Follow Me

Monday, June 30, 2014

Gadget , Al Qur'an and Ramadhan


-Muhasabah Diri-

Bismillah..

Gadget, apapun bentuknya, baik handphone, tab, kompie, atau apapun, somehow, ia selalu minta perhatian lebih dari mu. Ya. Dering atau getar notifikasi, hampir tidak pernah berhenti mengusikmu.

Ini sepertinya akan menjadi lanjutan tulisan Distraksi.

***

Jadi, hiduplah kita di era informasi, dimana gadget kita, bisa begitu banyak memberikan informasi via aplikasi yang ada dalamnya. Hal ini lantas membuat kita, hampir setiap detik kita mengecek gadget tersebut. Sekedar scroll di medsos, atau juga benar-benar membaca pesan - pesan yang tak henti muncul di layar.

Setuju tidak setuju, waktu kita kemudian habis karena berkutat disana. Kemudian pertanyaan menghujam terngiang, "Apakah bisa kita 'buang' gadget kita, dan beralih ke Al Quran di Ramadhan ini?"

Ini mungkin adalah salah satu solusi menyingkirkan distraksi, tapi....

"Ada beberapa amanah yang harus komunikasi via wa",

"Saya punya amanah untuk mensyiarkan Ramadhan via medsos"
dan alibi lainnya yang, seringkali kita -terutama saya- kemukakan


***

Namun di atas semua excuse di atas, ada hal-hal yang membuat kita kemudian tergerak untuk benar-benar "membuang" sementara gadget kita.


"Disebutkan ulama yang bernama Ibnu 'Aqil al-Hanbali berhasil menulis buku setebal tujuh ratus jilid. Buku ini terdapat di beberapa perpustakaan di Barat. Dia berhasil menulis buku sebanyak itu karena dapat memelihara waktu dengan baik. Begitu berhati-hatinya terhadap waktu, ada yang mengatakan bahwa dia hanya makan kue ketika sarapan dan makan malam, tidak memakan roti. Hal ini sempat dipertanyakan oleh banyak orang, "Mengapa Anda hanya makan kue dan tidak makan roti?" Dengan enteng dia menjawab, "Selisih jarak antara makan kue dengan makan roti sama dengan membaca lima puluh ayat al-Qur'an." -dari status Mba Yurisa.
 ......
"Kalau murid saya yang di xxxx sudah saya wajibkan, kalau disini, ini cuma anjuran. Silahkan selama Ramadhan hentikan aktivitas dunia maya terutama sosmed"

"ya, semua. WhatsApp, Line, Facebook dan lain-lain"
 ......

"You don't have free time!!"

"You don't have something called free time guys. You don't!

You are members of this ummah. Any member of this ummah, especially the young member of this ummah constantly working to make his society better. They do something good for people.  

You don't have free time! You don't have time to play video games for 8 hours. You don't have time for the new movie that's coming out. You don't have time!

You have time to do more important things. You're the youth of this ummah. Hold yourself to a higher standard. Not because the elders are telling you, because the sheikh is telling you, because somebody else is telling you.  

Because your own conscious should tell you! Your 'Laa ilaha illaLLah' should tell you man!
......
 
***

Speechless? Yes I am.

I know I'm not good either in managing my time. But I wish I am. I must change to be better about this!

Allah.. bantu aku, bantu kami agar bijak menggunakan nikmat waktu dari-Mu.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya