Follow Me

Monday, September 1, 2014

Satu Bulan Lebih Vacum Blogging




 taken from here

Bismillah. Satu bulan lebih terhitung sejak tanggal 10 Juli 2014. Terhitung  lima puluh dua hari. Super sekali!


Vacum menulis adalah hal yang wajar ketika menulis sekedar mengisi waktu luang. Adalah hal yang wajar, ketika menulis belum menjadi kebutuhan kita. Namun saat hal itu sebaliknya, bagaimana rasanya vacum menulis bagi ia yang terbiasa setiap hari merangkai kata? Bagaimana rasanya, saat kebutuhan kita untuk menulis, tidak bisa kita penuhi. Haus seperti halnya kita tidak memenuhi kebutuhan air. Lemas seperti halnya kita tidak memenuhi kebutuhan makan diri kita.

Pertanyaan selanjutnya, yang manakah diri?

Satu hari tidak menulis

Adakah diantara kita yang mempunyai target menulis satu hari satu tulisan? Saat itu adalah target kita, satu hari tidak menulis adalah saat dimana diri tidak bisa memenuhi target. Saat itu, qadarullah Allah tidak mengizinkan menulis meski hanya beberapa paragraf atau hanya beberapa bait puisi.

Satu hari tidak menulis adalah hal yang bisa. Bahkan tidak berpengaruh apa pun, bagi mereka yang memang tidak berminat dalam hal menulis. Mencatat materi kuliah adalah hal yang berat baginya, apa lagi untuk menulis selain itu.

Satu pekan tidak menulis

Adakah diantara kita yang mempunyai target menulis satu pekan satu tulisan? Dan paragraf di atas pun terulang. Hehe (: Bagi ku, menulis satu pekan satu tulisan adalah targetku. Bagi ku, hal itu tidak begitu berat. Dibutuhkan sekitar dua sampai tiga jam untuk menulis, mengedit dan meyakinkan diri untuk mempublish tulisan di blog. Satu pekan satu tulisan juga merupakan gerakan menulis yang aku buat. Gerakan Muslimah Menulis nama grup facebook yang saya buat. Sebuah grup yang sifatnya mengingatkan untuk menulis satu kali dalam satu pekan. Sebuah grup tempat saling share tulisan, sehingga saat kita belum menunaikan target menulis sekali dalam sepekan, maka kita akan termotivasi.

Satu pekan tidak menulis, adalah keburukan dalam memanajemen waktu bagi yang mempunyai target satu tulisan satu pekan. Namun merupakan pekan yang biasa bagi siapapun yang satu pekannya bukan ditarget untuk menulis. Pekan biasa, karena target mereka bukan menulis, melainkan membaca, menonton film, membuat desain dan lain-lain.

image taken from here

Satu bulan tidak menulis

Adakah diantara kita yang mempunyai target apapun dalam satu bulan? Berolahraga misalnya, atau bertamasya ke alam, dan kegiatan lain. Maka jika target itu bukan tentang menulis, satu bulan tidak menulis, so what? Hehe (:

Semoga kita dimudahkan Allah untuk memenuhi target dan rencana yang kita buat dalam satu hari, satu pekan, satu bulan, dan seterusnya. Bagi yang menargetkan untuk menulis, semoga Allah mudahkan kita untuk meraih ide dan menjahit kata-kata untuk memeluk makna. Semoga Allah jadikan masa vacum kita sebagai masa muhasabah diri, dan kembali membaca tulisan lama untuk dilaksanakan.

***

For me, one month without writing is hurting myself. But one month without publish any post, doesn't mean I didn't write. I did, in my diary.


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya