Follow Me

Wednesday, March 27, 2013

Media, Propaganda dan Dakwah Kita



-muhasabah diri-

*tulisan ini dibuat utamanya untuk diri, yang seringkali memakai media. namun bukan untuk "hal yang lebih baik". :)

Bismillah..

Masih tentang Pemira 2013. Sebagai seseorang yang memang menyukai media, adalah hal yang menyenangkan melihat Pemira tahun ini. Feel so happy, melihat publikasi yang menarik.. poster dan banner yang bertebaran.. web, video :) gagasan :) kreativitas :)

***

Adalah hal yang menyenangkan :) melihat itu semua. Betapa mahasiswa, aktivis kampus, bisa begitu kreatif menyampaikan ide dan gagasan. Betapa mahasiswa, aktivis kampus, bisa begitu kreatif mencoba menarik perhatian massa. Adalah hal yang menyenangkan, meski satu hal yang saya sesalkan. Seringkali hal yang tadi saya sebut, hanya muncul di saat-saat tertentu. Entahlah saya bersuudzon atau tidak. Tapi seringkali hal ini kutemui hanya di saat-saat ini. Masa dimana, suara yang mereka kejar. Hm. Yasudahlah, namanya juga kampanye.

Well.. back to the topic. Media dan propaganda kreatif lagi cerdas yang beberapa saat lalu bertebaran membuatku tergelitik untuk menulis ini. Sebuah pengingat diri. Bahwa media, kreatifitas, gagasan adalah modal yang sudah dimiliki oleh kita selaku mahasiswa dan aktivis kampus. Modal besar :) Untuk membuat dunia mengalihkan pandangannya dari apapun, kemudian menatap kita, lekat.

Ya. Media, propaganda, gagasan dan kreatifitas sudah kita miliki. Selanjutnya, kembali ke tangan masing-masing. Apakah akan digunakan untuk hal yang baik? Atau yang lebih baik? hehe :) *because I believe, we don't want to do a bad things, right?

Nah.. kalo yang kemarin, menurut saya masih dalam kategori hal yang baik. Mau yang lebih baik? Hayuk.. sama-sama cari tahu, apa sih hal yang lebih baik yang bisa kita lakukan dengan modal media, propaganda, gagasan dan kreatifitas yang kita miliki?
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" -QS Fushilat ayat 33-
***
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung. -QS Ali Imran ayat 104-
Dijamin beruntung oleh Yang Maha Menentukan? Siapa yang tidak mau? Hehe :)

Saya mengajak temen-temen mahasiswa dan aktivis kampus. Untuk melanjutkan aksi tebar propaganda via berbagai media yang menarik, kreatif dan tentunya membawa gagasan yang cerdas. Yuk, kita berdakwah dan mensyiarkan Islam dengan modal tadi. Insya Allah.. balasannya lebih baik ketimbang kita menyeru kepada hal-hal yang duniawi. :)

Ya Allah.. Engkau-lah yang menjadikan kami kreatif. Engkau Ya Allah, yang menjadikan gagasan cemerlang mampir di syaraf otak kami. Engkau Ya Allah, yang menjadikan kami mahir menguasai berbagai media propaganda. Dan hanyalah Engkau Ya Allah, yang bisa menggerakan hati kami, agar kemampuan yang kau titipkan pada diri kami, bukanlah semata untuk mengejar dunia saja. Tapi juga mengejar ridhomu, dengan cara mensyiarkan dan menegakkan islam. :)


***

Yuk, buat propaganda-propaganda kreatif lagi menarik. Tapi tak berhenti sekedar untuk "masalah ini". Lanjutkan untuk hal-hal yang lebih penting :)

#lebihbaikberjamaah
#sholatdiawalwaktu
#2rakaatsholatdhuha
#seninkamis
#utsbersih
dll

:) yad'una ilal khoir, wa ya'muruna bil ma'ruf, wa yanhauna anil mungkar.

2 comments:

  1. Propaganda yang tidak eksplisit pakai istilah2 islam jangan dianggap buat duniawi aja. Kalo diperhatikan dan dipikir lagi, itu berorientasi akhirat juga

    ReplyDelete
  2. :) Saya terkesan menganggap seperti itu ya? Maaaff..

    Terimakasih sudah mengingatkan :) Sungguh, diri tidak pantas men-judge apakah sebuah amalan seseorang dilakukan untuk "dunia", atau untuk "akhirat". Allah lebih tahu, hanya Allah yang tahu.

    Sekali lagi maaf. Terimakasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete

ditunggu komentarnya