Follow Me

Wednesday, May 7, 2014

Jangan Takut Berubah

-Muhasabah Diri-

Bismillah..

Seringkali, ketika kita memilih untuk berubah, ada hal-hal yang akan hilang. Dan perasaan kehilangan itu, membuat kita takut. Mungkin yang hilang adalah teman-teman kita, perhatian orang tua kita, pacar *eh, harta, dll.

Perubahan seringkali menuntut kita, "yakinkah kau mau berubah dengan segala konsekuensinya?"


***

Saat pertama kali memutuskan untuk memakai kerudung, bukankah itu perubahan yang baik? Namun kita mungkin pernah diliputi rasa takut untuk melakukan perubahan itu. Takut, karena bisa jadi orangtua kita tidak mengizinkan. Takut, karena kebanyakan orang berkata, jika foto ijazah tidak terlihat telinganya, maka tidak akan terpakai. Takut, kehilangan teman-teman karena mereka men-judge dirimu sosok yang sok alim. Dan ketakutan-ketakutan lain.

Namun ketakutan itu, akhirnya bisa teratasi juga bukan? Karena kita percaya ini bukan tentang mereka, bukan tentang dunia. Ini tentang Allah. Ya. Karena Allah mewajibkan setiap perempuan muslim (baca : muslimah) untuk menutup auratnya, untuk memakai kerudung. Dan bukan sekedar menutup kepala, namun juga memanjangkannya hingga menutup dada.

Saat pertama kali, kita mungkin belum mengerti keharusan kerudung yang menutup dada. Namun sekarang saat kita tahu, kita kembali dihantui rasa takut. Takut yang sama. Takut kalau dikira lebih alim, padahal kita merasa amalan kita masih tak seberapa. Takut dibilang ga gaul. Dan ketakutan ketakutan lain..

Tapi, bukankah kita yakin pada janji Allah? Bahwa ketika perubahan membawa kehilangan, Allah akan mengganti dengan yang lebih baik?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئًا للهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ

"Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah 'Azza wa Jalla, kecuali Allah akan menggantikannya bagimu dengan yang lebih baik bagimu" (HR Ahmad no 23074)
***

Berubahlah menjadi lebih baik. Tinggalkan apa-apa yang tidak Allah sukai. Pacar, maksiat, dll.. sungguh akan diganti-Nya dengan yang lebih baik.

Ayo berubah! Rencanakan, tuliskan, berdoa, dan wujudkan!

Allahua'lam bishowab.

2 comments:

  1. Yang namanya perubahan, awalnya mesti, begitulah.. itu karena belum terbiasa, tp toh cuma di awal.. Selama niatnya mencari ridho-Nya dan konsisten insya Allah, jd mudah.. :) For a better tomorrow ^^
    teh bella~ ^^

    ReplyDelete

ditunggu komentarnya