Follow Me

Monday, February 10, 2014

Berserah dan Bergantung Hanya Kepada-Nya

 

-muhasabah diri-

Bismillah..

Sebuah email siap di kirim, namun sebagian hatinya tidak rela sebuah klik mouse melayangkan email itu kepada asisten praktikumnya.

"Tapi aku hanya perlu 39 untuk bisa lulus,"
"Kau mau berharap pada asisten itu? yang menentukan lulus atau tidak itu bukan dia"
"Tapi jika kau tak bisa mencapai 39, kau harus mengulang tahun depan"
"Jika memang itu yang IA takdirkan padamu, bukankah itu yang terbaik untukmu?"


Cepat-cepat gadis itu menutup web browser di laptopnya. Bendungan air itu ambruk, aliran air hangat kembali membasahi pipinya. Allah... maafkan aku.

***

About this Ayat

"Allahu ahad, Allahu shomad"

Allahu shomad, artinya... Allah tempat bergantung. Tempat engkau meminta, tempat kau kembali.


And another ayat

"Iyyaka na'budu wa iyaaka nasta'in"

Hanya kepada-Mu kami menyembah, dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan. Hanya kepada Allah seharusnya kita memohon pertolongan.

Does it mean, we can't ask people for help?**

Ada hal-hal yang boleh kita minta bantuan kepada manusia. Dengan syarat, (1) ia yang kita mintai bantuan bisa melakukan itu, (2) ia masih hidup, (3) ia tidak berada jauh dari kita*.

***

Memang bukan hal yang mudah bergantung hanya pada Allah. Karena kondisi iman dan lingkungan seringkali membuat kita bergantung pada selainNya. Pada diri, pada dosen, pada IPK, pada uang, pada belaskasihan orang lain, pada fashion, pada laptop, pada internet, dll. Padahal kita tahu, bahwa yang dapat membolak-balik hati manusia adalah Allah. Padahal kita tahu, bahwa yang memberi rizki adalah Allah. Padahal kita tahu.... bahwa tidak ada yang mustahil untuk Allah. Ia hanya perlu mengatakan "Kun", maka jadilah.

Allahumma inni a'udzubika minal kufri wal faqr. Allahumma inni a'udzubika min adzabil qobr. Laa ilaha illa Anta

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran; ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur. Tiada Tuhan kecuali Engkau."

Allahumma inna na'udzubika min annusyrika bika syai-an na'lamuhu wa nastaghfiruka limaa laa na'lamuhu

"Ya Allah sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu yang kami ketahui, dan kami mohon ampun kepada-Mu untuk sesuatu yang tidak kami ketahui."

Allahua'lam bishowab.

*maksudnya : misal A meminta bantuan kepada B yang berada di negara berbeda dengan A, tanpa bantuan teknologi (internet, hp, dl)
**dari materi halaqah MPI

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya