Follow Me

Monday, September 1, 2014

Foto yang Sudah Berpulang (2)

 
-Muhasabah Diri-

Bismillaah

'Afwaan BC

*Syaikh Shalih Fauzan memfatwakan larangan menampilkan foto2 korban kezaliman kafir*

"Perkara ini tidak lazim. Tidak boleh menunjukkan foto-foto korban luka.
Akan tetapi seharusnya umat Muslim diberitahu untuk memberi sumbangan pada saudara-saudaranya. Dan mereka diberi informasi bahwa saudara-saudaranya berada dalam keadaan yang buruk. Dan bahwa hal-hal buruk terjadi dari perbuatan Yahudi tanpa harus menunjukkan pada mereka foto dan gambar korban luka.

Karena hal ini melibatkan penggunaan pembuatan gambar. Dan ini juga melibatkan memikul beban yang Allaah tidak perintahkan dengannya. Dan ini juga melemahkan kekuatan umat Muslim. Karena saat kau menunjukkan pada orang-orang gambar umat Muslim yang telah dipotong-potong (mutilasi) atau dengan bagian tubuh mereka terpotong. Ini membuat takut Umat Muslim dan membuat mereka takut akan perbuatan musuh-musuh.

Dan yang wajib adalah bagi muslim untuk tidak menunjukkan kelemahan. Dan mereka tidak menunjukkan tragedi/musibah-musibah. Dan mereka tidak menunjukkan hal-hal ini. Seharusnya mereka menutupi hal-hal ini. Sehingga tidak melemahkan kekuatan umat Muslimun." (Syaikh Shalih Al-Fauzan)

From the lecture: “At-Tawheed, the Key to Happiness in This Life and the Hereafter”, by Ash-Shaikh Saalih Al-Fawzaan, as conveyed in the book “Al-Ijaabaaat ul-Muhimmah feel-Mashaakil il-Mulimmah”

Ini link-nya : Showing the Wounds of the Muslims in Palestine and Other Places by Shaykh Saalih al Fawzaan: http://www.salafitalk.net/st/viewmes...m=6&Topic=582
Baa rokAlloohu fiykum.. *senyum

Lanjutan dari Foto yang Sudah Berpulang.

***

Dan saat umat Islam masih digempur meski ini bulan Ramadhan, masing-masing kita terkadang turut share apa yang ada di sosmed. Luka-luka, jasad yang sudah berpulang, dan foto lain yang sungguh memandangnya membuat mata perih.

Pernah ditegur juga sama seorang teteh. Tapi tanpa dalil,
"Bella, hati-hati, gambar jasad manusia yg sudah berpulang jangan sampai di expose (tidak usah di share), kita harus menghormati saudara2 kita yang telah berpulang. . (Kalau bisa dihapus mungkin, copy kata-katanya aja..) kita doakan saja mereka ya -NS-

Sekitar september 2013 lalu
Sejak itu aku pribadi jarang share foto jasad yg sudah berpulang, maupun foto yang berdarah-darah.

In syaa Allah, cuma dengan melihat foto kanak-kanak di Palestina / suriah yang lucu, dan kita kasih info bagaimana keadaan mereka. In syaa Allah bisa juga mengetuk hati umat muslim.
Maaf yaa.. baru share.

***


Untuk siapapun yang membaca ini, mari sebarkan ke teman-teman yang belum tahu. Semoga Allah meridhoi cara kita menyebarkan informasi kondisi umat muslim di negara lain. Aamiin.

Allahummaghfirli..


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya