Follow Me

Tuesday, November 6, 2012

Halal dan Haram

Bismillah

Kebetulan, mendapat tugas Matakuliah Agama dan Etika Islam (AEI) untuk presentasi mengenai halal dan haram. Jadilah.. mulai berselancar dengan referensi dari google.

***

Wahai manusia, makanlah yang halal dan baik (thayiban) dari apa-apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kalian ikuti langkah-langkah syeitan. Sungguh, syeitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS Al Baqarah : 168)
Maka, makanlah dari rizki yang diberikan Allah kepadamu yang halal lagi baik, dan bersyukurlah atas nikmat Allah jika benar ibadah(pengabdian)-mu hanya kepada-Nya semata. (QS An Nahl : 114).

Nabi SAW. bersabda : “Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obatnya, dan menjadikan untuk kamu bahwa tiap-tiap penyakit ada obatnya. Oleh karena itu, berobatlah, tetapi janganlah berobat dengan sesuatu yang diharamkan!” (HR. Abu Daud)


***

Bukan sekedar makanan dan minuman yang harus dicari untuk bahan presentasi, tapi juga kosmetik dan obat-obatan.

Hikmah : ternyata ada banyak hal yang belum tahu. Mesti sering-sering baca. Walaupun kita sekarang tinggal di Indonesia, negara yang mayoritas penduduknya Islam, tetap saja. Ayo.. buka-buka lagi buku yang membahas mengenai halal dan haram. Atau paling mudah.. kunjungi situs-situs terpercaya di internet, atau di sebuah page di facebook.

Oh ya, satu lagi. Halal dan haram itu bukan sekedar masalah apa yang kita makan loh. Tapi juga tentang bagaimana uang yang kita dapat, bahkan juga cinta *eh :P (maksudnya : wala taqrobuzzina, belum halal kalau belum menikah).

wallahua'lam bishowab.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya