. Allahu Akbar..

Pertanyaannya... saat tanda-tanda itu dipaparkan dengan jelas di Al Qur'an, adakah syukur? atau justru sebaliknya?? Na'udzubillah.. tsumma na'udzubillah..

***

Allahumma a inni 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibadatika.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya